PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN BANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 TEMBUKU

Authors

  • Ni Made Cici Prayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Martha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.62331

Keywords:

strategi pembelajaran group investigation, video animasi, menulis teks narasi (cerita fantasi)

Abstract

Kesulitan dalam menulis teks narasi khususnya cerita fantasi yang bersifat khayalan, memang sering terjadi pada setiap siswa. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas VII E di SMP Negeri 1 Tembuku. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukannya penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran group investigation dengan bantuan video animasi dalam pembelajaran menulis teks narasi. (2) Mendeskripsikan hasil dari penerapan strategi pembelajaran group investigation dengan bantuan video animasi dalam pembelajaran menulis teks narasi. (3) Mendeskripsikan kendala dalam pembelajaran menulis teks narasi dengan menerapkan strategi pembelajaran group investigation dengan bantuan video animasi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tiga metode penelitian yakni metode observasi, metode tes, dan metode wawancara untuk mendapatkan data yang valid. Adapun hasil penelitiannya pada refleksi awal atau sebelum dilakukannya tindakan kelas nilai rata-rata siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Tembuku dalam menulis teks narasi adalah 65. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa dalam menulis teks narasi 72, 2 kemudian pada siklus II rata-rata nilai siswa 86,1. Dari nilai rata-rata yang di peroleh siswa dapat dijabarkan bahwa nilai siswa dalam menulis teks narasi mengalami peningkatakan sebanyak 21,1%.

References

Anabiwesa, Ida Bagus Made. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigation Dengan Bantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Afridzal, Aulia dan Yusrawati JR Simantupang. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Dengan Menggunakan Video Animasi Pada Ssiswa Kelas V SD Negeri 11 Banda Aceh. Seminar Nasional Pendidikan Dasar. SKIP Bina Bangsa Getsempena.

Bunadi, Suriman dan Zeembry. 2007. Membuat Animasi Kartun Ucapan Dengan Flash 8. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Diah Novitasari, Dahlia. 2020. Penerapan Media Video Animasi Dalam Ketrampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA 10 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ernata, Yusvidha, 2017. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 5 (2), 781-790.

Hendra. 2020. Pemanfaatan Novel Hujan Karya Tere Liye Dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Di Kelas VII SMP Mutiara Singaraja. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Hariawan, I Ketut. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hail Belajar IPA. Cetta: Jurnal Iimu Pendidikan.

Hudhana, Winda Devi dan Agus Suleman. 2019. Pengembangan Media Video Scribe Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 9 (1).

Jani, Saputri Rangkuti Cirvy dan Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian Tugas matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (2), 599.

Komiadi, Didik dan Wahyu Wijayanti. 2011. Panduan Lengkap PTK. Yogyakarta:Sabda Media.

Lisa. Hanafi, H., & Hanafi, F. 2019. Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra). 4 (2), 268-283.

Lusita, Wismi. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Padang Melalui Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni. 12 (1), 104-118.

Marselina, Suci. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas XI MAN Kota Sungai Penuh. Pentas: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Mutia, Rahayu Cut. 2019. Pengaruh Penerapan Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kutacane Tahun Pembelajaran 2019/2020. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra. 4 (2).

Maraya, Priskilia Ratu. dkk. 2022. Pengaruh Media Video Animasi Dan Video Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fntasi Pada Siswa Kelas VII SMP Katolik Rajawali Makassar. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 18 (1).

Pranata, Khavisa. dkk. 2021. Evektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Katrampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu. 5 (3).

Pradana, Dian. Dkk. 2020. Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter Untuk Siswa SDLB Tunarungu. Jinotep: Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran. 7 (2), 98.

Putri, Wulandari Aning dan Sumarwati. 2019. Pemberian Corrective Feedback dalam Pembimbingan Menulis Karya Ilmiah Pada Siswa SMA. PENA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 9 (2), 28.

Syamsuddin dan Damajanti Vismala S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Sri Indriani, Made. 2019. Peningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Dengan Penggunaan Video Cerita. Prasi: Jurnal Bahasa Seni Dan Pengajarannya. 14 Nomor (02), 57-64.

Sitohang, Justi. 2017. Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. 3(4), 686.

Sukarini, Komang dan Ida Bagus Surya Manuba. 2021. Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiskah. 8(1), 50.

Wendra, I Wayan. 2019. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wulandari. Yunita Palimbong, Sykur Saud, dan Nurming Saleh. 2020. Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makasar. Jurnal Bahasa Asing.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles