STRUKTUR DAN KEBAHASAAN KONTEN KANAL CLARIN HAYES SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI
STRUCTURE AND LANGUAGE OF CLARIN HAYES CHANNEL CONTENT AND ITS RELEVANCE TO LEARNING EXPOSITION TEXT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.77715Keywords:
struktur, kebahasaan, teks eksposisi, YouTubeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan kebahasaan dalam konten kanal Clarin Hayes, dan mendeskripsikan kesesuaian konten Clarin Hayes tentang pola hidup sehat sebagai bahan ajar teks eksposisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Analisis data dilakukan dengan teknik simak catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Konten Clarin Hayes menggunakan 3 struktur teks eksposisi yaitu, tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Konten Clarin Hayes menggunakan 7 kaidah kebahasaan teks eksposisi, terdapat kata teknis pada keempat konten Clarin Hayes, kata argumentasi, kata krnologis, dua kata kerja mental, tiga kata rujukan, tiga kata persuasif, dan empat kata denotatif dari keempat konten Clarin Hayes yang dianalisis. Konten kanal Clarin Hayes memiliki relevansi dengan pembelajaran teks eksposisi, konten tentang pola hidup sehat memiliki struktur dan syarat yang sesuai dengan pembelajaran teks eksposisi, semua struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi terdapat pada konten Clarin Hayes hanya saja bahasa yang digunakan nonbaku.
References
Aisyah, Siti, Evih Novianty dan Triyanto. 2020. Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indoensia. Jurnal Salaka. 2 (1, 62-65). Tersedia pada https://journal.unpak.ac.id/index.php/salaka/article/view/1838
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Anwar, Khoirul. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Metode Sugesti Imajinasi Siswa Kelas IV SD N 1 Sumbergede Kecamatan Sekampung. (Doctoral dissertation, IAIN Metro)
Arsyidin, Muh. (2019). Unit Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia : Teks Eksposisi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Bagio, Catur Ahmat. 2019. Relevansi Kompetensi Lulusan D3 Teknik Sipil Universitas Negeri Yogyakarta dengan Kebutuhan Industri Jasa Konstruksi. Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Grafindo Persada.
Harahap. Anri Ahmandi. 2021. Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X MAN 2 Padangsidimpuan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang.
Heriyanto, A. (2018). Pembelajaran Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi dengan Metode Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 6 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 120 - 138.. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.121
Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.
Khoirurrijal, dkk. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV.Litrasi Nusantara Abadi: Malang.
Kosasih, E. (2019). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud.
Lazulfa, Indana. 2019. Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi. Universitas Sebelas Maret.
Nabila. Segy Bintang. 2021. Pola Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII SMP Maya Seririt dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Nopriani, Henny dan Pebrianti, Ike Tri. 2019. Asyik Menulis Teks Eksposisi. Sleman: Deepublish.
Pratiwi, Brillianing dan Kusnindyah Puspito. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4 (2, 382-289). Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238
Rababani, Fiqhi Dzulfikar. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Isi dan Struktur Teks Eksposisi serta Menyajikan Gagasan ke dalam Teks Eksposisi (Artikel Ilmiah Populer) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. (Penelitian Tindak Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Al-Ma’sum Cikaro Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2020/2021). (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Riyan, Muhamad. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205-216.
Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (1), 111-127. Tersedia pada https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/999
Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: KENCANA.
Setiyaningsih. Ika. 2019. Mengenal Jenis-Jenis Teks. Yogyakarta: PT Penerbit Intan Pariwara.
Sukirman. 2020. Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9 (2), 72–81. Tersedia pada http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42
Syafrizal, Ali Sidiqin dan Sawaludin Siregar. 2020. Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Satria Nusantara Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17 (1), 35-41. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.259
Tarigan, Hery Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wendra, I Wayan. 2021. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah: Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi dan Artikel. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kezia Febryana Semaraputri, Ade Asih Susiari Tantri, Made Sri Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)