MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA TUNANETRA PADA ERA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.44466Keywords:
Model Discovery Learning, Teks Prosedur, TunanetraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model discovery learning yang ditempuh oleh guru, hasil belajar siswa tunanetra, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru saat menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa tunanetra di kelas XII SLB Negeri 1 Denpasar. Subjek dalam penelitian, yaitu siswa tunanetra kelas XII SLB Negeri 1 Denpasar dan guru Bahasa Indonesia, yakni Ibu Kadek Yudiasih, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada era new normal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model discovery learning dalam menulis teks prosedur diawali dengan tahap pendahuluan, isi (stimulation, problem statement, data collecting, data processing, verification, dan generalization), dan diakhiri penutup sudah diterapkan dengan baik; (2) hasil belajar, yaitu rata-rata nilai pengetahuan dan nilai keterampilan siswa tunanetra sama-sama mendapatkan predikat “sangat baik”, yaitu nilai pengetahuan dengan rata-rata 90,8 dan nilai keterampilan 90,6; dan (3) hambatan yang dihadapi oleh guru saat menggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa tunanetra berupa kendala teknis gangguan jaringan, siswa tunanetra yang sulit dalam menuliskan tanda baca dan membutuhkan waktu lebih dalam menyimak.
References
Afandi, Muhamad. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Albab, Ulul. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses Pada Siswa Tunanetra Kelas 5A Sekolah Dasar di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
As’Adah, Siti Nurlailatulah. 2016. Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berdasarkan Hasil Wawancara di Kelas VIII A1 SMP Negeri 1 Singaraja. E-journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No. 3, halaman 1-12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/viewFile/8765/5688
Asyafah, Abas. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesian Journal of Islamic Education Tarbwy, 6(1), 19-32. https://www.researchgate.net/publication/336581091_MENIMBANG_MODEL_ PEMBELAJARAN_Kajian_TeoretisKritis_atas_Model_Pembelajaran_dalam_Pendidikan_Islam
Asridayanti & Rita Sari. 2021. Problematikan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(2), 146-151. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2562/1747
Aulia Resti & Uep Tatang Sontani. 2018. Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 149-157. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/11759/7057
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Karolina, Cut Meutia & Dwi Ridho. 2019. Pengalaman Penggunaan Talkback dan Whatsapp Pada Smartphone untuk Menunjang Komunikasi Para Penyandang Cacat Tunanetra. Jurnal Visi Pustaka, 21(3), 205-214. https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/595/pdf
Kurniasih, Sani. 2014. Strategi-Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.
Sadikin, Ali & Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2), 214-224. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/9759/5665/
Saidah, Karimatus. 2021. Sosialisasi Peran Apersepsi Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar. 1(1), 18-24. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/16065/2102/
Savira, Siti Ini. 2019. Apa yang Berbeda? Kemampuan Kognitif pada Anak Tunanetra tanpa Pengalaman Visual (Congenital Visual Impairment). Jurnal Pendidikan Inklusi, 3(1), 20-39. https://journal.unesa.ac.id/index.php/ji/article/download/5826/3041.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodak. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Suandi, I Nengah, I Gede Nurjaya, & Seloka Sudiara. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integritas Nasional dan Harmoni Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B). Bandung: Alfabeta.
Yanti, Nafri. 2018. Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpsus, 2(1), 72-82. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/5559.
Yuliana, Nabila. 2018. Penggunaan Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Undiksha, 2(1), 21-28. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/13851/8671
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Ketut Adi Kesuma Jaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)