PERFORMANSI GURU DALAM PEMANFAATAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BLAHBATUH

Authors

  • Dwi Handayani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.577

Abstract

PERFORMANSI GURU DALAM PEMANFAATAN

KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BLAHBATUH

oleh

 

Ni Gusti Made Dwi Handayani

0712011003

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) variasi-variasi yang dimunculkan guru bahasa Indonesia ketika mengajar, (2) performansi guru dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, (4) usaha guru mengatasi masalah yang dihadapi dalam mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 Blahbatuh. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisis dengan langkah sebagai berikut: reduksi, penyajian, dan penyimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performansi guru dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi ketika mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Blahbatuh bervariasi yakni (1) variasi gaya mengajar yang meliputi variasi suara, pemusatan perhatian, kontak pandang, perubahan posisi, kesenyapan, gerak dan mimik, (2) variasi penggunaan media dan bahan ajar yang meliputi variasi visual (papan tulis, power point, buku teks), audio (rekaman, suara langsung yang digunakan guru serta suara siswa), dan taktil, (3) variasi pola interaksi dan kegiatan siswa yang meliputi pola interaksi satu arah, dua arah, dan multi arah. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengadakan variasi yakni (1) perhatian siswa yang menurun, (2) kurangnya partisipasi siswa, (3) kurangnya waktu untuk menambah materi pelajaran, (4) kesulitan mendapatkan media. Usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi yakni (1) memvariasikan gaya mengajar, (2) mengadakan diskusi kelompok dan memberikan penguatan berupa hadiah, (3) menyuruh siswa mencari materi terkait melalui internet, toko buku ataupun mengunjungi perpustakaan, (4) saling tukar atau meminta media pembelajaran dengan guru sejawat dari sekolah yang sama atau dari sekolah lain.

Kata kunci: performansi, keterampilan, variasi, pembelajaran, bahasa Indonesia

Downloads

Published

2013-05-25

Issue

Section

Articles