PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INFORMATION SEARCH DI KELAS VIII SMP DHARMA WIWEKA DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Riana Cipta Somantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.65269

Keywords:

metode information search, pembelajaran menulis teks berita

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif tentang penggunaan metode information search pada pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII di SMP Dharma Wiweka Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks berita dengan metode information search, mendeskripsikan kendala dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode information search, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan metode information search pada kegiatan pembelajaran materi teks berita. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Objek penelitian pada penelitian ini ialah pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode information search. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai rata-rata belajar siswa dengan kategori sangat baik pada pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode information search, kendala yang terdapat pada pembelajaran menulis teks berita yaitu pada faktor pilihan materi yang diajarkan, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan metode information search dalam pembelajaran menulis berita menunjukkan respons positif sehingga siswa lebih menyukai pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode ini karena lebih menyenangkan, siswa menjadi lebih aktif dan mudah memahami pembelajaran menulis berita.

References

Alfari, Shabrina. 2022. Ciri-ciri dan Struktur Teks Berita. https://www.ruangguru.com/blog/ciri-ciri-dan-struktur-teks-berita (diakses pada 11 Agustus 2022).

Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta: PT. Diva Press.

Kosasih, E., and Endang Kurniawan. 2016. Jenis-jenis Teks, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Malaiha, Nur. 2017. Pengaruh Strategi Information Search dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Anak Tunalaras. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, Vanya. Karunia Mulia. 2022. Pengertian Teks Berita dan Unsur-unsurnya. https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/16/070000269/pengertian-teks-berita-dan-unsur-unsurnya (diakses pada 11 Agustus 2022).

Rahmadani, Dwi Ananda. 2020. Pengaruh Metode Information Search terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Muhamadiyah 8 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Rofikoh, Evi dan Wulan Dari. 2021. Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Iklan di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul pada Kondisi Covid-19. Jurnal Pendidikan. Volume 30 Nomor 2.

Silberman, Melvin L. 2002. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madina

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharti. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Media Gambar Peristiwa pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Suradadi, Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. “Jurnal Widya Sari”. Vol.1, No.2 Mei 2014.

Sujanto. 1988. Kerampilan Berbahasa Membaca-Menulis-Berbicara untuk Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Tabrani, Rusyan. 2007. Budaya Belajar Yang Baik. Jakarta: PT. Panca Anugerah Sakti.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun. KBBI online. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/berita (diakses pada 8 Agustus 2022).

Tim Penyusun. KBBI online. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/menulis (diakses pada 8 Agustus 2022).

Wendra, I Wayan. 2014. Bahan Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Yusuf, A Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zaid, Ari. 2014. Penerapan Metode Information Search dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Zaini, Hisyam. 2008. Srategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles