PENILAIAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

ASSESSMENT OF WRITING DESCRIPTIVE TEXTS IN THE IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM

Authors

  • Ni Putu Cahya Adelia Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i2.86341

Keywords:

kurikulum merdeka, penilaian menulis, teks deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan penilaian menulis teks deskripsi dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja, pelaksanaan penilaian menulis teks deskripsi dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singara, dan kendala yang dialami guru pada penilaian menulis teks deskripsi dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Singaraja, sedangkan objeknya adalah penilaian menulis teks deskripsi dalam Penerepan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru dalam perencanaan penilaian menulis sudah sesuai, tapi dalam penyusunan tidak memperhatikan karakteristik siswa, guru dalam pelaksanaan penilaian belum maksimal, karena kurangnya kemampuan alokasi waktu dan pemberian balikan yang tidak menyeluruh, dan kendala guru, yaitu kurangnya kemampuan menyusun rubrik penilaian, kurangnya waktu mengoreksi tulisan siswa yang cukup banyak, serta kemampuan menulis siswa yang berbeda-beda.

References

Adnyana, IKS. 2023. “Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 11(2), 343-359.

Anggraena, Yogi, dkk. 2022. “Panduan Pembelajaran dan Asesmen”. Terdapat pada: https://kurikulum,kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajaran-dan-Asesmen.pdf (diakses tanggal 10 Agustus 2024).

Aprianti, K. W. 2020. “Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi pada Kurikulum 2013 di Kelas X SMA Negeri 1 Sukasada”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Aprilia, P. I. G. 2021. “Teknik Penilaian Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Rakyat pada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 2 Seririt”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. 2023. “Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar”. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. 2022. “Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar”. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50.

Budiono, A. N., & Hatip, M. 2023. “Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka”. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109-123.

Darmawati, Uti. 2015. “Ragam Teks Pengetahuan dan Penerapan”. Klaten: PT Intan Perwira.

Fatmawati, F., Yahya, F., & Sentaya, I. M. 2023. “Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Diagnostik, Formatif, dan Sumatif Berbantuan TIK untuk Guru-Guru Pasraman Widya Dharma Sumbawa”. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 6(3), 154-161.

Hakim, I.A., dkk. 2023. “Penerapan Asesmen Unjuk Kerja dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023”. Sasando, 6(1).

Herty, F. P. 2021. “Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI UPW B di SMK Negeri 1 Singaraja”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Labudasari, Erna, dkk. 2023. “Kurikulum Merdeka Teori dan Praktik di Sekolah”. Bandung: Indonesia Emas Group.

Lubis, M. S. 2018. “Metodologi Penelitian”. Yogyakarta: Deepublish.

Maulida, Utami. 2022. ”Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka”. Tarbawi,5(2), 130-138.

Nasution, S. W. 2022. “Asesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar”. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.

Nugraha, T. S. 2022. “Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran”. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262.

Nurhayati, N. 2020. “Sebuah Pengantar Matakuliah Telaah Kurikulum di Perguruan Tinggi Agama Islam”. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Ramadhanti, D. & Diyan P.Y. 2022. “Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif”. Yogyakarta: Deepublish.

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. 2021. “Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103.

Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wardana, M. A. W. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 2 Batang”. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 22(2), 123-136.

Salamah, I.S., dkk. 2024. “Analisis Penerepan Standar Penilaian pada Sekolah Penyelenggara Kurikulum Merdeka”. Dirasah, 7(1), 230-240.

Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. 2023. “Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka”. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 146-151.

Setyaningsih, Ika. 2019. “Mengenal Jenis-Jenis Teks”. Yogyakarta: PT Penerbit Intan Perwira.

Sitorius, H.J.C., dkk. 2023. “Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Materi Menulis Teks Deskripsi di SMP Labschool UPI”.Asas: Jurnal Sastra,12(1), 200-210.

Sholiha, Rohmatus, & Rizal, M.S. “Pelaksanaan dan Hambatan Evaluasi Formatif dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi di SMK PGRI 3 Malang”. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 192-209.

Suardi, M. 2018. “Belajar dan Pembelajaran”. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alvabeta.

Sulastini, Rita, dkk. 2023. “Manajemen Kurikulum Berbasis Penilaian Berdasarkan Kurikulum Merdeka Berbagi”. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Suryaningsih, K. 2023. “Kendala Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Teks Deskripsi”. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 3(3), 626-631.

Sutama, I. M. 2016. “Pembelajaran Menulis”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, A. M. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta: Kencana.

Yusuf, A. M. 2015. “Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan”. Jakarta: Kencana.

Zalukhu, V. M., Sutama, I. M., & Tantri, A. A. S. 2023. “Pembelajaran Teks Deskripsi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Singaraja”. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 3(3), 537-544.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles