PENERAPAN METODE GUESSING GAME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA DI KELAS VII C SMPN 5 NEGARA

Authors

  • Ida Ayu Puti Rika Wibawanti Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i3.64117

Keywords:

guessing game, keterampilan berbicara, teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Guessing Game untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada teks berita di kelas VII C SMPN 5 Negara, langkah-langkah metode Guessing Game untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada teks berita di kelas VII C SMPN 5 Negara, dan respons siswa kelas VII C SMPN 5 Negara terhadap metode Guessing Game dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada teks berita. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 31 orang dan satu orang guru bahasa Indonesia di SMPN 5 Negara tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan kuisioner/angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode Guessing Game pada teks berita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dimulai dari prosesnya dengan menerapkan langkah-langkah metode Guessing Game dalam keterampilan berbicara sesuai dengan Sintak yaitu penjelasan konsep, pemilihan topik, aturan permainan, bermain game, merangkum pengetahuan, dan melakukan refleksi. Kemudian dari peningkatan nilai rata-rata ketuntasan siswa pada saat refleksi awal sebesar 63,5 meningkat sebesar 10% menjadi 73,5 dengan persentase ketuntasan 41,9% dan peningkatan yang terjadi secara drastis pada siklus II sebesar 9,1% dengan ketuntasan nilai rata-rata siswa mencapai 82,6 dengan persentase ketuntasan 83%. (2) Respons siswa terhadap metode Guessing Game adalah positif. Hal ini dibuktikan dari peningkatan respons siswa pada siklus I memeroleh skor rata-rata sebesar 82,5 dengan kategori positif dan meningkat pada siklus II sebesar 1,6% dan memeroleh skor rata-rata sebesar 84,1 dengan kategori positif

References

Ali, Muhammad. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar. Jurnal PERNIK. 3(1). 37.

Cahyaningtyas, Septyan. 2022. Analisis Teks Berita Berdasarkan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Koran Republika Edisi Bulan April 2020 dengan Tuntutan Kurikulum 2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Pasundan Bandung

Darmuki, Agus. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatid Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo, Jurnal Imiah Bahasa Indonesia. 2(2), 257-258.

Defianty, Eviyuliwati, Hasanah. 2022. The Effect of Guessing Game on Students Vocabulary Knowledge. Journal of english Language and Education. 7(1). 46-48.

Delvia, Taufina, Rahmi, Zuleni. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 3(4), 1024.

Daulay, Asrul. 2021. The Effect of Media Guessing Game Towards University Students’ Writing Ability on Descriptive Text Local Tourism Content. Jurnal of English Education. 9(2), 391.

Eko W., Mumpun. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 281 Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Jurnal Mitra Guru. 5 (1), 134-137.

Fajar, M.N. 2010. “Mahir Menulis Berita”. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Islamiyah, Suputra, Harisah. 2022. Keefektifan Metode Guessing Game Berbasis Case Method Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri 12 Palu. Jurnal Pendidikan. 10(3), 315-318

Klippel, Friederike. 1984. Keep Talking Communivative Fluency Activities for Language Teaching. The bath Press, Avon: Press Syndicate of the University of Cambridge.

Kurniati, Evina. 2019. Pengaruh Penerapan Guessing Game terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa STAIN Bengkalis. Jurnal Pendidikan 11(1). 117.

Madya, Meiningsih. 2021. The Use of Guessing Game in Improving the Speaking Skills of Elementary School Students. Indonesian Journal of English Education. 8(2). 3-5.

Makhmudoyna, Kasimova. 2022. Importance of Ice Breaking Activities in Teaching English. International Scientific Journal. 1(7). 118.

Prawiyata, Yugi. 2018. Penerapan Guessing Game untuk Meningkatkan Kosa kata Bahasa Inggris Siswa SDN 101808 Candirejo Kecamatan Biru-Biru. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian. 310.

Rahman, Widya, Yugafiati. 2019. Menyimak & Berbicara Teori dan Praktik. Sumedang:Alqaprint Jatinagor.

Rusdiawati, Agustina, Alimin. 2022. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Keterampilan Membaca Teks Berita”. Prosiding. 2(1), 115.

Safi’i, Rufaidah, Anggara, Sobri. 2021. Instrumen evaluasi tekas Berita dalam Buku Teks BSE Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. 7(2) 144-145.

Saputri, Sitti. 2020. Peningkatan Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran teks Deskripsi dengan Menggunakan Metode Guessing Game pada Siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi. 28-42

Sari, Indah. 2020. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK Menggunakan Guessing Game. Jurnal CEJou. 1(2). 3-4.

Setiawan, Komang. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Podcast Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar. Skripsi. 35-40.

Setyaningsih, Ika. 2018. Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia Terampil Berbicara. Klaten:PT. Intan Pariwara.

Siska, Yulia. 2019. “Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan. 2(2). 33, 257.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Tindakan Komperhensif. Bandung: Alfabeta, cv.

Suriani, Chandra, Suk,am Habibi. 2021. Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 801.

Tarigan Guntur Henry. 2021. Berbicara Sebalagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Titian Ilmu.

Utami, Magdalena, Puspita. 2022. Pengaruh Pendekatan Komunikatif terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Jagung 02 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(5). 4359.

Wajhuddin & Puspitoningrum. 2021. Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Whole Group Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran. 5(1). 49-53.

Wendra, Wayan. 2021. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal, Penelitian, Skripsi Dan Artikel). Singaraja: Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Widoyoko, Riza. 2019. Faktor Percaya Diri dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Litera, 18(03). 3.

Winati, Pusprini. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menggunakan Guessing Game pada Siswa Kelas VII MTs Mambaul Ulum Pakis. Prosiding. 270.

Wirasutrisna, Haksan. 1995. Menulis Karangan untuk Pers. Jakarta:Balai Pustaka.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles