ANALISIS STRUKTUR CERITA FANTASI DALAM KANAL “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF” DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI
ANALYSIS OF FANTASY STORY STRUCTURE IN THE “RIRI INTERACTIVE CHILDREN’S STORY” CHANNEL AND ITS RELEVANCE TO LEARNING TO WRITE FANTASY STORY TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.85688Keywords:
cerita fantasi, kanal riri cerita anak interaktif, strukturAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai struktur cerita fantasi yang terdapat dalam kanal YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif” dan relevansinya dengan pembelajaran menulis teks cerita fantasi di SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah cerita fantasi yang terdapat dalam kanal YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif” sedangkan objek dalam penelitian ini adalah struktur. Data dikumpulkan menggunakan metode simak catat, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh data, yaitu dari segi struktur, cerita fantasi yang diunggah pada kanal YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif” telah mengandung struktur berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar keterampilan menulis teks cerita fantasi
References
Adam, A. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5027
Arifin. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kendari Kota Kendari Improving the Ability to Write Fantasy Story Texts with the Discovery Learning Model for Class VII C. 2, 176–185.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Fitri, A., Supadmi, T., & Hartati, T. 2021. Penyutradaraan Pertunjukan Teater Kolaborasi “Suatu Ketika di Bandar Lamuri.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(3), 131–139. http://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/view/22577
Hendrawati. 2017. Pengaruh Penggunaan Video Animasi Cerita Rakyat terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Karya Fiksi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 11 Kota Jambi. Jurnal Akuntansi, 11, 1–8.
Hermanudin, H. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Core dan Kendalanya pada Materi Teks Cerita Fabel. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 25. https://doi.org/10.30659/j.7.1.25-37
Indriani, M. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Anak “Malin Kundang.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3(2), 91. https://doi.org/10.23887/jppsh.v3i2.21273
Irma, Ana, H., & Yunus. 2019. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra) : http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA. Jurnal Bastra, 4(2), 268–283.
Laila, N. A., & Ibrahim, N. (2021). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 395. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.37179
Ley 25.632. (2002). Analisis Makna Konotatif pada Kumpulan Puisi Ketika Cinta Bicarakarya Kahlil Gibran. 2(1).
Magdalena, I., Safitri, D., & Adinda, A. P. 2021. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Mi. Roudhotul Jannah Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 386–395. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Niranjanii, N. K. S., Wisudarianiii, N. M. R., & Nurjayaiii, I. G. (2022). Analisis Kanal Dongeng Kita sebagai Bahan Materi Teks Cerita Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Stilistika, 10(2), 334–345.
Novita, E., & Nursaid, N. 2020. Struktur, Unsur, dan Tipe Teks dalam Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(3), 55. https://doi.org/10.24036/110720-019883
Nyoman Diaz Tripramesti, N., Asih, A., & Tantri, S. (2024). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat Pada Kanal “Kejarcita” Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tersedia secara online https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS. 14(1), 35–43. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.78089
Putri, F. R., Thahar, H. E., & Arief, E. 2018. Struktur dan Kebahasaan Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 25–32. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9538
Siska, K., Dewi, Y., Ayu, S., Sriasih, P., & Wendra, W. (2023). Analisis Siniar “Dongeng Anak Masa Kini” Sebagai Media Ajar dalam Pembelajaran Cerita Fantasi di SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tersedia secara online https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS. 13, 116–132. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.68740
Sumiyati, S., Meilani, W., & Siagian, I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Fantasi di Kelas VII B SMPN 276 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2082–2091. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.399
Syahdini, Siti., & Endah, Imawati. (2017). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Metode Pembelajaran Diskusi pada Materi Mengidentifikasi Teks Cerita Fantasi. 1(2), 59–63.
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 terhadap Pendidikan di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Titin Tutu Sari, C., Bistari, B., & Halidjah, S. (2023). Kelayakan Video Pembelajaran Berbasis Platform Youtube pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak Kota. Journal on Education, 6(1), 3671–3679. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3465
Ummah, M. S. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Usman, N. (2019). Analisis, Bentuk, Fungsi, Makna dan Nilai Cerita Rakyat Usman Berkat pada Masyarakat Blagar Kabupate Alor (Kajian Linguistik Kebudayaan). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kupang, 1(2), 74–86.
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561
Zaim, M. (2018). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: UNP Press Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Made Novia Cahyani, I Gede Nurjaya, I Nyoman Sudiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)