PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MELAYA

Authors

  • Ni Made Dwi Cahyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.62364

Keywords:

teks eksplanasi, video animasi, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemanfaatan yang ditempuh guru terkait penggunaan media video animasi pada pembelajaran menulis teks eksplanasi di kelas VIII C SMP Negeri 2 Melaya, dan (2) mendeskripsikan hasil yang ditempuh siswa terkait penggunaan media video animasi pada pembelajaran menulis teks eksplanasi di kelas VIII C SMP Negeri 2 Melaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran di SMP Negeri 2 Melaya dilakukan secara tatap muka dan telah menerapkan media video animasi sebagai media pembelajaran dalam tiga tahapan pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pembelajaran teks eksplanasi yang dilakukan dengan pemanfaataan video animasi dikatakan berhasil dibuktikan dengan hasil nilai peserta didik di atas rata-rata. 

References

Anisa, Linda. 2022. Pemanfaatan Youtube Wisata Chanel untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi siswa tentang Wisata. Skipsi. Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pendidikan Ganesha.

Anggraeni, Evi. 2017. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari di Sd Negeri Dukuhwaru 4 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Amorie, Jean. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate. Jurnal e-DuMath, 1(1).

Adilah, Nida. 2017. Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98-103.

Fauziah, Mita Ulfia. Penggunaan Media Video Iklan Layanan Masyarakat dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 10 Kabupaten Tangerang Tahun Pelajaran 2021/2022. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta.

Kemendikbud. 2015. Ejaan yang disempurnakan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kuncoro, Adhityo. 2017. Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).

Lusiana, Leny. 2022. Penggunaan Media Video Animasi Powton dalam Pembelajaran Teks Drama di SMA Negeri 2 Tabanan. Skipsi. Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pendidikan Ganesha.

Mawardi, Dodi. 2009. Cara Mudah Menulis Buku. Jakarta: Raih Asa Sukses

Mumtahanah, Nurotun. Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Studi Keislaman 4(1), 91-104.

Mukhtar, Warkiah. 2022. Analisis Tingkat Kesulitan Siswa dalam Menulis Cerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN Mannuruki. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makkasar.

Nadlir, N. 2013. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 339-352.

Novitasari, Dahlia Diah. Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 10 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ningsih, Tiyas Bekti Cahya, and Andri Pitoyo. Media Film Animasi Dalam Pembelajaran Daring Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran 5(1), 41-47.

Nur Hidayah, Riris. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Quantum Learning dan Media Video pada Siswa Kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora tahun ajaran 2018/2019. Diss. IKIP PGRI Bojonegoro, 2019.

Pane, Aprida. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2)

Pratiwi, Noor Komari. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31.

Palimbong, Yunita Wulandari. Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makassar. Diss. Universitas Negeri Makassar, 2021.

Risky, Sonia Mahari. Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 28(2), 73-79.

Rejeki, Meiyen Dwi. 2022. Pemanfaatan Animasi Plotagon untuk Meningkatkan Antusiasme Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra 2(1), 64-70.

Sari, Else Puspita, Agus Trianto, and Padi Utomo. Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 292-302.

Sardiman, A.M. 2009 Interaksi&Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanti, Rini Dwi. 2015. Pembelajaran Apresisasi Sastra di Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal 3.1.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif (untuk Penelitian yang Bersifat : Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Talia, Nita. 2022. Pembelajaran Teks Eksplanasi dengan Pemanfaatan Video Fenomena Sosial di Kelas XI SMAN 1 Muncar. Skipsi. Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.. Jurnal Komunikasi Ppendidikan 2(2), 103-114.

Utami, Dina. 2011. Animasi dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1)

Wendra, I Wayan. 2019. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyuhastufi, A. 2016. Identifikasi Hambatan-hambatan Guru dalam Pembelajaran di Kelas III A Sekolah Inklusi SDN Giwangan Yogyakarta. Basic Education, 5(2), 81-86.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles