ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN CERPEN TAK ADA ASU DI ANTARA KITA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

ANALYSIS OF LANGUAGE STYLE IN THE SHORT STORY COLLECTION TAK ADA ASU DI ANTARA KITA AND ITS RELEVANCE TO INDONESIAN LANGUAGE LEARNING

Authors

  • Ibnu Maulana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sri Indriani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.78875

Keywords:

cerpen, gaya bahasa, relevansi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis gaya bahasa dalam kumpulan Cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita, mendeskripsikan relevansi kumpulan Cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori, gaya bahasa, cerpen dan relevansi pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka yaitu dengan membaca keseluruhan teks kumpulan cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita karya Joko Pinurbo. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data menggunakan perangkat bantu yaitu kartu data yang digunakan untuk mengelompokkan gaya bahasa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari 15 cerpen yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat 76 data yang ditemukan dalam kumpulan cerpen Tak Ada Asu di Antara Kita karya Joko Pirnubo diperoleh tiga data jenis gaya bahasa yaitu gaya bahasa perbandingan 43 data, pertentangan 25 data dan perulangan 8 data. Hasil penelitian ini memiliki relevansi dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA yaitu pada kelas XI dengan TP  1 Mencari inspirasi untuk puisi dari karya sastra prosa, yakni cerpen, berdiskusi mengenai tema dan pesan yang merupakan dua dari empat struktur batin puisi, berdiskusi mengenai inspirasi untuk menggubah puisi dengan mentransformasikan cerpen melalui tema dan pesan yang terkandung di dalamnya. TP 2 Membaca sebuah puisi untuk memahami unsur-unsur puisi dan mengenal puisi yang ditulis berdasarkan cerpen.

References

Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Aprilia, Yashinta, Intan, dkk. (2022). Gaya Bahasa Metafora dalam Pemberitaan Pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. 12. (2).

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Alib. dkk. (2023). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Tak Semanis Senyummu Karya Sirojuth. Jurnal Bahasa dan Sastra. 10(1). 11-19.

Darmawan, Rico Adi. Gaya Bahasa pada Novel Manusia Setengah Salmon Karya Raditiya Dika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. (2022).

Erni. Analisis Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari (Suatu Tinjauan Stilistika). Diss. Universitas Negeri Makassar, 2018.

Fitri. (2020). Gaya Bahasa Retoris dalam Novel Aruna dan Lidahnya Karya Laksmi Pemuntjak. Jurnal Cakrawala Linguista. 3(2). 98-102.

Hasanah, D.H. dkk. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(1). 13-26.

Hutabarat, Amelia. dkk. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Novel “Pergi” Karya Tere Liye. Asas: Jurnal Sastra. 9(2). 81-91

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa: Komposisi Lanjutan I. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khusnin, Mukhamad. "Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya terhadap Pengajaran Sastra di SMA." Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2014).

Lubis, Mina Syanti. ( 2017). Analisis Gaya Bahasa Retoris dalam Pidato Bung Karno. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan. 6(3). 16-21.

Lutfiyah, Aeni. Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu dalam Album Lelaku Karya Fourtwnty dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia di SMA. Diss. Universitas Pancasakti Tegal, 2019.

Nababan, V. D., Diman, P., & Cuesdeyeni, P. (2021). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1).

Nadjua, A.S. (2002). Buku Pintar Puisi dan Pantun Dilengkapi dengan Tekhnik dan Cara Pembuatan. Surabaya: Triana Media.

Nurgiyantoro Pulungan, Rosmilan. 2017. Analisis Struktur dan Tekstur Cerpen Bensin di Kepala Bapak Karya Muhammad Subhan Majalah Horison Edisi Februari 2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 2 No. 2. Hal 32-44.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pamungkas, Sri. (2012). Bahasa Indonesia dan Perspektif. Yogyakarta: Andi.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2017. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press.

Puspitasari, Ika. "Analisis Gaya Bahasa pada Novel Perempuan Bayangan Karya Netty Virgiantini Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA." Edutama (2021).

Rahayu, Alfi Karisma, Elen Inderasi. “Analisis Penggunaan Gaya Bahasa dalam Novel Aroma Karsa karya Dewi Lestari dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah”. Diss. IAIN Surakarta, 2019.

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santuso, NFN dan Akhmad Sofyan. (2022). Bentuk dan Fungsi Gaya Bahasa pada Poster Dakwah karya Muslim Designer Community di Facebook. Jurnal Lingue: Bahasa, Budaya, dan Sastra. 4(2). 191- 209

Setiaji, Muhammad Zulqi, Fathia Rosyida, dan Abdul Ghoni Asror. "Analisis Gaya Bahasa dalam Novel Getir Karya Boy Candra dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA." Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 1.1 (2022): 169-175.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeti.

Syamsuddin. 2014. "Peran Komite Sekolah Terhadap Penerapan Kurikulum." Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7 No.1.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tinambunan, Stevanus, dkk. (2022). Analisis Gaya Bahasaa pada Kumpulan Puisi Chairil Anwar. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Basasasindo. 2(1).

Umami, Imam Mahdil. 2009. Analisis Wacana Penggunaan Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu-lagu Ungu: Kajian Stilistika. Jurnal Dinamika Bahasa & Budaya. 201-217.

Widyatnyana, K. N. 2020. “Struktur dan Kebahasaan Berita Feature Kompas”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Undiksha Singaraja.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles