ANALISIS TEKS PIDATO SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 1 SAWAN DITINJAU DARI PRINSIP ETIKA RETORIKA

Authors

  • Komang Sumantara .
  • Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd .
  • Ida Ayu Made Darmayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.5323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) teks pidato siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan ditinjau dari prinsip etika retorika, (2) faktor pendukung penghambat yang dialami oleh siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan, dan (3) faktor penghambat yang dialami oleh siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif yang menggambarkan adanya prinsip etika retorika dalam naskah pidato siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.1 di SMA Negeri 1 Sawan yang berjumlah 25 orang siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah (1) teks pidato siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan ditinjau dari prinsip etika retorika, (2) faktor pendukung yang dialami oleh siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan dan (3) faktor penghambat yang dialami oleh siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan. Data dikumpulkan dengan metode penugasan dan wawancara. Data dianalisis dengan kualitatif yang mencakup tiga tahap, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis naskah pidato pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan ditinjau dari prinsip etika retorika sudah menunjukkan hasil yang baik. Siswa sebagian besar sudah mampu menuangkan pesan, ide, atau gagasan dan menerapkan prinsip etika retorika dalam menulis teks pidato. Namun, untuk prinsip yang kelima, siswa belum mampu atau masih kurang penerapannya dalam menulis teks pidato. Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan siswa, diketahui bahwa faktor pendukung siswa dalam menulis teks pidato, yaitu rajin membaca, mendengarkan informasi dari luar, serta senang dalam kegiatan pembelajaran, khususnya, menulis teks pidato. Di samping itu, ada faktor penghambat siswa, yaitu siswa kurang paham dengan konsep menulis pidato dan siswa juga mengalami kesulitan terkait dengan pemilihan kata, struktur kalimat, bahkan bentuk pola organisasi tuturannya agar menjadi sebuah tuturan yang efektif dan menarik. Peneliti menyarankan agar guru hendaknya mengintensifkan pembelajaran menulis naskah pidato dengan memperhatikan kendala yang ada untuk dicari pemecahannya. Kata kunci: prinsip etika retorika, teks pidato
Kata Kunci : prinsip etika retorika, teks pidato

This study aimed to describe (1) the text speech graders X.1 SMAN 1 Sawan rhetoric in terms of ethical principles, (2) inhibiting the supporting factors experienced by students in grade X.1 SMAN 1 Sawan, and (3) inhibiting factors experienced by students in grade X.1 SMAN 1 Sawan. This study used a qualitative descriptive design that describes the ethical principles of rhetoric in speeches graders X.1 SMAN 1 Sawan. Subjects in this study were all students in the class X.1 SMAN 1 Sawan totaling 25 students, while the object of the study was (1) The text of the speech graders X.1 SMAN 1 Sawan rhetoric in terms of ethical principles, (2) factors support experienced by students in grade X.1 SMAN 1 Sawan and (3) inhibiting factors experienced by students in grade X.1 SMAN 1 Sawan. Data collected by the method of assignment and interview. Data were analyzed with qualitative includes three stages: (1) data reduction, (2) presentation of data, and (3) drawing conclusions. These results indicate that the results of learning to write speeches in class X.1 SMAN 1 Sawan in terms of ethical principles rhetoric has shown good results. Students largely been able to pour a message, an idea, or an idea and apply ethical principles of rhetoric in writing the text to speech. However, for the fifth principle, students have not been able or still less application in writing text to speech. Based on the results of interviews that researchers do with the students, it is known that factors supporting students in writing a text, namely diligently read, listen to information from the outside, and happy in the learning activities, in particular, write text to speech. In addition, there are inhibiting factors of students, ie students are less familiar with the concept of writing a speech and students also have difficulty relating to the choice of words, sentence structure, even the shape of the pattern tuturannya organization to become an effective and interesting speech. Researchers suggest that teachers should intensify the teaching of writing speeches with attention to existing constraints to be solved. Keywords: ethical principles of rhetoric, text to speech
keyword : ethical principles of rhetoric, text to speech

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles