PENGGUNAAN MEDIA TIKTOK HI_ERISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR

Authors

  • Apriyani Br Tarigan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sang Ayu Putu Sriasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i1.64392

Keywords:

media tiktok, teks prosedur, kemampuan menulis

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan  pelaksanaan pembelajaran siswa kelas VII SMP Katolik Santo Paulus Singaraja dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan media TikTok Hi_erisa, meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Katolik Santo Paulus Singaraja dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan media TikTok Hi_erisa, mendeskripsikan respons siswa kelas VII SMP Katolik Santo Paulus Singaraja dengan menggunakan media TikTok Hi_erisa dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Katolik Santo Paulus Singaraja. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan angket serta dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang tepat pada penggunaan media TikTok Hi_erisa ditekankan pada pengelolaan kelas dan persiapan media yang baik, penggunaan media TikTok Hi_erisa dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Pada pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 69 kategori (cukup), siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,96 kategori (cukup), sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 85,2 kategori (baik), siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media TikTok Hi_erisa. Pada siklus I diperoleh rata-rata 25,3 (positif), sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 26(positif).

References

Aji, W. N. dan Setiyadi, D. B. P. 2020. “Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra”. Metafora: jurnal pembelajaran bahasa dan sastra, 6(2) (halm.147-157).

Arianto, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI SMA. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(7) (hlm.1-8).

Ashari, N. I. 2022. Pemanfaatan Media Video TikTok Wisata dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi di SMP Waskito Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Febriyanti, E. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Diary Book Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa. SNHRP(Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian), 3(1),1152.

Hasmi, Lili dan Ratna. S.D.P. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 5(1) (halm. 52).

Isma, Amrini Hayatul. (2021). Penggunaan Media Video Akun TikTok Pojoksatu.Id dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII 5 Mts Negeri 8 Jakarta Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 399-404.

Ismayanti, M. N., Wendra, I. W., & Sriasih, S. A. P. (2017). “Penggunaan Media Shadow Puppet untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas VII B SMP N 2 Seririt”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2) (hlm.25).

Mana, L.H.A. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIRA: Jurnal inovasi dan riset akademik, 2(4) (halm. 420).

Mayasari, F. D. 2017. Pengaruh konsentrasi belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK negeri 1 Ngabang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6) (hlm. 4).

Muslim, P. Y. C., & Siregar, R. A. 2022. Keterampilan Menulis. Penerbit Yayasan Cendekia

Mustikowati, Dewi, dkk. (2016). Meningkatkan semangat membaca dan menulis siswa sekolah dasar dengan permainan kata bersambut. Briliant: Jurnal riset dan konseptual, 1(1) (hlm.39 - 42).

Nisah, A. 2020. Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Penggunaan Media Film Bisu (Silent Film) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Oktaviani, S. R. 2022. Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Model Pembelajaran STAD (student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Nan Sabaris. (Proposal penelitian, Universitas Negeri Padang).

Pratiwi, Wienike Dinar, Evi Apriyani, 2022. Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) 4(1), 35-41

Simatupang, Yusrawati. J.R. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedurdengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 192-194.

Sukirman, S. 2020. Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2) (hlm.72 - 81).

Wendra, I Wayan, (2021). Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Wijayama, B. 2020.Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2) (hlm.193).

Winarni, W. (2022). Pengembangan Media SH POP untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3) (halm.877).

Yanuarista, R. W. dan Savitri, A. D. 2021.Implementasi Teks Prosedur pada Video Tutorial Memasak dalam Media Sosial Tik Tok. Bapala, 8(4) (hlm. 99 - 111).

Yanuarti, A., & Sobandi, A. 2016. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1) (hlm. 12).

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles