ANALISIS STRUKTUR CERITA FANTASI DALAM KANAL “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF” DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI

ANALYSIS OF FANTASY STORY STRUCTURE IN THE “RIRI INTERACTIVE CHILDREN’S STORY” CHANNEL AND ITS RELEVANCE TO LEARNING TO WRITE FANTASY STORY TEXTS

Authors

  • Made Novia Cahyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Nurjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.85688

Keywords:

cerita fantasi, kanal riri cerita anak interaktif, struktur

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai struktur cerita fantasi yang terdapat dalam kanal YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif” dan relevansinya dengan pembelajaran menulis teks cerita fantasi di SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah cerita fantasi yang terdapat dalam kanal YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif” sedangkan objek dalam penelitian ini adalah struktur. Data dikumpulkan menggunakan metode simak catat,  dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh data, yaitu dari segi struktur, cerita fantasi yang diunggah pada kanal YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif” telah mengandung struktur berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar keterampilan menulis teks cerita fantasi

References

Adam, A. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5027

Arifin. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kendari Kota Kendari Improving the Ability to Write Fantasy Story Texts with the Discovery Learning Model for Class VII C. 2, 176–185.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fitri, A., Supadmi, T., & Hartati, T. 2021. Penyutradaraan Pertunjukan Teater Kolaborasi “Suatu Ketika di Bandar Lamuri.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(3), 131–139. http://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/view/22577

Hendrawati. 2017. Pengaruh Penggunaan Video Animasi Cerita Rakyat terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Karya Fiksi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 11 Kota Jambi. Jurnal Akuntansi, 11, 1–8.

Hermanudin, H. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Core dan Kendalanya pada Materi Teks Cerita Fabel. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 25. https://doi.org/10.30659/j.7.1.25-37

Indriani, M. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Anak “Malin Kundang.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3(2), 91. https://doi.org/10.23887/jppsh.v3i2.21273

Irma, Ana, H., & Yunus. 2019. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra) : http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA. Jurnal Bastra, 4(2), 268–283.

Laila, N. A., & Ibrahim, N. (2021). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 395. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.37179

Ley 25.632. (2002). Analisis Makna Konotatif pada Kumpulan Puisi Ketika Cinta Bicarakarya Kahlil Gibran. 2(1).

Magdalena, I., Safitri, D., & Adinda, A. P. 2021. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Mi. Roudhotul Jannah Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 386–395. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Niranjanii, N. K. S., Wisudarianiii, N. M. R., & Nurjayaiii, I. G. (2022). Analisis Kanal Dongeng Kita sebagai Bahan Materi Teks Cerita Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Stilistika, 10(2), 334–345.

Novita, E., & Nursaid, N. 2020. Struktur, Unsur, dan Tipe Teks dalam Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(3), 55. https://doi.org/10.24036/110720-019883

Nyoman Diaz Tripramesti, N., Asih, A., & Tantri, S. (2024). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat Pada Kanal “Kejarcita” Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tersedia secara online https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS. 14(1), 35–43. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.78089

Putri, F. R., Thahar, H. E., & Arief, E. 2018. Struktur dan Kebahasaan Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 25–32. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9538

Siska, K., Dewi, Y., Ayu, S., Sriasih, P., & Wendra, W. (2023). Analisis Siniar “Dongeng Anak Masa Kini” Sebagai Media Ajar dalam Pembelajaran Cerita Fantasi di SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tersedia secara online https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS. 13, 116–132. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.68740

Sumiyati, S., Meilani, W., & Siagian, I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Fantasi di Kelas VII B SMPN 276 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2082–2091. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.399

Syahdini, Siti., & Endah, Imawati. (2017). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Metode Pembelajaran Diskusi pada Materi Mengidentifikasi Teks Cerita Fantasi. 1(2), 59–63.

Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 terhadap Pendidikan di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492

Titin Tutu Sari, C., Bistari, B., & Halidjah, S. (2023). Kelayakan Video Pembelajaran Berbasis Platform Youtube pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak Kota. Journal on Education, 6(1), 3671–3679. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3465

Ummah, M. S. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Usman, N. (2019). Analisis, Bentuk, Fungsi, Makna dan Nilai Cerita Rakyat Usman Berkat pada Masyarakat Blagar Kabupate Alor (Kajian Linguistik Kebudayaan). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kupang, 1(2), 74–86.

Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561

Zaim, M. (2018). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: UNP Press Padang.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles