PENGGUNAAN TEKNIK CERDAS CERMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT SISWA KELAS VIII.3 SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Authors

  • Wayan Budiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.594

Abstract

PENGGUNAAN TEKNIK CERDAS CERMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT SISWA KELAS VIII.3 SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Oleh

I Wayan Budiana, NIM 0812011085

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) langkah-langkah penggunaan teknik cerdas cermat, (2) peningkatan kemampuan menyampaikan pendapat dalam pembelajaran berbicara dan (3) respons siswa kelas VIII.3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja terhadap penggunaan teknik cerdas cermat untuk meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat dalam pembelajaran berbicara.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: tahap 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi/evaluasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2012/2013, sebanyak 31 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data mengenai langkah-langkah pengunaan teknik cerdas cermat, sedangkan metode kuesioner dan tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan siswa dalam mengajukan pendapat dan respons siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik cerdas cermat dalam pembelajaran berbicara dapat meningkatkan kemampuan mengajukan pendapat dan menghadirkan respons positif siswa kelas VIII.3 SMP Laboratorium Undiksha tahun pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil kuesioner persentase rata-rata respons siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 20,9 dengan kategori respons positif, meningkat menjadi 22,2 dengan kategori respons positif pada siklus II. Persentase rata-rata kemampuan mengajukan pendapat siswa juga mengalami peningkatan dari 65,35 pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 80,9 pada siklus II dengan kategori tinggi.

 

 

Kata kunci: teknik cerdas cermat, kemampuan mengajukan pendapat, respons siswa.

Downloads

Published

2013-05-25

Issue

Section

Articles