STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN CERITA RAKYAT PADA KANAL “KEJARCITA” SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI

STRUCTURE AND LANGUAGE RULES OF FOLK STORIES ON THE "KEJARCITA" CHANNEL AND THEIR RELEVANCE TO LEARNING TO WRITE FANTASY STORY TEXTS

Authors

  • Ni Nyoman Diaz Tripramesti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Sri Indriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ade Asih Susiari Tantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.78089

Keywords:

cerita fantasi, cerita rakyat, kaidah kebahasaan, struktur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan cerita rakyat yang terdapat pada kanal YouTube “Kejarcita” serta relevansinya terhadap pembelajaran menulis teks cerita fantasi di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah cerita rakyat yang terdapat pada kanal YouTube “Kejarcita” sedangkan objek dalam penelitian ini adalah struktur dan kaidah kebahasaan cerita rakyat. Data dikumpulkan menggunakan metode simak catat dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi struktur, cerita rakyat yang diunggah pada kanal YouTube “Kejarcita” telah mengandung struktur berupa orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Kemudian, dari segi kebahasaan telah mengandung kaidah kebahasaan berupa kata urutan waktu, kata kerja, kata sifat, kata sandang, sudut pandang tokoh ketiga, dan dialog. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar keterampilan menulis teks cerita fantasi di SMP.

References

Dewi, Kadek Siska Yulia. 2023. Analisis Siniar “Dongeng Anak Masa Kini” sebagai Materi Ajar dalam Pembelajaran Cerita Fantasi di SMP Kelas VII. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Fadila, A. 2020. Struktur dan Nilai-Nilai Cerita Rakyat Kabupaten Cirebon dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di SMA. Jurnal Tuturan, 9 (1), 40-45.

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Harsiati. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indriani, Made Sri. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Cerita. Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya. 14 (02), 56-64.

Jauhari, Heri. 2018. Folklor Bahan Kajian Ilmu Budaya, Sastra, dan Sejarah. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih & E. Kurniawan. 2018. Jenis-jenis Teks, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Laila, Nur Alfiah & Nini Ibrahim. 2021. Stuktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 11 (4), 395-402.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Mahsun. 2013. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ma’uusara, Siti. 2020. Penggunaan Media YouTube pada Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Meliana, Dinda. 2022. Struktur dan Kaidah Kebahasaan Opini Pada Media Massa Online Jawapos.com serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Menulis Teks Editorial. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Nindiyani. 2019. Analisis, Bentuk, Fungsi, Makna, dan Nilai Cerita Rakyat Usman Berkat pada Masyarakat Blagar Kabupaten Alor (Kajian Linguistik Kebudayaan). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,, 1 (2), 74-86.

Niranjani, Ni Ketut Suliavitri. 2022. Analisis Kanal “Dongeng Kita” sebagai Bahan Materi Teks Cerita Fabel Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Singaraja: Undiksha.

Sadikin, Asep Ganda. 2016. Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Saputra, Mochammad Ronaldy Aji. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal IKA Undiksha, 11 (1).

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2 (2), 103-114.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

Wahyuddin, W. 2016. Kemampuan Menentukan Isi Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha. Jurnal Bastra, 1 (01), 1-21.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles