PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH DINDING SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS X DI SMA N 1 SERIRIT

Authors

  • Luh Sri Asih Jayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sang Ayu Putu Sriasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.76153

Keywords:

mading, puisi, eksperimen

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas X di SMA N 1 Seririt setelah menggunakan mading sebagai media publikasi serta menganalisis pengaruh yang diberikan oleh penggunaan mading sebagai media publikasi terhadap hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas X di SMA N 1 Seririt. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian post-test only design group. Hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas eksperimen (X2) menunjukkan mean sebesar 68.22, median sebesar 69.10, standar deviasi sebesar 8.751, varians sebesar 76.582, nilai minimum sebesar 55, serta nilai maximum sebesar 95. Perbandingan kedua rata-rata kelas menunjukkan adanya perbedaan sebesar 3,184 dengan nilai rata-rata siswa di kelas kontrol (X2) ialah 65,04 dan kelas eksperimen (X1) ialah 68,22. Perbedaan ini menunjukkan terdapat pengaruh yang diberikan melalui penerapan mading sebagai sarana publikasi hasil karya menulis puisi siswa.

References

Bursan, Ilham Zuhidayat. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba Kabupaten Bulukumba melalui Strategi Pembelajaran Sugestopedia. Jurnal Pena, 1 (1).

Cintya Nurika Irma, et. All. Integration of Social Media As a Source of Poetry Appreciation Learning Information for High School Students. ICHSS, 1 (1).

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Emeralda, Raisa Tiara, Edy Suryanto, & Ani Rakhmawati. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Audio Visual pada Siswa SMK. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3 (1). 74-86.

Kurniasih, Nia. 2021. Model Induktif dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Dharma Pertiwi Kab. Bandung Barat. Wistara Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 (2), 102-111.

Linda RM. Gurning. 2021.Penerapan Visual pada Instagram sebagai Media Daya Tarik Kaum Milenial terhadap Puisi. Magenta :Official Journal STMK Trisakti, 5 (01):748-767.

Mudlofir, Ali & Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Naufalia Aswan, Afina & Lutfhi Aulia, Nurul. 2019. Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Sosial Instagram sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Prosiding Sembasa: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Tiga Kementerian, “Penelitian Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya sebagai Upaya Pembinaan dan Pengembangan Bahasa”. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, 21 dan 22 November 2019.

Putri, Niza Nurdia ,& Siti Rukiyah. 2021. Keefektifan Media Wattpad dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Setia Darma Palembang. KREDO Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5 (1):381-394.

Putro Widyoko, S Eko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahayu,Sri. 2015. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar pada Siswa Menengah Pertama. Kajian Linguistik dan Sastra, 27 (2), 126-133.

Shaffer, Michael Lane. 2019. Impacting Student Motivation: Reasons for Not Eliminating Extracurricular Activities. Journal of Physical Education Recreation & Dance, 90(7). 8-14.

Somadana, Wayan. 2021. Implementasi Teknik Beriur Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11 (1).

Sriasih, Sang Ayu Putu, & Wisudariani, Ni Made Rai. 2024. Telaah Buku Teks. Denpasar:Pustaka Larasan.

Siti Hamsanah, Hamdah Fitriani, Dwi Hudhana, Winda & Erlangga Sanyoto, Dhipa. 2019. Efektifitas Media Sosial dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Tangerang, 9 (1).

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umroh, Tri Wahyuni Hidayatul. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi . Prosiding : Senada (Seminar Nasional Daring) Membangun Insan Cendekia di Era society 5.0 Melalui Inovasi Pembelajaran, 595-600

Wicaksono, Andri, M. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Grundhawaca.

Widarmanto, Tjajono. 2017. Pengantar Jurnalistik:Panduan Awal Penulis dan Jurnalis. Yogyakarta: Araska Publisher.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles