PENERAPAN TEKNIK KOREKSI SESAMA TEMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • Gusti Ayu Mariyati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.580

Abstract

PENERAPAN TEKNIK KOREKSI SESAMA TEMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI

SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA

oleh

 

I Gusti Ayu Mariyati, NIM 0912011016

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis argumentasi dengan penerapan teknik koreksi sesama teman (2) mendeskripsikan langkah-langkah yang ditempuh dalam menerapkan teknik koreksi sesama teman dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan teknik koreksi sesama teman. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan dan siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Singaraja  yang berjumlah 32 orang dan bbjek penelitian ini adalah keterampilan menulis argumentasi siswa, langkah-langkah pembelajaran, dan respons siswa kelas X1 SMA N 2 Singaraja terhadap penerapan teknik koreksi sesama teman. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) tercapainya ketuntasan hasil belajar menulis argumentasi siswa berkat diterapkannya teknik koreksi sesama teman, yakni pada pra tindakan skor rata-rata klasikal 70, siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 73, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 77, (2) terdapat beberapa langkah penerapan teknik koreksi sesama teman untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentasi. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran  menulis argumentasi, yakni siswa saling menukarkan tulisan yang tulisan yang telah dibuat dan siswa saling mengoreksi tulisan tersebut dari segi kebahasaan dan pengungkapan argumen dan (3) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan teknik koreksi sesama teman dalam pembelajaran menulis argumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik koreksi sesama teman dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa dan dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Peneliti lain disarankan untuk menerapkan teknik koreksi sesama teman pada mata pelajaran bahasa yang lain.

 

Kata kunci: teknik koreksi sesama teman, menulis, argumentasi

Downloads

Published

2013-05-25

Issue

Section

Articles