Implementasi Keterampilan Menjelaskan oleh Guru Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA Negeri se-Kota Singaraja dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama berdasarkan Pengalaman Pribadi

Authors

  • Ketut Desnaria .
  • I Nyoman Yasa, S.Pd., M.A. .
  • I Made Astika, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.5301

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan perencanaan guru bahasa Indonesia kelas XI SMA di Negeri se-Kota Singaraja dalam pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan pengalaman pribadi, (2) mendeskripsikan implementasi keterampilan menjelaskan guru bahasa Indonesia, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah perencanaan, implementasi, dan kendala guru dalam keterampilan menjelaskan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) hal-hal yang dipersiapkan guru dalam merencanakan keterampilan menjelaskan adalah silabus dan RPP, (2) implementasi keterampilan menjelaskan guru bahasa sudah tergolong baik, dan (3) kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan keterampilan menjelaskan adalah kurangnya minat dan perhatian siswa, kondisi fisik guru, dan sumber belajar yang terbatas.
Kata Kunci : keterampilan menjelaskan, guru bahasa Indonesia, menulis naskah drama, dan pengalaman pribadi

The purposed of this research are (1) to describe bahasa Indonesia teachers plan at the grade of the 11th senior high school student in Singaraja in the study of writing drama script based on their own experience, (2) to describe the implementation of their explaining skill, and (3) to describe difficulty which is faced by bahasa Indonesia teachers. This research use descriptive qualitative observation method. Subject in this research is bahasa Indonesia teachers. Object in this research are plan, implementation, and difficulty teachers in explaining skill. The methods of collecting data which are used are observation, interview, and documentation. Data is analyzed by using descriptive qualitative analysis. The results of this research are to show (1) things which are prepared in planning about explaining skill is syllabus and lesson plan, (2) the implementation of bahasa Indonesia teachers skill which is categorized good, (3) the difficulty which is faced is the lack of students desire and attention, condition of teachers physically, and the lack of facilities.
keyword : explaining skill, bahasa Indonesia teachers, drama script, self-experience

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles