PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

DIFFERENTIATED LEARNING ON TEXT MATERIAL REPORTING OBSERVATION RESULTS

Authors

  • I Gusti Agung Mas Widiastari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ade Asih Susiari Tantri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.75290

Keywords:

diferensiasi, kurikulum merdeka, teks LHO

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks laporan hasil observasi di kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas X sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah proses pembelajaran, kendala yang dialami, dan respons peserta didik dalam pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran materi teks laporan hasil observasi dengan pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang dilaksanakan guru adalah merancang perangkat pembelajaran yang akan digunakan sebagai panduan, bahan, dan media ajar. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dari kegiatan awal, inti, dan penutup sesuai dengan komponen atau strategi diferensiasi proses, konten, produk, dan lingkungan belajar. Evaluasi yang dilaksanakan dalam pembelajaran adalah evaluasi tes dan non tes. Kendala pembelajaran dialami oleh guru dan peserta didik. Respons yang diberikan peserta didik terdapat pembelajaran termasuk tanggapan positif dengan persentase 96,66%.

References

Anwar; Erwin Mahrus dan Sukino. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. AL-MUNAWWARAH: Jurnal Pendidikan Islam, 15 (1).

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. 2022. Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kurikulum Merdeka. 8. CP Bahasa Indonesia.pdf (kemdikbud.go.id).

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kemendikbudristek.

Bayumi, dkk. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Evi, dkk. 2023. Aplikasi Kurikulum Merdeka (Learning Loss Pembelajaran Kimia). Bandung: Media Sains Indonesia.

Gani, Abdul; Ribahan; Ulyan Nasri. 2023. Paradigma Diferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Konteks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam (eL-HiKMAH),17 (2).

Inka, dkk. 2023. Peningkatan Hasil Belajar dan Respon Peserta Didik terhadap Media Video Tutorial Penataan Rambut (Styling) di SMK IKIP Surabaya. E-Jurnal UNESA, 12 (2), 127-136.

Iskandar, Sofyan, dkk. 2023. Kurikulum Merdeka Pemulihan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (2), 4882-4890.

Jayanti, M. I, dkk. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Richard I. Arends dan Kilcher (Konsep, Strategi, dan Optimalisasi Potensi Belajar Siswa). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar el-Muhbib, 6 (2).

Khoirurrijal, dkk. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Khristiani, Heni, dkk. 2021. Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Kriswanto, M dan Nanang Bustanul Fauzi. 2023. Inovasi Diferensiasi Produk dengan Metode Alihwahana pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 6 (1), 43-52.

Koesoema, D dan Evy Anggraeny. 2021. Inspirasi Praktik Baik Pendidikan Karakter Berbasis Kelas dan Komunitas. Depok: PT Kanisius.

Marwati, Sri, dkk. 2023. Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di SD pada Kurikulum Merdeka. Pendas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 8 (3).

Mirzachaerulsyah, Edwin. 2023. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Sejarah (SMA Negeri di Pontianak). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (2), 1-6.

Mulyawati, Yuli; MS Zulela; Edwita. 2022. Differentiation Learning to Improve Students Potential in Elementary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6 (1), 68-78.

Mustika, Ika, dkk. 2023. Pemanfaatan Cyberlink PowerDirector dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Indonesia Language Education dan Literature (ILE&L), 8 (2), 333-346.

Nafisa, Meilina Durrotun dan Ruqqoyah Fitri. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6 (2).

Nurahman, Unu. 2022. Merdeka Belajar dan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kemendikbudristek.

Purba, Mariati, dkk. 2021. Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Fleksibel Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbudristek, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP.

Purwowidodo, Agus dan Muhammad Zaini. 2023. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarya: Penebar Media Pustaka.

Samin. 2023. Berpikir Kritis dengan Game Edukasi. Jawa Barat: CV Mega Press Nusantara.

Shihab, Najeela dan Komunitas Guru Belajar. 2021. Diferensiasi (Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan). Tanggerang Selatan: Penerbit Literati.

Sugiarti, Nurlinah dan Mulyono. 2022. Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Jurnal Bapala, 9 (9), 157-164.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Emi, dkk. 2023. Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Proses pada Perencanaan Pembelajaran PPKN. Education: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18 (1).

Tedy, dkk. 2022. Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: Media Sains Indonesia.

Tomlinson, Carol. A. 2014. The Differentiated Classroom (Responding to The Needs of All Learners) (2 nd Edition). ASCD: Alexandria.

Umami, Siti Riska dan Maryam Isnaini Damayanti. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Pemahaman di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD UNESA, 11 (10), 2130-2140.

Wendra, I Wayan. 2021. Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles