PEMANFAATAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII I SMP NEGERI 4 ABIANSEMAL

Authors

  • I Nyoman Bagus Sanjaya .
  • I Nyoman Yasa, S.Pd., M.A. .
  • Drs. Gede Gunatama, M.Hum. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.4330

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis naskah drama dengan pemanfaatan pengalaman pribadi siswa yang diterapkan guru di kelas VIII I SMP Negeri 4 Abiansemal, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan pemanfaatan pengalaman pribadi siswa di kelas VIII I SMP Negeri 4 Abiansemal, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap sumber pembelajaran pemanfaatan pengalaman pribadi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII I SMP Negeri 4 Abiansemal. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran menulis naskah drama, kemampuan menulis naskah drama dengan pemanfaatan pengalaman pribadi siswa, dan respons siswa terhadap pemanfaatan pengalaman pribadi dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan pengalaman pribadi siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama (1) dilakukan melalui beberapa langkah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah dirancang oleh peneliti dan guru, (2) adanya peningkatan kemampuan menulis naskah drama, dan (3) adanya peningkatan respons siswa terhadap pembelajaran menulis naskah drama dengan pemanfaatan pengalaman pribadi . Pada refleksi awal, skor rata-rata menulis naskah drama siswa adalah 70,66. Pada siklus I, yakni setelah pemanfaatan pengalaman pribadi siswa, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 76,82. Setelah diberikan tindakan pada sklus II, skor rata-rata siswa adalah 81,4. Persentase peningkatan skor rata-rata tersebut dari refleksi awal ke siklus I sebesar 6,16 %, dan peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 4,58 %. Dengan demikian, total peningkatan skor rata-rata siswa adalah 10,74 %. Dari peningkatan tersebut, ketuntasan belajar klasikal yang dicapai siswa sudah memenuhi tuntutan yang diharapkan.
Kata Kunci : pengalaman pribadi, menulis, naskah drama.

This study aims to (1) describe the steps to write a drama script utilizing students’ personal experience on VIII I Grade Students of SMP Negeri 4 Abiansemal, (2) describe the improvement of students’ skill in writing a drama script utilizing students’ personal experience on VIII I Grade Students of SMP Negeri 4 Abiansemal, and (3) describe the students’ response toward learning source utilizing students’ personal experience. The design of this study is classroom action research which is held on two cycles. The subjects of this study are teacher and students of VIII I Grade at SMP Negeri 4 Abiansemal. The object of this study is the steps to write a drama script, skill of writing a drama script utilizing students’ personal experience, and students’ response toward utilizing students’ personal experience to improve students’ skill in writing a drama script. The data were collected by observation, test, and questionnaire. The collected data were analyzed by using analysis descriptive qualitative and descriptive quantitative technique. The results of this study shows that by utilizing students’ personal experience in writing a drama script are (1) held in several steps based on lesson planning designed by teacher, (2) able to improve students’ skill in writing a drama script, and (3) able to improve students’ response toward writing a drama script utilizing students’ personal experience. The initial reflection, before utilizing students’ personal experience, the average score is 70,66 , whereas on cycle I, utilizing students’ personal experience, the average score is improved into 76,82. After treatment on cycle II, the average score becomes 81,4. The percentage of improvement average score is 6,16%, and the improvement of average score from cycle I to cycle II is 4, 58%. Thus, total of improvement average score is 10,74%. The improvement reflects classical mastery learning achieved by students fulfills expectation.
keyword : personal experience, writing, drama script.

Published

2014-11-06

Issue

Section

Articles