TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH KOTA JAMBI

Authors

  • Adinda Larasati Universitas Jambi
  • Yusra D. Universitas Jambi
  • Imam Suwardi Wibowo Universitas Jambi
  • Andiopenta Purba Universitas Jambi
  • Akhyaruddin Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.59852

Keywords:

bahasa indonesia, pragmatik, tindak tutur direktif

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna dari tindak tutur direktif pada interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitafif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupada tuturan antara guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, rekam, dan catat. Analisis data dalam penelitian, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk dan fungsi dari tindak tutur direktif. Bentuk dari tindak tutur direktif yang berlangsung ada 3 (tiga), yaitu modus deklaratif, modus interogatif, dan modus imperatif. Ditemukan 8 (delapan) fungsi tindak tutur direktif, yaitu mengajak, memerintah, menyarankan, meminta, menuntut, melarang, memberi nasihat, dan memberi izin.

References

Abshor, A. A. (2023). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Masyarakat di Pasar Baru Tuban. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 7(2), 1308-1315. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

Alfiansyah, M. A. (2021). Analisis Kesopanan Tindak Tutur Direktif dalam Pembelajaran Daring Kajian: Pragmatik. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 53-68. DOI: 10.23969/literasi.v11i2.3412

Apriastuti, N. N. (2017). Bentuk, Fungsi dan Jenis Tindak Tutur dalam Komunikasi Siswa di Kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, I, 1858 – 4543. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989

Ariyanti, L. D. (2017). Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajarandi SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 111 - 122. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/17272

Aryani, E. d. (2023). Analisis Tindak Tutur Perlokusi pada Kolom Komentar Akun Gosip Lambe Turah. PROPAGANDA, 3(1), 24-33. DOI: 10.37010/prop.v3i1.1143

Bambang, I. W. (2021). Analisis Tindak Tutur Direktif pada Novel Lajang-lajang Pejuang Karya Endik Koeswoyo dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Teks Pidato di SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3769-3778. DOI: 10.31004/edukatif.v3i6.1306

Budiman, R. A. (2021). Tindak Tutur Ekspresif Beserta Responnya Dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra, 8-14. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/54511

Chotimah, D. N. (2023). Tindak Tutur Tokoh dengan Gangguan Identitas Disosiatif dalam Novel Perawan Palsu Karya Mien Hiesel. LINGUA, XIX(1), 29-41. DOI: 10.15294/lingua.v19i1.39897

Dardowidjojo, S. (2016). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Diana, R. E. (2022). Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia pada Proses Pembelajaran di SMP. JURNAL BASICEDU, 6(3), 4940 - 4952. DOI: 10.31004/basicedu.v6i3.2759

Fauzia, V. S. (2019). Tindak Tutur Direktif dalam Sinetron Preman Pensiun di RCTI. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 33-39. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/29855/13199

Handayani, E. N. (2019). Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1), 8-14. DOI: 10.2121/bppp.v1i1.9289

Juliyanti, H. C. (2023). Analisis Tindak Tutur Perlokusi pada Video Reels Instagram Ardhit Erwandha terhadap Kasus KDRT. LINGUA, XIX(1), 51-55. DOI: 10.15294/lingua.v19i1.40359

Kurniawati, R. M. (22). Tindak Tutur Ilokusi Guru terhadap Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 110-121. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/44989/22235

Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mailawati. (2023). Analisis Fungsi Tindak Tutur Direktif dalam Konteks Bayar Sewa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 289—302. DOI: 10.30872/diglosia.v6i2.601

Minto, D. W. (2022). Bentuk Tindak Tutur Direktif Pemandu Wisata. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(11), 544-552. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/16095/6754

Mualamah, S. d. (2023). Tindak Tutur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Nahdatul Ulama Bogor. Journal on Education, 05(3), 7138-7145. http://jonedu.org/index.php/joe

Rudi. (2021). Tuturan Ekspresif BIPA dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Dengar Pandang. ALINEA: JURNAL BAHASA SASTRA DAN PENGAJARAN, 10(1). http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/86583

Sitompul, H. (2020). Tindak Tutur Direktif dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia pada Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa & Sastra, 5(2), 157-165. DOI: 10.31604/linguistik.v5i2.157-165

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widiyarti, H. E. (2022). Analisis Tindak Tutur Direktif antara Guru dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 177-185. DOI: 10.33487/edumaspul.v6i1.3053

Zary, M. &. (2023). Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Sansai dan 7 Cinta Si Anak Kampung Karya Ermanto Tolantang: Pendekatan Linguistik Korpus. JURNAL BASICEDU, 7(1), 411 - 420. DOI: 10.31004/basicedu.v7i1.4654

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles