PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI MELALUI OBSERVASI LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS X SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • I Made Suartana .
  • Drs.Gde Artawan,M.Pd .
  • Drs. Gede Gunatama, M.Hum. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.5321

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan desain pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) dalam pembelajaran teks hasil observasi melalui observasi lingkungan sekolah kelas X SMA Negeri 1 Singaraja, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks hasil observasi melalui observasi lingkungan sekolah dengan penerapan model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) kelas X SMA Negeri 1 Singaraja, dan (3) mendeskripsikan respons siswa kelas X SMA Negeri 1 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) dalam pembelajaran teks hasil observasi melalui observasi lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dan objek penelitian ini ialah pembelajaran teks hasil observasi dengan model discovery learning di kelas X yang meliputi: desain, pelaksanaan, dan respons dalam pembelajaran teks hasil observasi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian, yaitu deskriptif kualitatif untuk mengenalisis data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) desain pembelajaran mencangkup beberapa komponen, yaitu komponen-kompnen RPP Kurikulum 2013 tersebut meliputi: standar inti, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, media alat dan sumber pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian proses dan hasil, dan rubrik instrumen. Namun, masih ada beberapa komponen yang perlu diperbaiki dan dikembangkan lebih jauh lagi, terutama yang menyangkut komponen materi pembelajaran. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran teks hasil observasi yang disusun oleh guru dalam RPP, guru melaksanakannya sudah sesuai dengan RPP dan menyesuaikannya dengan kondisi serta situasi yang dihadapi siswa dalam pembelajaran. (3) Model pembelajaran ini memberikan respons positif terhadap proses mental belajar siswa.
Kata Kunci : discovery learning, teks hasil observasi.

This research is aimed at (1) describing learning design by applying discovery learning in learning result observation text through school environment observation X grade SMA Negeri 1 Singaraja, (2) describing the process of learning result observation text through school environment observation by applying discovery learning X grade SMA Negeri 1 Singaraja, and (3) describing the students response of X grade SMA Negeri 1 Singaraja toward the application of discovery learning in learning observation result text through school environment observation. This research used descriptive qualitative design. The subject of the study is X grade students and object of the study is learning result observation result with discovery learning model in X grade which includes: design, implementation, and respond in learning result observation text. The data of this study was collected through observation method. The instruments of this study are observation sheet and documentation. Data analysis that was used in this research is descriptive qualitative to analysis data that was collected through observation result, interview, and documentation. The result of the study showed (1) learning design includes some components namely components of lesson plan curriculum 2013 such as core standart, basic competency and indicator, learning objective, learning material, learning method, learning tools and media, source of the study, learning activities, assessment process, and rubric instrument. But there were some components that needs to be developed and fixed further especially that relates to the learning material component. (2) In implementing learning observation result text which is arranged by the teacher in lesson plan, the teacher tought in the class already apply it well and the lesson plan that should be adjusted based on the situation in the class room. (3) This learning model gives the positive respond toward student phsycologi process.
keyword : discovery learning, observation result text.

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles