PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA
APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING MODEL USING CANVA MEDIA TO IMPROVE DRAMA TEXT WRITING SKILLS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.78851Keywords:
keterampilan menulis, model project based learning, teks dramaAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model project based learning, peningkatan hasil belajar siswa, dan respons siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng terhadap penerapan model project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama di kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, tes, dan angket/kuisioner. Temuan penelitian menunjukkan penerapan model project based learning berhasil dilaksanakan mulai dari penentuan proyek, penentuan jadwal penyelesaian, memonitorimg siswa, presentasi proyek serta evaluasi, hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks drama mengalami peningkatan rata-rata ketuntasan siswa pada saat observasi awal sebesar 63. Pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata sebesar 71,02 dengan kategori kurang positif dan meningkat pada siklus II pemerolehan skor rata-rata sebesar 82,2 dengan kategori positif.
References
Annisa. 2023. Pembelajaran Berbasis Projek Konsep, Teori, dan Implementasi dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Bandung: Yrama Widya.
Aqib, Zainal & Rasidi, Mohammad Hasan. 2019. “Metodologi Penelitian Pendidikan”. Yogyakarta: Andi.
Bistari, Aunurrahman, Sulistyarini, Sutarman, Gafur, Sri Maryuni, Henny Herawati, Rusdiono, Asriah Nurdhini, dan Hilda Anwar. 2021. Buku Pedoman Metode Berbasis Proyek. Universitas Tanjungpura.
Dewi, Suryani. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Tindakan Kelas, 3(2),183-185. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177
Febrianika, Dea Vista, Handayani, Trikinasih, Partini, Dewi. 2022. Penerapan Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IVA SDN 187//II Kuning Gading. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 3 (2), 119-124. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1456
Hadiansah, Deni, Pringgandinie, Desty Rara, Rabiussani, Ayunin, Yun Qurota. 2021. Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Drama pada Siswa Mts Al Qomariyah Garut. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 746-753. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JIPG/article/download/12736/5212/29487&ved=2ahUKEwiki_qZruWJAxVD1jgGHatMOzcQFnoECBQQAQ&usg=AOvVaw2sKPLJypsk5WUDqIZuCaIm
Izwar & Kristanti Dian. 2020. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Artike Ilmiah dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam MBKM. Jurnal Bionatural, 10 (1), 31-41. https://doi.org/10.61290/bio.v10i1.179
Karlina, Hani. 2017. Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, (1) (1), 28-35. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v1i1.82
Kemendikbud Ristek, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (Anindhito Aditomo). 2022. “Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka” SK BSKAP 008/H/KR/2022 Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka (paud.id) 8. CP Bahasa Indonesia.pdf (kemdikbud.go.id)
Mardatilla, Annisa, Putri, Hadiyah, Nadia, Tanjung, Nur Khalizah, Ungu, Embun Sakara. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 22(9), 99-103. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5447
Marini, Sulha, Hartati, Mesterianti. 2020. Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 1-4. https://jurnal.fpbs.ikippgriptk.ac.id/index.php/eduindo/article/view/43
Maulana, Nanang. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Kelas XI Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengkajian, 9 (1), 111-120. https://www.academia.edu/attachments/107275012/download_file?st=MTczMTkwOTk4MywxNzUuMTExLjk2LjI1MQ%3D%3D&s=profile
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6 (2), 149-150. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Rahmatullah, Inara&Ampa, Andi Tenri. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-319.
Rusydiana, Mayu, Nuriman, Wardoyo, Arik Aguk. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Universitas Jember, 5 (1), 13-15.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/download/10969/5658/44461
Simamora, Sri Arliyanti, Cahyani, Isah, Kurniawan, Khaerudin. Model Project Based Learning Berbantuan Media Sosial Instagram Reels dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (10) (2), 115-134. https://doi.org/10.33603/deiksis.v10i2.115134
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021. https://palcomtech.ac.id/resensi-buku-metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd/
Supini, Pipin, Sudrajat, Rochmat Tri, Isnaini, Heri. 2021. Pembelajaran Menulis Teks Drama dengan Menggunakan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (1), 16-18.
Tansliova, Lili. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Pembelajaran Daring di SMA Swasta Erlangga. Jurnal Cakrwala Linguista, 4 (1), 22-40. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/Cling/article/view/2422
Wendra, I Wayan. 2021. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Skripsi dan Artikel). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Widodo, Wahyu Agung, Lestari, Sri, Wahyuni, Sri. 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Menggunakan Project Based Learning dengan Media Cerpen dalam Pembelajaran Drama Kelas VIII SMPN 3 Rejoso. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, V (21) (3), 976-989. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/5687/3765
Wulandari, N, Koeswanti, Wulandari, Novita, Giarti, Sri. 2019. Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia (4) (1), 19-21. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/947
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rossa Regita Aprilia, I Made Sutama, Sang Ayu Putu Sriasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)