HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN KELAS VI SD NEGERI 3 DORANG JEPARA

Authors

  • Diana Oktafiani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Dwiana Asih Wiranti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Misbahul Munir Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.73720

Keywords:

cerpen, kebiasaan, keterampilan, membaca, menulis

Abstract

Kebiasaan membaca adalah perilaku yang berulang-ulang dan menjadi sebuah tindakan otomatis seseorang dalam mengatur bacaannya. Kebiasaan membaca dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas VI SD Negeri 3 Dorang Jepara. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan metode korelasi product moment. Data dikumpulkan dari angket dan tes yang diberikan di kelas VI SD Negeri 3 Dorang Jepara. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dan diperoleh hasil positif yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kebiasaan membaca dan keterampilan menulis cerita pendek. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin tinggi suatu kebiasaan membaca seseorang maka semakin tinggi juga keterampilannya dalam menulis cerpen

References

Alifa, N., & Setyaningsih, N. H. (2020). Pengaruh Keterampilan Menyimak dan Membaca Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 98–103.

Atayeva, M., Putro, N., Kassymova, G., & Kosbay, S. (2019). Impact of Reading on Students’ Writing Ability. Materials of International Practical Internet Conference “Challenges of Science, 144(2), 5–13.

Baba, J., & Affendi, F. R. (2020). Reading Habit and Students’ Attitudes towards Reading: A Study of Students in the Faculty of Education UiTM Puncak Alam. Asian Journal of University Education, 16(1), 109–122.

Burohman, T. H., Nurulanningsih, N., & Milawasri, F. A. (2020). Korelasi antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(1), 29–39.

Destian, I. H., Wiranti, D. A., & Widiyono, A. (2022). Strategi Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD di Masa Pandemi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 197–203.

Khoiriyah, N. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Menguatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas 4 SD Anak Saleh Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/24847/

Limbong, J. L., & Suparman. (2018). Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas Viii Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 2(1), 12–26.

Marwiyah, S. (2019). Korelasi Kebiasaan Membaca Cerita Anak terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sleman. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 8(2), 120–131.

Munir, M. M., & Afrianingsih, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw sebagai Sarana untuk Problem Solving bagi Mahasiswa pada Mata Kuliah Ilmu Pendidikan. JANACITTA, 2(2).

Nita, O., & Naini, I. (2021). Korelasi Kebiasaan Membaca dengan Membaca Pemahaman. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 5(1), 83–94.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Silaswati, D., Bulan, D. R., & Hermawan, D. (2019). Model Pembelajaran Apresiasi Kajian Sastra Terpadu untuk Penguasaan Empat Aspek Keterampilan Berbahasa. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(2), 26–39.

Sugerman, S., Hasan, H., & Mawardi, A. (2022). Pengaruh Model Self-Directed Learning di Era Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMAN 1 Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3), 151–159.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta.

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84–94.

Surtinah, S. (2019). Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 97–108.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. Bin. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109–120.

Downloads

Published

2024-03-27

Issue

Section

Articles