MITOS DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK BACINA BUTA KARYA HATMIATI MASY’UD

Authors

  • Sri Normuliati IAIN Palangkaraya
  • Muhammad yunus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.45088

Keywords:

mitos, cerita pendek, bacina buta, hatmiati masy’ud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mitos-mitos yang ada dalam kumpulan cerpen Bacina Buta Karya Hatmiati Masy’ud. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, frasa, kalimat, dialog para tokoh dan paragraf yang berhubungan dengan mitos masyarakat Banjar. Setelah data terkumpul, data akan dianalisis. Dari Penelitian yang telah dilakukan, diperolahlah data berbagai macam mitos dalam cerpen tersebut di antaranya mitos , (1) pilanggur, (2) bahalat, (3) memasukkan foto ke dalam liang kubur orang yang meninggal, (4) mitos tentang mencuri pakaian anak/bayi, (5) jangan mandi ke sungai saat hari menjelang senja, (6) palangkahan, dan (7) bagaduhan buhaya. Hasil dari peneltian ini adalah mitos-mitos tersebut dipercaya masyarakat mempunyai pengaruh dalam kehidupan masyarakat.

References

Aghnia, D. (2021). Realisme Magis dalam Cerpen Neng Maya Karya Yus R. Ismail. Lopian:

Ayu Larasati, D., & Sufanti, M. (2021). Mitos Dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Teks Naratif Di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Emzir & Saifur R. (2016). Teori dan Pengajaran Sastra. PT Rajagrafindo Persada

Endraswara, S. (2008). Metode Penelitian Sastra. Media Pressindo

Endraswara, S. (2013). Sosiologi Sastra Studi, Teori, dan Interpretasi. Penerbit Ombak

Endraswara, S. (2020). Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Fitria, M. I. (2019). Mitos Dan Kontra Mitos Kesaktian Pohon Delima Pada Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Herawati, T. H. (2018). Mitos Legenda Pulau Simardan Refleksi Petuah Masyarakat Tanjung Balai. Jurnal Dialog, 6(2).

Huriyah. (2020). Kearifan Lokal Kota Seribu Sungai. Alma Media In Seminar Nasional Kesusastraan “Lebih Baik Putih Tulang Daripada Putih Mata”. Jurnal Pengetahuan Lokal (Jurnal Penelitian/Budaya), 1(2).

Masy’ud, H. (2020). Bacina Buta. CV Penerbit Artikata

Nurafia, R. (2019). Mitos Dalam Novel Dawuk: Kisah Kelabu Dari Rumbuk Randu Karya Mahfud Ikhwan Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Di SMA (Kajian Mitos Roland Barthes) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Pusposari. D. (2014). Mitos dalam Kajian Sastra Lisan. Pustaka Kaiswaran

Putri, L. F. (2019). Mitos dalam Tradisi Singo Ulung di Bondowoso (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember).

Ratna, N.K. (2011). Antropologi Sastra Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Pustaka Pelajar.

Sarmianti, S. (2017). Pengukuhan Mitos pada Cerpen Bambang Kariyawan. Madah, 7(1), 75-84.

Septiaji, A & Risma K.H. (2020). Kritik Sastra Ekofeminisme Pengantar Kritik Sastra Berwawasan Perempuan dan Alam. Insan Cerdas Bermartabat.

Wijdaniyah, E. J., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2020). Representasi Mitologi Madura Dalam Cerpen-Cerpen Karya Penulis Madura. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 625-632).

Wulyanti, I. M. (2021). Mitos Flora dan Fauna dalam Cerpen-cerpen Sunda Mangle: Kajian Hermeneutik. Lopian: Jurnal Pengetahuan Lokal (Jurnal Penelitian/Budaya), 1(1), 49-75.

Yuliati, A. (2017). Analisis Mitos dalam Kumpulan Cepen Akar Pule Karya Oka Rusmini.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles