MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA TUNANETRA PADA ERA NEW NORMAL

Authors

  • I Ketut Adi Kesuma Jaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.44466

Keywords:

Model Discovery Learning, Teks Prosedur, Tunanetra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model discovery learning yang ditempuh oleh guru, hasil belajar siswa tunanetra, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru saat menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa tunanetra di kelas XII SLB Negeri 1 Denpasar. Subjek dalam penelitian, yaitu siswa tunanetra kelas XII SLB Negeri 1 Denpasar dan guru Bahasa Indonesia, yakni Ibu Kadek Yudiasih, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada era new normal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model discovery learning dalam menulis teks prosedur diawali dengan tahap pendahuluan, isi (stimulation, problem statement, data collecting, data processing, verification, dan generalization), dan diakhiri penutup sudah diterapkan dengan baik; (2) hasil belajar, yaitu rata-rata nilai pengetahuan dan nilai keterampilan siswa tunanetra sama-sama mendapatkan predikat “sangat baik”, yaitu nilai pengetahuan dengan rata-rata 90,8 dan nilai keterampilan 90,6; dan (3) hambatan yang dihadapi oleh guru saat menggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa tunanetra berupa kendala teknis gangguan jaringan, siswa tunanetra yang sulit dalam menuliskan tanda baca dan membutuhkan waktu lebih dalam menyimak.

References

Afandi, Muhamad. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Albab, Ulul. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses Pada Siswa Tunanetra Kelas 5A Sekolah Dasar di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

As’Adah, Siti Nurlailatulah. 2016. Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berdasarkan Hasil Wawancara di Kelas VIII A1 SMP Negeri 1 Singaraja. E-journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No. 3, halaman 1-12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/viewFile/8765/5688

Asyafah, Abas. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesian Journal of Islamic Education Tarbwy, 6(1), 19-32. https://www.researchgate.net/publication/336581091_MENIMBANG_MODEL_ PEMBELAJARAN_Kajian_TeoretisKritis_atas_Model_Pembelajaran_dalam_Pendidikan_Islam

Asridayanti & Rita Sari. 2021. Problematikan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(2), 146-151. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2562/1747

Aulia Resti & Uep Tatang Sontani. 2018. Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 149-157. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/11759/7057

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Karolina, Cut Meutia & Dwi Ridho. 2019. Pengalaman Penggunaan Talkback dan Whatsapp Pada Smartphone untuk Menunjang Komunikasi Para Penyandang Cacat Tunanetra. Jurnal Visi Pustaka, 21(3), 205-214. https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/595/pdf

Kurniasih, Sani. 2014. Strategi-Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.

Sadikin, Ali & Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2), 214-224. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/9759/5665/

Saidah, Karimatus. 2021. Sosialisasi Peran Apersepsi Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar. 1(1), 18-24. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/16065/2102/

Savira, Siti Ini. 2019. Apa yang Berbeda? Kemampuan Kognitif pada Anak Tunanetra tanpa Pengalaman Visual (Congenital Visual Impairment). Jurnal Pendidikan Inklusi, 3(1), 20-39. https://journal.unesa.ac.id/index.php/ji/article/download/5826/3041.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodak. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suandi, I Nengah, I Gede Nurjaya, & Seloka Sudiara. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integritas Nasional dan Harmoni Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B). Bandung: Alfabeta.

Yanti, Nafri. 2018. Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpsus, 2(1), 72-82. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/5559.

Yuliana, Nabila. 2018. Penggunaan Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Undiksha, 2(1), 21-28. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/13851/8671

Downloads

Published

2022-07-17

Issue

Section

Articles