PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VII A4 SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Ni Ketut Juliawati .
  • Prof. Dr. I Made Sutama,M.Pd .
  • Drs. Gede Gunatama, M.Hum. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.6254

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis kearifan lokal pada siswa kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis kearifan lokal pada siswa kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja, (3) evaluasi pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis kearifan lokal pada siswa kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja dan guru bahasa Indonesia kelas VII A4 SMP Negeri 1 singaraja. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran. Ketiga tahapan tersebut meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP pada kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tulis dan tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik.
Kata Kunci : Menulis, teks hasil observasi, kearifan lokal.

This research aims to describe, (1) teaching and learning plan of writing obervation report text with local learning based on grade VII A4 students of Private Yunior High School 1 (SMP N 1) Singaraja, (2) teaching and learning implementation of writing obervation report text with local learning based on grade VII A4 students of Private Yunior High School 1 (SMP N 1) Singaraja, (3) teaching and learning evalution of writing obervation report text with local learning based on grade VII A4 students of Private Yunior High School 1 (SMPN 1) Singaraja. The informans of this research are the students of Private Yunior High School 1 (SMPN 1) Singaraja and the teacher of Indonesian Languae at class VII A4 of Private Yunior High School 1 (SMPN 1) Singaraja. The reasearch object of this research is the learning of writing obervation report text with local learning based on grade VII A4 students of Private Yunior High School 1 (SMP N 1) Singaraja. This research used descriptive qualitative design. The research found that teacher has done three steps of studying and learning process. They are teaching and learning plan, teaching and learning implementation, and teaching and learning evaluation. On teaching and learning plan, teacher made a complete lesson plan based on the curriculum 2013. There are two activities on learning implementation, they are teaher’s activity and student’s activity. The teacher’s activity is devided into three steps; introduction, content, and closing. The evaluation done by the teacher involved attitude competence evaluation with obervation technique, knowledge competence evaluation with spoken and written technique, and skill competence evaluation with practical technique.
keyword : Writing, obervation result text, local learning.

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles