PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN KARANGAN NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA PADA SISWA KELAS VIIA4 DI SMP NEGERI 3 SAWAN

Authors

  • Ni Putu Sri Ulandari .
  • Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd .
  • Ida Ayu Made Darmayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.6258

Abstract

Ini bertujuan mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara pada siswa kelas VIIA4 di SMP N 3 Sawan, (2) pelaksanaan pembelajaran mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara pada siswa kelas VIIA4 di SMP N 3 Sawan, dan (3) evaluasi pembelajaran mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara pada siswa kelas VIIA4 di SMP N 3 Sawan. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIIA4 SMP Negeri 3 Sawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran. Ketiga tahapan tersebut meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP pada kurikulum KTSP. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara pada siswa kelas VIIA4 di SMP N 3 Sawan dilakukan dengan tes tertulis yang disesuaikan dengan instrumen yang terdapat dalam RPP.
Kata Kunci : Kata kunci: pembelajaran, pengembangan teks wawancara menjadi karangan narasi

This research aims to describes (1) learning plan to development a narrative essay based on interview text students of grade VIIA4 in SMP N 3 Sawan, (2) implementation of learning develop a narrative essay based on interview text on students of grade VIIA4 in SMP N 3 Sawan, (3) Evaluation of learning to development a narrative essay based on interview text on students of grade VIIA4 in SMP N 3 Sawan. Subject of this research is Indonesia teacher and students of VIIA4 in SMP N 3 Sawan. Data collection method used is documentation method and observation method. Data is analyzed using qualitative descriptive technique. These results indicate that the teacher has conducted three phases of learning the third phase includes the planning of learning, implementation of learning, and evaluation of learning. On planning of learning, the teacher makes planning of learning completely based on components of RPP to the curriculum KTSP. On the implementation of learning there are two activities, it is teacher activities and students activities. The activities did by teacher involve three of learning activities, it is first activities, main activities (exploration, elaboration, and confirmation), last activities, (3) the evaluation of learning to development narrative essay depend on interview text on students of grade VIIA4 in SMP N 3 Sawan did by writing test adapted with insreuments on the RPP.
keyword : Keywords: learning, the development of the interview text into a narrative essay

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles