PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Pande Made Denny Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suandi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wendra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.39957

Keywords:

guru sebagai fasilitator, pembelajaran bahasa indonesia, pandemi covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Singaraja pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru di SMK Negeri 1 Singaraja, yakni Ketut Suartini, S.Pd. dan Ni Nyoman Murtini, M.Pd. Objek penelitian ini adalah peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dan faktor yang menghambat peran guru sebagai fasilitator. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Singaraja pada masa pandemi Covid 19. Instrumen data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Singaraja pada masa pandemi Covid 19 sudah terlaksana, tetapi masih ada  peran yang belum terlaksana dengan baik yakni bersikap sabar yang tergolong dalam peran kompetensi personal guru.

Author Biography

Pande Made Denny Sanjaya, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

References

Arifin, Muhamad dan Khoirudin Asfani. 2014. Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Pengembangan. Universitas Negeri Malang. https://www.academia.edu/35055944/INSTRUMEN_PENELITIAN_KUALITATIF_KUANTITATIF_DAN_PENGEMBANGAN_pdf.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian dan Sosial/Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Darmika. 2017. Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara. Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id

Esi. 2017. Peranan Guru sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Universitas Tanjungpura. https://jurnal.untan.ac.id

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5670/6/BAB%20III.pdf

Handarini, Oktafia Ika &. Siti Sri Wulandari. 2020. “Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.”Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(3):496–503. doi: 10.2670.

Nurhidayah, Ita. 2020. Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring pada MTs di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin. https://jurnal.uin-antasari.ac.id

Samsudin. 2021. Peran Guru Profesional sebagai Fasilitator dan Komunikator dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Universitas Ibrahimy Situbondo. https://journal.ibrahimy.ac.id

Sindhunata. 2001. Pendidikan Kegelisahan Sepanjang Zaman. Yogyakarta: Kanisius

Wendra, I Wayan. 2019. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Yusuf, Muri. 2016. Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif & Penelitian Gabungan). Jakarta: Prenada Media Group

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles