PEMBINAAN MAJALAH ROMANSA DI SMA NEGERI 1 MELAYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.45081Keywords:
Aktivitas Pembinaan, Majalah SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas pembinaan majalah Romansa di SMA Negeri 1 Melaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Melaya. Objek penelitian ini adalah aktivitas pembinaan majalah Romansa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan, simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan majalah Romansa di SMA Negeri 1 Melaya terdapat tiga aktivitas pembinaan, yaitu aktivitas guru pembina memberikan informasi umum, pencarian data di lapangan, dan aktivitas guru pembina dalam melatih siswa memproduksi majalah serta hambatan yang dihadapai guru pembina dalam melaksanakan pembinaan majalah Romansa. Dari ketiga aktivitas tersebut tedapat empat jenis pembinaan, yaitu pembinaan orientasi, kepribadian, kecakapan dan pembinaan lapangan. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Cooperative Learning juga ditemukan dan diterapkan oleh guru pembina majalah Romansa. Pembinaan majalah Romansa di SMA Negeri 1 Melaya dikategorikan sudah maksimal. Penelitian ini direkomendasikan bagi sekolah- sekolah lain agar dijadikan referensi untuk melakukan pembinaan dalam memproduksi majalah sekolah.
References
Anita, Lie. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grassindo
Bajari, Atwar & Uud Wahyudin. (2019). Pemanfaatan Mading dan Wesite dalam Membentuk Sikap Antikorupsi Siswa Di Kota Kupang. Jurnal Kajian Komunikasi. 7(1), 59-72. DOI: http://jurnal.unpad.ac.id/jkk
Darma, Felix Budi. (2017). Majalah Dinding dan Kreativitas Mahasiswa (Studi Korelational Pengaruh Majalah Dinding Terhadap Kreativitas Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP USU). 4(2), 1-10. DOI: http://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/19267
Diani, Dessy Eka. (2013). Analisis Deskriptif Fungsi Manajemen Redaksi Majalah Sekolah. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. UIN.
Diyanti, Kadek Risma, Wendra, I Wayan, & Tantri, Ade Asih Susiari. (2021). Pembinaan Majalah Sekolah Gempita Esaba dan Relevansinya Terhadap Bahasan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangli. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 11(2), 250-259.
DOI: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/Article/view36175
Endriana, I Wayan. (2015). Strategi Guru dalam Pembelajaran Menulis Berita Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA N 1 Kintamani. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Hakim, Lukman. (2018). Pelatihan Karya Tulis dan Majalah Dinding Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 14(2), 101-110. DOI: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tranformasi/article/view/583
Hidayati, Okta Nurul. (2018). CILUKBA: Populer Learning dan Akhlak Inklusif dalam Majalah Anak Islam. Jurnal Ilmu-Ilmu Kesislaman. 42(1) 129-147 DOI: http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/article/view/500
Irma, Cintya Nurika. (2019). Implementasi Literasi Baca Tulis Melalui Majalah Dinding Sebagai Aktualisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Koferensi Nasional Bahasa dan Sastra (Konnas Basasra) V 88-93. DOI: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12871
Jaisa, Yustina. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa
Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan. 2(2), 131-139. DOI: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/2256
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pusat Bahasa (Edisi keempat). Jakarta: PT. Gramedia.
Kurniawan, Heru Kurniawan, Waluyo, Herman J., Swandi, Sarwiji, Setiawan, Budhi. (2018). Kepribadian Moral Ideal Anak Dalam Cerita Anak Pada Majalah Bobo dan Harian Kompas. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra. 14(2), 226-239.
DOI: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/16389
Kusrianto, Adi. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Lillah, Ari Hidayatul. (2017). Perkembangan Majalah Dinding di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Laporan Penelitian, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah. Universitas Negeri Malang. DOI: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-KSDP/article/view/57135
Lukitasari, Evelyne Henny. (2021). Pengabdian Penempatan Typografi Pada Majalah di SMK N Jenawi. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna. 2(1) 35-44.
DOI: https://jurnal.usahinsolo.ac.id/index.php/TTG/article/view/718/553
Masitah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Kegiatan Majalah Dinding. Jurnal Pena Edukasi. 4(2), 98-103. DOI: http://decas.com/se/jurnal/index.php/JPE/Article/view/83
Radjagukguk, D, L., Yayu Sriwartini, & Agus Salim. (2021). Pelatihan Penulisan Majalah Dinding Sekolah di SMA Bunda Kandung Jakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 5(3), 788-799. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.6660
Rolnicki. (2008). Pengantar Dasar Jurnalisme. Jakarta: Prenada Medisa.
Rosita, Farida Yufarlina. (2021). Pelatihan Jurnalistik pada Redaktur Majalah Sekolah Serambi Al-Muayyad. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains, dan Teknologi. 2(1), 32-40. DOI: http://dx.doi.org./10.29408/ab.v2i1.3434
Sangadji Eta Memang, Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sandino., Nugrahani, Farida & Suwarto. (2020). Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Mengunakan Majalah Dinding dan Binder Antologi Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 29(1), 11-20. DOI: https://doi.org.10.32585/jp.v29il.597
Saputra, A. W. (2015). Pengembangan Blog Menulis Berita Untuk Majalah Sekolah Sebagai Media Pembinaan Eksrakurikuler Jurnalistik Bagi Siswa SMA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 1(2), 117-124. DOI: https://doi.org//10.23917/warta/v19i2.3062
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Trimansyah, Bambang. (2010). Jurnalistik untuk Remaja. Bandung: PT Karya Kita.
Tinarbuko, Sumbo. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Jakarta: Jalasutra.
Umar, Widayat. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. Scondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah. 1(3), 206-215.
DOI: https://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/394/359
Utami, S. P. T., Sulistyaninggrum, S, Rahman, A., Mabruri, M. I., & Akhiron, N. S. (2022). Pemertahanan Eksistensi Majalah Sekolah Melalui Pendampingan Produksi Majalah Sekolah Daring. Jurnal SOLMA. 11(1), 30-38. DOI: https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.8070
Wahyuningsih, Y., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Majalah Eduscience Berbasis HOST Terintegrasi Karakter Tema Panas dan Perpindahannya Pada Kelas V SD. Jurnal Penidikan Dasar. 2(2), 70-78. DOI: https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/1745
Wantoro. (2018). Tinjauan Semiotika Visual Sampul Majalah Sindo Weekly No. 26 Tahun VI. Jurnal Ilmiah Unikom. 16(1), 21-32. DOI: http://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/1311/933
Wiastra, I Gede Gita. (2017). Pembinaan dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha Singaraja.
Wiratama, I Wayan Agus., Sutresna, Ida Bagus., Artawan, Gde. (2018). Tinjauan Terhadap Penulisan Berita Pada Majalah Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Singaraja Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 7(2),
DOI: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/Article/view/15119
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Jogjakarta : Ar- Ruzz Media.
Yanti, Noor., Adawiah, Rabiatul,. Matnuh, Harpani. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(11), 963-970. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.746
Yasa, Dwi. A., & Chrisyarani, Delawanti, D. (2020). Membudayakan Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyararakat. 4(2), 242-249. DOI: https://doi.org//10.31849/dinamisia.v4i2.3834
Yunus, Muhammad. (2020). Pelatihan Pengelolaan Majalah Dinding Siswa MA Darussalam Barito Kuala. MARTABE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1), 186-189.
DOI: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/1404
Yuspidayanti, Ni Putu Ana., Artika, I Wayan., & Nurjaya, I Gede. (2018). Kegiatan Menulis Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 1 Mengwi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 8(2), 284-295. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.15083
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Putu Surya Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)