PENGGUNAAN KANAL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Devi Sandra Yudini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sang Ayu Putu Sriasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Nurjaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.68744

Keywords:

kanal YouTube Devina Hemawan, media, pembelajaran, teks prosedur

Abstract

Penelitian in bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan kanal YouTube sebagai media pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja, dan hasil belajar menulis teks prosedur siswa setelah diterapkannya penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini langkah-langkah pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan kanal YouTube Devina Hermawan terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pembuka, inti, dan penutup pada pelaksanaan pembelajaran menulis teks prosedur, kendala-kendala yang ditemukan oleh guru dalam penggunaan media kanal YouTube Devina Hermawan dalam pembelajaran menulis teks prosedur dari segi siswa yaitu kemampuan menyimak dan menulis teks prosedur siswa yang berbeda-beda, penggunaan waktu yang masih kurang efektif dan masih banyak siswa yang belum diberikan fasilitas handphone oleh orang tuanya, dan hasil belajar menulis teks prosedur siswa setelah diterapkannya penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran yakni dilihat dari rata-rata nilai menulis teks prosedur siswa adalah 84,7 dengan kategori baik.

References

Adam, A. (2019). Penggunaan Media YouTube Berseri dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Konfiks, 6(2), 45-53.

Almajirah, T. (2021). Meningkatkan Kreativitas dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Teks Prosedur Menggunakan Based Learning melalui Media YouTube Berbasis Video Interaktif. Tersedia pada: https://doi.org/10.31219/osf.io/h7cm6 (diakses 24 Januari 2023).

Azizah, R. (2023). Penggunaan Metode Pemberian Tugas Rumah dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Klakah, Kabupaten Lumajang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

Efendi, M. Y., & Rozi, F. (2022). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 4 Bojonegoro Jawa Timur. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7731-7737.

Fatmawati, E., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(1), 24-31.

Gunarianta, K. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran E-Learning dengan Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas 10 SMA Negeri 4 Singaraja. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

Hakim, dkk. (2022). Pemanfaatan Youtube untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa SD dalam Mendukung Kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2(1), 340-346.

Indarta, dkk. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Kemendikbud. 2014. Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lindawati, L. (2022). Penggunaan Media Video Negeri Dongeng dalam Pembelajaran Cerita Fantasi di Kelas VII A SMP Negeri 3 Sapeken. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

Pahlawan, J. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Media Audiovisual. Genta Bahtera: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 2656-1085.

Pertiwi, N., & Sharif, O. O. (2019). Minat Perilaku Penggunaan Youtube sebagai Sumber Pembelajaran dengan Pendekatan Tam. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 9-15.

Purba, B. S. (2020). Pemanfaatan Vlog untuk Memproduksi Teks Prosedur dalam Pembelajaran Berbasis Teks K13 pada Siswa Kelas XI MIA SMAS Laboratorium UNDIKSHA Singaraja. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.

Rahmatika, D., Muriani, M., & Setiawati, M. (2022). Peran Guru dalam Memberikan Motivasi dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(4), 115-121.

Rato, P. E. N. (2021). Pembelajaran Kreatif Menulis Online. Warta Pendidikan. e-Journal, 5(4), 11-13.

Rizqyka, D. (2021). Efektivitas Model Citizen Prosedur (CIPRO) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Kelas XI SMAS Pasundan 1 Bandung. Skripsi. FKIP UNPAS.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulsilawati, E., & Usman, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Youtube terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-6.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Sumarti, S. (2017). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMKN 4 Bandar Lampung. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(1), 1-11.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan Media Youtube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 26-30.

Wibowo, H. (2018). Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Depok: Puri Cipta Media.

Zulhafizh, Atmazaki, & Syahrul, R. (2013). Kontribusi Sikap dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 1(2), 13-28.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles