ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS X.D SMA N 1 TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI.

Authors

  • Sri Dwipayani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.578

Abstract

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS X.D SMA N 1 TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI.

Oleh

Anak Agung Sri Dwipayani, NIM 0812011035

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan (1) kualitas butir soal ulangan akhir semester ganjil bidang studi Bahasa Indonesia kelas X.d SMA N 1 Bangli berdasarkan uji validitas isi, tingkat kesukaran, analisis daya beda, dan efektivitas opsion, (2) kualitas perangkat soal ulangan akhir semester ganjil bidang studi Bahasa Indonesia kelas X.d SMA N 1 Bangli ditinjau dari analisis reliabilitas, (3) tingkat ketercapaian siswa dalam menjawab benar dan salah tes/soal ulangan akhir semester ganjil bidang studi bahasa Indonesia kelas X.d di SMA N 1 Bangli. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat evaluatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.d SMA N 1 Bangli, sebanyak 34 orang. Objek penelitian ini adalah soal ulangan akhir semester. Metode yang digunakan dalam  pengumpulan data adalah metode tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas isi, uji tingkat kesukaran, uji daya beda, dan uji efektivitas opsion, uji reliabilitas, uji tingkat ketercapaian siswa dalam menjawab benar dan salah tes/soal ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi soal tidak valid atau tergolong rendah. hasil tingkat kesukaran butir soal yang termasuk dalam kriteria soal mudah 24%, soal sedang 56%, dan soal sulit 20%. Butir soal yang termasuk dalam kriteria daya pembeda jelek 40%, daya pembeda cukup 32%, daya pembeda baik 20%, dan daya pembeda sangat baik 8%. Analisis efektivitas opsi kunci butir soal yang berfungsi secara efektif 72%, sedangkan opsi kunci butir soal yang tidak berfungsi efektif 28%, untuk opsi pengecoh butir soal yang berfungsi efektif 76%, sedangkan opsi pengecoh butir soal yang tidak berfungsi efektif 24%. Hasil uji reliabilitas siswa pada saat mengikuti tes I  berbeda secara signifikan dengan hasil tes II. Rata-rata persentase tingkat ketercapaian siswa yang menjawab benar pada soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X.d SMA N 1 Bangli sebesar 52% sedangkan rata-rata perentase tingkat ketercapaian siswa yang menjawab salah sebesar 48%. Sebaiknya dalam membuat soal, guru harus memperhatikan silabus dan buku pedoman agar kualitas soal valid dan ajeg.

 

 

Kata kunci: analisis validitas dan reliabilitas, soal ulangan, bahasa Indonesia.

 

Downloads

Published

2013-05-25

Issue

Section

Articles