PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI KELAS X MIA 2 SMA LABORATORIUM UNDIKSHA

Authors

  • Lita Sabila Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ade Asih Susiari Tantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.58035

Keywords:

evaluasi, pembelajaran, menulis puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis puisi dikelas X MIA 2 SMA Laboratorium Undiksha. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Labolatorium Undiksha. Subjek dari penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di kelas X MIA 2 SMA Laboratorium Undiksha dan objek penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis puisi. teknik pengumpulan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analiais data yaitu dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, perencanaan evaluasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis puisi yaitu, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan evaluasi pembelajaran, menyusun instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis puisi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis puisi yaitu dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Jenis tes yang digunakan yaitu tes uraian, tes buatan guru. Kemudian jenis non tes digunakan dengan observasi secara langung melalui pengamatan sikap siswa, dan tes keterampilan yaitu dengan melakukan penilaian hasil menulis puisi siswa. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis puisi di kelas X MIA 2 SMA Laboratorium Undiksha yaitu pengelolaan waktu yang masih kurang efektif, kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menulis puisi, fokus siswa terhadap pembelajaran puisi masih kurang. Hasil evaluasi dari dari guru dalam pembelajaran menulis puisi ini akan memberikan keputusan bagi siswa untuk hasil belajar kedepannya agar lebih baik lagi.

References

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik dan Prosedur). Jakarta: Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi. 2015 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2016 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas. Tersedia Pada http:// ww. Dadangjsn.com/2016/01/download-pedoman-penilaian-pendidikan.html?m=1 (diakses tanggal 1/1/2020).

Fajrin, Sandya Dewi. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 5 Banguntapan Bantul. Skripsi

Gunatama, Gede (2010) Buku Ajar Puisi (Teori, Apresiasi, Permaknaan dan Pembelajaran. Singaaja Universitas Pendidikan Ganesha

Haryanto. (2020) Evaluasi Pembelajaran; Konsep dan Manajemen. In UNY Press. https//staffnew.uny.ac.id/upload/131656343/penelitian/EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf

Haryatna, Tri. (2014). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas X SMA Santun Untan Pontianak. FKIP. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pontianak.

Isodarus, P. b. (2017) Pembelajaran Bahasa berbasis teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, II (1), 1-11.

Izza, A. z.m Falah, M., & Susilawati, S (2020) Stusy Literatue: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan

Kemendikbud. 2013. Buku Guru: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Magdalen, Ina. 2020. Evaluasi Pembelajaran ( Teori dan Praktik). Sukabumi: Jejak Publisher

Mahendra. Yudi (2016) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Menulis Teks Berita di Kelas VII SMP Negeri 3 Gerokgak. Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha (skripsi) tersedia di https//ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/8085/0

Nurgiyantoro, B. (2010) Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Pande. Suriani pada ((2019) Teknik Evaluasi Dalam Pembelajaran Mengontruksi Teks Anekdot Kelas X SMAN Se-Kecamatan Kubutambahan Pada Kurikulum 2013. Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha (skripsi) tersedia di https//ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JPBSI/article/view/9084/2

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Prijowuntato, S. Widanarto. 2016 Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Senata DharmaUniversityPress.

Ramadania, Farika. 2016 “Konsep Bahasa Berbasis Teks Pada Bubu Ajar Kurikulum 2013. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pegajarannya. 1 (1) hlmn 28

Sujarweni, Wiratna. “Metodologi Penelitian”. 2014 Yogyakarta PUSTAKABARUPRES

Wendra, I Wayan. 2014. Buku Ajar Penelitian Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles