EVALUASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Authors

  • Dedi Satriawan UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i3.61745

Keywords:

CIPP, E-learning, evaluasi

Abstract

Evaluasi digunakan untuk mengetahui tujuan yang dirumuskan tercapai, apakah penggunaan media pembelajaran e-learning sudah mencapai sasaran, apakah prosedur penggunaannya sudah tepat, dan apakah seluruh elemen-elemen lainnya yang menentukan keberhasilan tujuan penggunaan media pembelajaran e-learning di UIN Raden Intan Lampung sudah tercapai, termasuk mengetahui kendala atau permasalahan yang terjadi dalam proses penggunaannya. Oleh karena itu, maka kedudukan evaluasi menjadi sangat penting adanya sebagai media atau wahana untuk menganalisis tingkat keberhasilan. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan implementasi Media Pembelajaran E-Learning UIN Raden Intan Lampung, 2) menjabarkan faktor-faktor penunjang dan penghambat  implementasi media pembelajaran E-Learning UIN Raden Intan Lampung, dan 3) memaparkan evaluasi Media Pembelajaran E-Learning UIN Raden Intan Lampung melalui pendekatan CIPP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Populasi terdiri atas dosen berjumlah 358, dan mahasiswa berjumlah 51.673. Sementara sampel yang ditentukan ialah dosen 36 orang, dan mahasiswa 978 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi media pembelajaran e-learning di UIN Raden Intan Lampung sudah dapat dikatakan baik. Hal ini karena dosen dan mahasiswa UIN Raden Intan Lampung sudah menerapkan tahapan penggunaan e-learning secara terstruktur dan sistematis. Secara keseluruhan pengelolaan dan pemahaman dosen terhadap e-learning termasuk dalam kategori sedang dan mencapai presentase sebesar 74,33 %.

References

Anderson, R. H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. PAU-UT.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ariyanti, Hasanuddin, & Abdullah. (2018). Analisis Kelayakan Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Moodle pada Pembelajaran Biologi. Jurnal EduBio Tropika, 6(2), 73–121.

Arsyad, A. (1997). Media Pengajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 75–82.

Christiani, Y. (2018). Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(1), 1–6.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K., Bhardwaj, A., Goyal, R. ., & Varghese, C. (2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132–135.

Hakim, A. . (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–15.

Kurniawati, I. (2011). Pengujian Prototipe Media Pembelajaran. PTP-Pustekkom Kemdikbud.

Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 1–16. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538%0A

Prakoso, P., & Haryudo, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Eearning Berbasis Web Menggunakan Ucoz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengkuran Listrik Di SMKN 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 7–13.

Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Pembelajaran I terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 25–36.

Purwandi, I. (2017). Analisa Tingkat Kesiapan E-Learning (E-Learning Readiness) Studi Kasus: AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta. Jurnal Bianglala Informatika, 5(2), 102–107. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/2976/1895

Ramdani, R., Rahmat, M., & Fakhruddin, A. (2018). Media Pembelajaran E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 47–59.

Rohmah, L. (2016). Konsep E-Learning dan Aplikasinya pada Lembaga Pendidikan Islam. An-Nur, 3(2).

Rokhman, N., Sardiman, & Pramandanu, R. (2015). Pengembangan Media Blog Sejarah untuk Pembelajaran Sejarah di SMA. Istoria: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(1), 54–70.

Romisatriawahono. (2018). Elearning sebagai Alat Bantu Pembelajaran. Romisatriawahono.Net.

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Hardjito. (2019). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. CV. Rajawali.

Soemanto, W. (2018). Pedoman Teknik Penulisan Skripsi: Karya Ilmiah. Bumi Aksara.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2001). Media Pengajaran.

Sugihastuti. (2000). Bahasa Laporan Penelitian. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryati. (2018). Sistem Manajemen Pembelajaran Online, Melalui E-Learning. Ghaidan: Journal Bimbingan Konseling Islam & Kemasyarakatan, 1(1), 60–76. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/2034/1543%0D

Syifa, A. (2020). Evaluasi Penerapan E-Learning melalui Model CIPP di Program Studi Psikologi Islam IAIN Pontianak. Jurnal As-Salam, 4(2), 180–194.

Waller, V., & Wilson, J. (2021). A definition for e-learning. TheODL QC Newsletter.

Warsita, B. (2018). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Reneka Cipta.

Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama COVID 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. Al-Fikr : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16.

Yunis, R., & Telaumbanua, K. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Infromasi, 32–36.

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional, Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 338–346.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles