ANALISIS ESAI MAHASISWA PESERTA GELORA ESAI DITINJAU DARI SEGI SUBSTANSI DAN BENTUK ESAI

Putri Puspita sari

Abstract


ANALISIS ESAI MAHASISWA PESERTA GELORA ESAI DITINJAU DARI SEGI SUBSTANSI DAN BENTUK ESAI

oleh

I Gusti Ayu Putri Puspita Sari, 0912011004

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian deskriptif ini bertujuan (1) mendeskripsikan kerelevanan topik dengan isi dalam esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai (2) mendeskripsikan pengorganisasian esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai (3) mendeskripsikan kekoherenan dan kekohesifan kalimat yang terdapat dalam esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai (4) mendeskripsikan keparalelan kalimat yang terdapat dalam esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai dan (5) mendeskripsikan ketepatan pemilihan kata yang terdapat dalam esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai. Subjek dalam penelitian ini adalah esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai sebanyak 41 karya. Objek penelitian ini adalah analisis esai ditinjau dari substansi dan bentuk esai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) relevansi antara topik dan isi esai karya mahasiswa tergolong baik karena hanya terdapat enam kesalahan dari 41 esai sehingga diperoleh persentase sebesar 14,63%, (2) pengorganisasian esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai tergolong baik, karena kesalahan yang ada hanya sebanyak 7,31%, (3) koherensi dalam esai cukup tinggi tetapi penggunaan piranti kohesi berupa konjungsi mengalami kesalahan sebanyak 40%, (4) kesalahan penggunaan kalimat paralel dalam esai ditemukan hanya satu dari 13 kalimat paralel, sehingga persentase kesalahan sebesar 0,07 %, dan (5) terdapat 98 penggunaan kata nonbaku dari 36320 kata, sehingga diperoleh persentase kesalahan pemilihan kata sebesar 0,0026%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk meneliti esai-esai lainnya ditinjau dari segi substansi dan bentuk esai

 

Kata kunci: esai, analisis dari segi substansi dan bentuk esai

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.