PEMANFAATAN LKS BERMUATAN MATERI CERITA RAKYAT, BUDAYA, DAN WISATA SUMENEP SEBAGAI BAHAN AJAR BIPA
UTILIZATION OF LKS CONTAINING MATERIAL ON FOLK STORIES, CULTURE, AND SUMENEP TOURISM AS BIPA TEACHING MATERIALS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.79516Keywords:
BIPA, budaya, cerita rakyat, LKS, wisataAbstract
Penelitian pemanfaatan lembar kerja mahasiswa BIPA dilatar belakangi hasil wawancara analisis masalah dan kebutuhan kepada pengajar dan pembelajar. Adapun berdasarkan hasil wawancara dengan pengajar BIPA UNESA, terindetifikasi beberapa masalah diantaranya, kurangnya contoh teks untuk mahasiswa BIPA dan penyajian materi dan soal yang kurag beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan LKS bermuatan materi cerita rakyat, budaya, dan wisata untuk mahasiswa BIPA. Pengembangan produk LKS menggunakan pendekatan R&D dengan model analyze, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Mahasiswa BIPA adalah warga asing yang biasanya menyukai aktivitas wisata. Adapun budaya dan cerita rakyat merupakan unsur yang perlu ada dalam materi karena dapat memberikan kontribusi signifikan dalam membantu pemelajar asing memahami dan mengapresiasi budaya Indonesia dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia.. Berdasarkan hasil impelentasi dan evaluasi yang dilakukan, produk LKS memiliki kemenarikan dan kebermanfaatan serta dapat diaplikasikan pada kelas pembelajaran BIPA. Manfaat penelitian ini adalah mempermudah pengajar dan pemelajar pada proses pembelajaran BIPA melalui LKS yang meliputi kompetensi menyimak, membaca, berbicara dan menulis.
References
Abram, Marissa D. Mancini, Karen T., Parker, R. David. (2020). Methods to Integrate Natural Language Processing Into Qualitative Research. International Jurnal of qualitative Methods, 19, 1-6.
Agustina, Rini. (2013). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tesis. Rini%20Agustina-S841108021.pdf. 1-123.
Amandangi, Dewi P., Yeti Mulyati., Yulianeta. (2020). Cerita Rakyat Sebagai Bahan Pengayaan Literasi Budaya Bagi Pemelajar BIPA Tingkat Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20 (2), 157-166.
Branch, R. (2015). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science Business Media.
Cahyadi, Rahmat Arofah H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa, 3(1), 35-42.
Dadela, Rae., Deanty RB., Dani Hermawan. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Bahan Ajar Berbicara Bagi Pembelajar BIPA. Deiksis, 8(1), 61-76.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dewi, P., Khaerunnisa. (2021). Pemanfaatan Media Papan Cerita Rakyat Dalam Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA Level 6. Matapena, 4(2), 193-201.
Djokowidodo, Agustins., Kristhoporus, D.A.Y. (2024). Pemanfaatan Objek Wisata Lawang Sewu sebagai Media Pembelajaran BIPA. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1836-1843.
Gultom, Nanda. Yeti, Mulyati. (2023). Cerita Rakyat Asia Tenggara: Kajian Komparatif Sebagai Alternatif Bahan Ajar BIPA. Onomo, 9(2). 1090-1098.
Hakim, Caesar A., Muzaki, Helmi. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Alternatif Pembelajaran BIPA Daring. Estetika, 4(1), 15-29.
Januszewski, A., Molenda, M. (2008). Technology a Definition With Comentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates
Juhari, Imam Bonjol. 2016. Ekonomi dan Prestise dalam Budaya Kerapan Sapi di Madura. Karsa. 24(2), 186-204.
Junaidi, F., R. Andhira., E, Mustopa. (2017). Implementasi Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya Sebagai Strategi Menghadapi MEA. Unisula, 1(1), 317-324.
Kusmiatun, Ari. (2021). Pariwisata Dalam Bingkai Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Seminar Nasional Potensi Budaya Bahasa Sastra dan Pembelajarannya untuk Pengembangan Pariwisata dan Industri Kreatif.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata
Mayrita, Hastari. (2017). Rancangan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Penutur Asing Pemula Kompetensi Menulis Berbasis Word Square. Seminar Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan. Balai Bahasa Sumatera Selatan.
Melinda, Sindi., Helmi Muzaki. (2023). Cerita Rakyat Sebagai Upaya Pengenalan Bahasa dan Budaya Indonesia Dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Ilmiah Semantika, 5(1). 1-8.
Muzaki, Helmi. 2021. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Semantika, 2(1). 1-9.
Ningrum, Rifqia Kartika., dkk. (2017). BIPA Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. Procedding. Unissula.
Pramithasari, Afrinar. (2019). Pengembangan Materi Ajar BIPA Bermuatan Kearifan Budaya Lokal Pekalongan. Proceeding 1st National Seminar of PBI. 252-Article%20Text-376-1-10-20191101.pdf.
Putri, Nike Aditya., Toomi Yuniawan. (2017). Pengembangan Kamus Bergambar Berwawasan Cinta Indonesia Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajran Bagi Mahasiswa Penutur Asing. Lingua. XIII(1), 60-67.
Raharja, CS., Reza PY. (2023). Diplomasi Budaya Indonesia Melalui Program BIPA. Pena Wimaya, 3(2), 1-26.
Rinasari, ER., dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Rakyat Bahasa Indonesia Berbasis Canva Melalui Model Addie SMP Surabaya Grammar School. EDUKASIA, 4(2), 1639-1646.
Ristiyanti., Eko Widianto. (2019). Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal di Universitas Muria Kudus. Seminar Nasional Pascasarjana 2019. Dipublikasikan Universitas Negeri Semarang.
Rochaeni., Khaerunnisa. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat Madya B2 Berbasis Budaya Banten. Prosiding SAMASTA.
Romadhon, Siddik., Suttrisno. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Budaya Literasi Melalui Cerita Rakyat dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurmia, 1(1), 81-88.
Septianasari, L., Triyanto, T. (2021). Pelatihan Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA) Melalui Platform Daring. JMM, 5(2), 345-353.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumayana, Y. 2017. Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimb Sekolah Dasar, 4(1), 21-28.
Susilowati, Anis., Karina, Wanda., Suci, PS. (2024). Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua di Sekolah Anuban Ob-Om School Thailand. Jurnal Universitas Pahlawan, 7(2), 3279-3284.
Syamsiah. (2018). Kearifan Lokal yang Tercermin dalam Cerita Rakyat Masyarakat Melayu Kapuas Hulu. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Tampubolon, Grace Y., Ibnu Zulian. (2024). Kerjasama Unesco dan Indonesia dalam Pembangunan Wisata Danau Toba Melalui Program Global Geopark. Action Research Literate, 8(3), 378-385.
Wiyani, N. (2014). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yuniatin, Anik., Asteria, PV. (2022). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Madya Berbasis Kompetensi Pluringual dan Plurikultural Terintegrasi Kerifan Lokal. Bapala, 9(2), 142-15
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Widadatus Sa'adah, Suyatno, Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)