PENERAPAN METODE PELATIHAN TERBIMBING DENGAN PENGGUNAAN NARASI STAND UP COMEDY SHOW DI METRO TV UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X-IBB2 SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Komang Susi Ariantini .
  • Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd .
  • Dra. Made Sri Indriani, M.Hum. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.6253

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan memiliki tujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah yang di tempuh dalam penerapan metode pelatihan terbimbing dengan penggunaan narasi stand up comedy dalam menulis teks anekdot, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa hingga tercapainya tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada kegiatan menulis teks anekdot dengan penerapan metode pelatihan terbimbing dan penggunaan narasi stand up comedy, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan metode pelatihan terbimbing dengan penggunaan narasi stand up comedy. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X-IBB2 SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah, peningkatan hasil, dan respons siswa dalam penerapan metode pelatihan terbimbing dengan penggunaan narasi stand up comedy. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantiatif dan deskriptif kualitatif. Terdapat beberapa langkah penerapan metode pelatihan terbimbing dan penggunaan narasi stand up comedy untuk meningkatkan aktivitas dan tercapainnya ketuntasan hasil belajar menulis teks anekdot. Langkah-langkah tersebut (1) menekankan pada pembelajaran menulis teks anekdot yang sebelumnya diajak untuk membuat subtopik dan menyusun kerangka teks yang dapat membuat siswa melakukan kegiatan menulis teks anekdot dengan lebih mudah dan lebih baik, (2) hasil penelitian ini adalah tercapainya ketuntasan hasil belajar menulis teks anekdot siswa berkat diterapkannya metode pelatihan terbimbing dengan penggunaan narasi stand up comedy, yakni pada data awal skor rata-rata klasikal 64,09% dengan kategori cukup. Siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 69,58% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 72,81% dengan kategori baik, (3) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan metode pelatihan terbimbing dan penggunaan narasi stand up comedy dalam pembelajaran menulis teks anekdot.
Kata Kunci : Kata kunci: metode pelatihan terbimbing, stand up comedy, anekdot

Action Research (PTK) is aimed (1) describes the steps taken in the application of guide training methods by using of stand-up comedy narrative, (2) describes increasing of students” result study until achieved the level of mastery of student learning outcomes on writing anecdotes text with application of guided training methods and the use the stand-up comedy narrative, and (3) describes the student's response to the application of training guided methods by the use the stand-up comedy narative. Subjects in this research is a teacher and students of X-IBB2 in SMA 3 Singaraja totaling 33 people. The object of this research is the steps, increased study result, and tresponse of the students in the application of guide training methods by use the stand-up comedy narrative. Data collection methods used in this study is the observation method, test method, and method of questionnaire / questionnaire. Data were analyzed using descriptive techniques quantiatif and qualitative description. There are several steps of the guide training application methods and using the stand-up comedy narrative to increase the activity and achieved of mastery learning outcomes of anecdotes text. The steps are (1) emphasis on learning of writing anecdotes text that were previously invited to make Subtopic and frame the text can make students conduct anecdotes text with easier and better, (2) the results of this research are to attain mastery learning outcomes writing anecdotes text of students thanks to the implementation of the guide training methods by using of stand-up comedy narrative, namely the preliminary data the average score of 64.09% with a category classical enough. The first cycle gained an average score of 69.58% with a category classical enough, while the second cycle of the average value of classical students be 72.81% with the good category, (3) students gave positive responses to the application of guided training methods and the using of stand-up comedy narrative in learning of writting anecdotes text.
keyword : Keywords:guide training methods, stand-up comedy, anecdotes text

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles