PEMBINAAN MAJALAH ROMANSA DI SMA NEGERI 1 MELAYA

Authors

  • I Putu Surya Hadi
  • I Made Astika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.45081

Keywords:

Aktivitas Pembinaan, Majalah Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas pembinaan majalah Romansa di SMA Negeri 1 Melaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Melaya. Objek penelitian ini adalah aktivitas pembinaan majalah Romansa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan, simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan majalah Romansa di SMA Negeri 1 Melaya terdapat tiga aktivitas pembinaan, yaitu aktivitas guru pembina memberikan informasi umum, pencarian data di lapangan, dan aktivitas guru pembina dalam melatih siswa memproduksi majalah serta hambatan yang dihadapai guru pembina dalam melaksanakan pembinaan majalah Romansa. Dari ketiga aktivitas tersebut tedapat empat jenis pembinaan, yaitu pembinaan orientasi, kepribadian, kecakapan dan pembinaan lapangan. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Cooperative Learning juga ditemukan dan diterapkan oleh guru pembina majalah Romansa. Pembinaan majalah Romansa di SMA Negeri 1 Melaya dikategorikan sudah maksimal. Penelitian ini direkomendasikan bagi sekolah- sekolah lain agar dijadikan referensi untuk melakukan pembinaan dalam memproduksi majalah sekolah.

References

Anita, Lie. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grassindo

Bajari, Atwar & Uud Wahyudin. (2019). Pemanfaatan Mading dan Wesite dalam Membentuk Sikap Antikorupsi Siswa Di Kota Kupang. Jurnal Kajian Komunikasi. 7(1), 59-72. DOI: http://jurnal.unpad.ac.id/jkk

Darma, Felix Budi. (2017). Majalah Dinding dan Kreativitas Mahasiswa (Studi Korelational Pengaruh Majalah Dinding Terhadap Kreativitas Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP USU). 4(2), 1-10. DOI: http://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/19267

Diani, Dessy Eka. (2013). Analisis Deskriptif Fungsi Manajemen Redaksi Majalah Sekolah. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. UIN.

Diyanti, Kadek Risma, Wendra, I Wayan, & Tantri, Ade Asih Susiari. (2021). Pembinaan Majalah Sekolah Gempita Esaba dan Relevansinya Terhadap Bahasan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangli. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 11(2), 250-259.

DOI: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/Article/view36175

Endriana, I Wayan. (2015). Strategi Guru dalam Pembelajaran Menulis Berita Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA N 1 Kintamani. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hakim, Lukman. (2018). Pelatihan Karya Tulis dan Majalah Dinding Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 14(2), 101-110. DOI: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tranformasi/article/view/583

Hidayati, Okta Nurul. (2018). CILUKBA: Populer Learning dan Akhlak Inklusif dalam Majalah Anak Islam. Jurnal Ilmu-Ilmu Kesislaman. 42(1) 129-147 DOI: http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/article/view/500

Irma, Cintya Nurika. (2019). Implementasi Literasi Baca Tulis Melalui Majalah Dinding Sebagai Aktualisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Koferensi Nasional Bahasa dan Sastra (Konnas Basasra) V 88-93. DOI: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12871

Jaisa, Yustina. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa

Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan. 2(2), 131-139. DOI: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/2256

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pusat Bahasa (Edisi keempat). Jakarta: PT. Gramedia.

Kurniawan, Heru Kurniawan, Waluyo, Herman J., Swandi, Sarwiji, Setiawan, Budhi. (2018). Kepribadian Moral Ideal Anak Dalam Cerita Anak Pada Majalah Bobo dan Harian Kompas. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra. 14(2), 226-239.

DOI: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/16389

Kusrianto, Adi. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Lillah, Ari Hidayatul. (2017). Perkembangan Majalah Dinding di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Laporan Penelitian, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah. Universitas Negeri Malang. DOI: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-KSDP/article/view/57135

Lukitasari, Evelyne Henny. (2021). Pengabdian Penempatan Typografi Pada Majalah di SMK N Jenawi. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna. 2(1) 35-44.

