PENGGUNAAN KARIKATUR PADA KORAN BALI POST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS OPINI SISWA KELAS XII BAHASA 2 SMA PGRI 1 AMLAPURA

Kadek Jaya Prayudi

Abstract


PENGGUNAAN KARIKATUR PADA KORAN BALI POST

SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN

KEMAMPUAN MENULIS OPINI SISWA

KELAS XII BAHASA 2 SMA PGRI 1 AMLAPURA

Oleh

 

I Kadek Jaya Prayudi, NIM 0812011083

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) untuk mengetahui dapat tidaknya penggunaan karikatur pada koran Bali Post meningkatkan kemampuan menulis opini siswa kelas XII Bahasa 2 SMA PGRI 1 Amlapura, (2) untuk mengetahui langkah-langkah yang ditempuh agar penggunaan karikatur pada koran Bali Post dapat meningkatkan kemampuan menulis opini siswa kelas XII Bahasa 2 SMA PGRI 1 Amlapura, (3) untuk mengetahui respons siswa mengenai penggunaan karikatur pada koran Bali Post untuk meningkatkan kemampuan menulis opini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dalam dua siklus.

Penelitian tindakan kelas ini  berlatar di kelas XII Bahasa 2 SMA PGRI 1 Amlapura. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Bahasa 2 SMA PGRI 1 Amlapura. Objek penelitian ini yaitu penggunaan karikatur dari koran Bali Post dalam pembelajaran menulis opini dan respons siswa mengenai penggunaan karikatur pada koran Bali Post untuk meningkatkan kemampuan menulis opini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi dokumentasi, metode penugasan, metode observasi, metode angket/kuesioner, dan metode wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penggunaan karikatur pada koran Bali Post mampu meningkatkan kemampuan menulis opini siswa kelas XII Bahasa 2 SMA PGRI 1 Amlapura yang ditandai dengan perolehan skor rata-rata menulis opini siswa  68,51 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 80,03 pada siklus 2, (2) ada beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam penggunaan karikatur pada koran Bali Post untuk meningkatkan kemampuan menulis opini, dan (3) siswa memberikan respons positif terhadap kegiatan pembelajaran penggunaan karikatur pada koran Bali Post untuk meningkatkan kemampuan menulis opini.

 

 

Kata kunci: karikatur, menulis opini


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i5.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.