PENGGUNAAN YOUTUBE CHANNEL “IDETRIK” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR
USING THE YOUTUBE CHANNEL “IDETRIK” TO IMPROVE THE ABILITY TO WRITING PROCEDURE TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.84897Keywords:
idetrik, kemampuan menulis, teks prosedur, youtubeAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengkaji penggunaan media Youtube untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur, siswa di kelas IX. F SMP Negeri 3 Singaraja dan mengetahui respons siswa terhadap penerapan Youtube Channel “Idetrik” dalam pembelajaran teks prosedur. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu bahasa Indonesia dan siswa kelas IX. F SMP Negeri 3 Singaraja. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan dan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,5 (cukup) lalu terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86,1 (baik). Terjadi peningkatan sebesar 12,6%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 18,4 (positif) dan pada siklus II sebesar 25,5 (sangat positif). Secara umum, respons siswa terhadap penggunaan Youtube Channel “Idetrik” tergolong positif.
References
Agustin, P. H., & Indihati, D. 2020. Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83-92.
Anisa, Br.G., 2022. Penggunaaan Youtube Channel ”Dapur Kadeena” Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII-A SMP Katolik Santo Paulus Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha Repository. https://repo.undiksha.ac.id/14142/
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat disertasi Aplikasi SPSS. Universitas Pendidikan Ganesha: Unit Penerbit Universitas Pendidikan Ganesha.
Darmayanti, I.A.M., 2018. Pemanfaatan Media Youtube Berita Pendidikan dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak. Menggali Pengalaman Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Prosiding Seminar Nasional V Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/. (5), 234- 239.
Ibda, Hamidulloh. 2020. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa (Dilengkapi Caturtunggal Keterampilan Berbahasa). Semarang: Pilar Nusantara.
Jumiatik, Jumiatik.. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, (18)2
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan).
Kemendikbud. 2014. Ekspresi diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Oktavia,N.,& Rahmawati. 2021. Meningkatkan Kompetensi Menulis Teks Prosedur melalui Pemanfaatan Video Youtube pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paedagogie, (16)1, 15-20
Sandora,Ika. & Puspita,Yenny. 2023.Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Pada Materi Menulis Puisi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Babat Supat.Indonesian Journal of Innovation Multidispliner Research. 1(1), 52-62
Sembiring, H. B. 2022. Penggunaan Youtube “Trans Food Channel” untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII 3 SMP Swasta Masehi Berastagi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sholehah, M.A. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII SMP Negeri 3 89 Bontonompo”.Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Simatupang, Y.J. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191-206
Sudjana, Rivai. 2013. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru.
Sugihartini, Putu. 2022. Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Audiovisual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(4), 428-432
Retno, R.. 2017. Pengaruh Media Audio Visual Youtube Tutorial Hijab Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur oleh Siswa Kelas X SMK PAB Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trimia, D., 2023. Pengaruh Model SAVI Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, (8)1.
Wendra, I.W., 2021. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Undiksha.
Zulita, E., 2021. “Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kaur”. (Doctoral Dissertation, Uin Fas Bengkulu).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Putri Cahyani, Ida Ayu Made Darmayanti, I Gede Nurjaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)