DOI: https://jurnal.usahinsolo.ac.id/index.php/TTG/article/view/718/553

Masitah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Kegiatan Majalah Dinding. Jurnal Pena Edukasi. 4(2), 98-103. DOI: http://decas.com/se/jurnal/index.php/JPE/Article/view/83

Radjagukguk, D, L., Yayu Sriwartini, & Agus Salim. (2021). Pelatihan Penulisan Majalah Dinding Sekolah di SMA Bunda Kandung Jakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 5(3), 788-799. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.6660

Rolnicki. (2008). Pengantar Dasar Jurnalisme. Jakarta: Prenada Medisa.

Rosita, Farida Yufarlina. (2021). Pelatihan Jurnalistik pada Redaktur Majalah Sekolah Serambi Al-Muayyad. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains, dan Teknologi. 2(1), 32-40. DOI: http://dx.doi.org./10.29408/ab.v2i1.3434

Sangadji Eta Memang, Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sandino., Nugrahani, Farida & Suwarto. (2020). Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Mengunakan Majalah Dinding dan Binder Antologi Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 29(1), 11-20. DOI: https://doi.org.10.32585/jp.v29il.597

Saputra, A. W. (2015). Pengembangan Blog Menulis Berita Untuk Majalah Sekolah Sebagai Media Pembinaan Eksrakurikuler Jurnalistik Bagi Siswa SMA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 1(2), 117-124. DOI: https://doi.org//10.23917/warta/v19i2.3062

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Trimansyah, Bambang. (2010). Jurnalistik untuk Remaja. Bandung: PT Karya Kita.

Tinarbuko, Sumbo. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Jakarta: Jalasutra.

Umar, Widayat. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. Scondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah. 1(3), 206-215.

DOI: https://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/394/359

Utami, S. P. T., Sulistyaninggrum, S, Rahman, A., Mabruri, M. I., & Akhiron, N. S. (2022). Pemertahanan Eksistensi Majalah Sekolah Melalui Pendampingan Produksi Majalah Sekolah Daring. Jurnal SOLMA. 11(1), 30-38. DOI: https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.8070

Wahyuningsih, Y., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Majalah Eduscience Berbasis HOST Terintegrasi Karakter Tema Panas dan Perpindahannya Pada Kelas V SD. Jurnal Penidikan Dasar. 2(2), 70-78. DOI: https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/1745

Wantoro. (2018). Tinjauan Semiotika Visual Sampul Majalah Sindo Weekly No. 26 Tahun VI. Jurnal Ilmiah Unikom. 16(1), 21-32. DOI: http://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/1311/933

Wiastra, I Gede Gita. (2017). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha Singaraja.

Wiratama, I Wayan Agus., Sutresna, Ida Bagus., Artawan, Gde. (2018). Tinjauan Terhadap Penulisan Berita Pada Majalah Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Singaraja Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 7(2),

DOI: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/Article/view/15119

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Jogjakarta : Ar- Ruzz Media.

Yanti, Noor., Adawiah, Rabiatul,. Matnuh, Harpani. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(11), 963-970. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.746

Yasa, Dwi. A., & Chrisyarani, Delawanti, D. (2020). Membudayakan Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyararakat. 4(2), 242-249. DOI: https://doi.org//10.31849/dinamisia.v4i2.3834

Yunus, Muhammad. (2020). Pelatihan Pengelolaan Majalah Dinding Siswa MA Darussalam Barito Kuala. MARTABE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1), 186-189.

DOI: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/1404

Yuspidayanti, Ni Putu Ana., Artika, I Wayan., & Nurjaya, I Gede. (2018). Kegiatan Menulis Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 1 Mengwi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 8(2), 284-295. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.15083

Downloads

Published

2022-07-24

Issue

Section

Articles