PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XI IPA MAN 1 JEMBRANA

Authors

  • Dinda Vida Miranda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Martha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i1.65349

Keywords:

menulis, metode cooperative script, pembelajaran menulis cerpen

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kualitatif (mixed methods) tentang penggunaan metode cooperative script pada pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI IPA di MAN 1 Jembrana. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan penggunaan metode cooperative script dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI IPA di MAN 1 Jembrana dan menganalisis hasil belajar siswa yang menggunakan metode cooperative script pada pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI IPA di MAN 1 Jembrana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 MAN 1 Jembrana. Hasil penelitian menunjukkan metode cooperative script dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI IPA di MAN 1 Jembrana. Peningkatan tersebut meliputi, peningkatan proses dan peningkatan produk. penggunaan metode cooperative script membuat siswa bekerja dengan kelompok kecil dan saling berkolaborasi dalam menghasilkan karya tulis cerpen. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa mengembangkan keterampilan menulis cerpen yang lebih baik melalui metode cooperative script. Mereka belajar tentang struktur cerita, pengembangan karakter, plot, gaya penulisan, dan teknik penulisan lainnya. Metode cooperative script juga berdampak positif pada peningkatan kepercayaan diri sebagai penulis.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Bumi Aksara: Jakarta.

Aris, Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Dewi, V. T., Sari, A. W., & Nisja, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Scripts terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 9 Padang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2235–2239. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.469

Kurniawanti, Ika. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Teknik Pengembangan Kerangka Karangan Siswa Kelas XB MA NU 05 Gemuh-Kendal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mifta Nur’aini, Hesti Indah dkk. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi (Studi Kasus di Kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar). BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume 3 Nomor 3.

Munirah. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Nurhalisah, Andi Siti. 2020. Studi Komparatif Metode Cooperative Script dan Metode Discovery pada Pembelajaran Cerpen siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nusantari, Rosida Putri. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Semanu dengan Media Arsip Ringkasan Cerita Tayangan Kick Andy Metro Tv. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Paryati, Sudarman. 2008. Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rispa. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen melalui Teknik Semi-Terbimbing dengan Media Syair Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Gowa. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sabarti, Akhadiah. dkk. 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sagala, E., Haidir, H., & Silaen, U. (2019). Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Sunggal. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 35–42. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.45.

Sumardjo, Jacob. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutama, I Made. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wendra, I Wayan. 2014. Bahan Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widyamartaya A. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: UNS Press.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles