PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAKU DAN NONBAKU DI KELAS X IPA 3 MAN KARANGASEM

Authors

  • Miftazul Ulum Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Undiksha
  • I Made Astika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.40021

Keywords:

bahasa indonesia baku dan non baku, media pembelajaran , tiktok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia baku dan nonbaku pada siswa kelas X IPA 3 MAN Karangasem, serta mengetahui respons siswa kelas X IPA 3 MAN Karangasem terhadap penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia baku dan nonbaku. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IPA 3 MAN Karangasem. Objek penelitian yang digunakan adalah penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia baku dan nonbaku. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode obsevasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, aplikasi TikTok dapat dikategorikan dapat membuat siswa menjadi lebih cepat dan lebih mudah memahami pembelajaran Bahasa Indonesia baku dan nonbaku dan dari respons siswa menunjukkan 88,9% siswa merespons positif yaitu siswa merasa senang terhadap penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia baku dan nonbaku.

Author Biography

Miftazul Ulum, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Undiksha

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

References

Aji, W. N. 2020. “Apliaksi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra”. Jurnal Metavora.Vol.VINo.2

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Handayani. 2016. Media Pembelajaran Menulis Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Gerokgak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Haryoko, Sapto. 2009. “Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alernatif Optimalisasi Model Pembelajaran”. Jurnal Edukasi Elektro. Vol.5 No.1.

Ismaniati, Christina. 2012. “Pengembangan dan Pemanfataan Media Video Instruksional untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”. Jurmal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Terbaru 2021.

Koyan, I Wayan. (2009). Statistik Dasar dan Lanjut (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Mana, Lira Hayu A. 2021. “Respons Siswa terhadap Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. Vol.2 No.4 .

Narbuko, dan Achmadi. 2005. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pranoto, Suhartono W. 2010. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanti, Eka D.2019. Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog dalam Pembelajaran Sejarah untuk Generasi Pro Gadget. Jurnal Sejarah dan Pengajarannya. Vol.13 (1)

Jatmika, Herka M. 2017. “Pemanfaatan Media Fisual dalam menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol.3 No.1

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles