ANALISIS TUTURAN HUJATAN NETIZEN PADA PERISTIWA KANJURUHAN

Authors

  • Mohammad Khikam Zahidi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Inka Krisma Melati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Daroe Iswatingingsih Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i4.73087

Keywords:

kanjuruhan, netizen, tuturan hujatan

Abstract

Tragedi Kanjuruhan yang memakan korban hingga ratusan, berita yang tersebar tidak hanya sekadar angin lewat saja namun berita-berita yang tersebar memberikan empati kepada seluruh masyarakat Indonesia. Media sosial menjadi tempat terhangat dalam pemberitaan tragedi ini, netizen mulai memberikan pandangan serta isu-isu terkait peristiwa tersebut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengelompokkan serta mendeskripsikan bentuk tuturan hujatan netizen tuturan deklaratif, tuturan ekspresif, tuturan asertif, dan tuturan direktif. Metode penelitian ini menggunakan deskritif kualitatif. Jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pragmatik. Sumber data penelitian ini berasal dari dimedia sosial Youtube, Twitter, dan Instagram. Data penelitian ini memuat tuturan hujatan yang dilakukan oleh netizen terkait peristiwa Kanjuruhan. Teknik pengumpulan menggunakan teknik simak-catat dan teknik tangkap layar. Teknik analisis data dimulai dari pengamatan sumber data yang kemudian dipilih dan dikelimpokkan sesuai kebutuhan data dalam peneitian. Hasil penelitian menunjukan simpulan tuturan ilokusi hujatan yang dilakukan netizen sebanyak 10 tuturan dengan jumlah (1) tuturan deklaratif, (3) tuturan ekspresif, (1) tuturan asertif, dan (5) tuturan direktif yang dilakukan netizen di media sosial. Tuturan direktif lebih mendominasi tuturan yang diujarkan oleh netizen di media sosial.

References

Ahya, Akhmad Sauqi, Lailatul Qomariyah, and Heru Subakti. 2021. Tindak Tutur Direktif dalam Pembelajaran Daring. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya 5(2): 81–92.

Astawa, I P Yogi, I K Antartika, and I W Sadyana. 2017. “Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Drama My Boss My Hero (Suatu Kajian Pragmatik).” JPBC (Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang) 3(3): 394–406.

Chaer, A. & Leoni, A. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul, and Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Devi, Ambarwati Puspitasari, dan Indah Okitasari. 2018. Analisis Tindak Tutur Berbasis Korpus pada Tagar Tolak Omnibus Law. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(1), 1-14.

Eriyanti, Ribut Wahyu. 2017. Koherensi Pertanyaan Guru Pada Pembelajaran. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 2(1): 77.

Erlian, Wahyu, Amril Amir, dan Ena Noveria. 2013. Tindak Tutur Deklarasi Bahasa Minangkabau Pedagang Kakilima di Pasaraya Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Fauzi, Aziz, and Rona Gokma Aulida. 2020. Memahami Macam-Macam Tuturan Direktif dalam Gambar Imbauan pada Krl Jabodetabek: Tinjauan Pragmatik. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) 2: 228–38. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks.

Fauzia, Vina Shifa, Haryadi Haryadi, dan Septina Sulistyaningrum. 2019. “Tindak Tutur Direktif dalam Sinetron Preman Pensiun Di Rcti.” Jurnal Sastra Indonesia 8(1): 33–39.

Fernandez, Inyo Yos. 2008. Kategori dan Ekspresi Linguistik dalam Bahasa Jawa Sebagai Cermin Kearifan Lokal Penuturnya: Kajian Etnolinguistik Pada Masyarakat Petani Dan Nelayan. Kajian Linguistik dan Sastra 20(2): 166–77.

Fuad, Muhammad. 2006. Pengantar Bianis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Irma, Cintya Nurika. 2017. Tindak Tutur Dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Rumah Perubahan Rhenald Kasali. SAP (Susunan Artikel Pendidikan).

Jumanto. 2017. Pragmatik: Dunia Linguistik Tak Selebar Daun Kelor. Yogyakarta: Morfolingua.

Moleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujianto, Gigit. 2013. Tuturan Pejabat Negara dalam Berita ‘Korupsi’ pada Media Massa Cetak. Jurnal Humanity 2: 13–20.

Pujileksono, S. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Jawa Timur: Intrans Publishing.

Putra, Agus Darma. 2020. Tindak Tutur Nirgender dalam Tuturan Bahasa Sasak. Asas: Jurnal Sastra 9(1).

Putri, Teza Dwi, Dian Eka Chandra Wardhana, dan Suryadi Suryadi. 2019. Tindak Tutur Direktif pada Novel Bidadari-Bidadari Surgakarya Tere Liye. Jurnal Ilmiah Korpus.

Rahardi, Kunjana. 2001. Sosiolinguistik, Kode, dan Alih Kode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Rahma, Anis Nurulita. 2018. Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Animasi Meraih Mimpi. Skriptorium 2(2): 13–24.

Rani, A. 2006. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Rohman, Jajang Choeru. 2022. Moralitas dan Diskriminatif Tuturan Youtuber Gaming pada Game Online Mobile Legend. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(2): 237–42.

Sagita, Veranita Ragil, and Teguh Setiawan. 2020. Tindak Tutur Ilokusi Ridwan Kamil dalam ‘Talkshow Insight’ di CNN Indonesia (The Form and Type of Illocutionary Speech Acts Ridwan Kamil in the ‘Insight Talkshow’ at CNN Indonesia). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya 9(2): 187.

Saifudin, Akhmad. 2008. Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 15(1), 1-16.

Sari, Ratih Indah. 2018. Bentuk Tuturan Direktif pada Guru dalam Situasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Man Malang 1. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 3(1): 79.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Terjemahan Indah Fajar Wahyuni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliana, Rina dkk. 2013. Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indnesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Basastra 2(1): 1–14.

Zahidi, Alfi Khoiru An Nisa. 2022. Pemakaian Ragam Resmi dalam Tindak Tutur Tausiah Ustaz Adi Hidayat, Lc. Ma Periode Juli 2018. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 107-117.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles