STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS OPINI PADA MEDIA MASSA ONLINE BALIPOST.COM SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL DALAM BAHASA INDONESIA
STRUCTURE AND LANGUAGE OF OPINION TEXTS IN ONLINE MASS MEDIA BALIPOST.COM AND ITS RELEVANCE TO LEARNING TO WRITE EDITORIAL TEXTS IN INDONESIAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.87472Keywords:
opini, editorial, media massa online Balipost.comAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan struktur dan kebahasaan teks opini pada media massa online Balipost.com, serta mengkaji relevansi teks opini pada media massa online Balipost.com terhadap pembelajaran menulis teks editorial kelas XII kurikulum 2013. Rancangan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini, yaitu rubrik opini pada media massa online Balipost.com edisi September 2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data dibagi ke dalam tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan opini Balipost.com mengandung keseluruhan struktur teks yaitu judul, pengenalan isu, argumentasi, dan penegasan ulang. Kaidah kebahasaan opini Balipost.com yaitu adanya penggunaan adverbia frekuentatif, penggunaan konjungsi seperti konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, dan konjungsi antarkalimat, serta penggunaan verba seperti verba material, verba relasional, dan verba mental. Teks opini pada media massa online Balipost.com memiliki relevansi dalam pembelajaran menulis teks editorial pada SMA/MA/SMK/MAK. Teks opini pada media massa online Balipost.com dapat digunakan sebagai acuan siswa dalam menulis teks editorial karena struktur dan kebahasaannya telah sesuai.
References
Alwi, Hasan dkk. 2019. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Andhika, I Made Edi dkk. 2024. Evaluasi dan Asesmen dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Terkini: Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 65-79. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=3Fao2ZQAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=3Fao2ZQAAAAJ:Ug5p-4gJ2f0C.
Chaer, A. 2019. Ragam Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmayanti, Ida Ayu Made. 2024. Analisis Penggunaan Kalimat Efektif dalam Teks Berita: Kajian Tata Bahasa Taksonomi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14(1), 62-72. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/70458/29341.
Fauziati, Emi. 2018. “Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Opini/Editorial Melalui Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Dengan Model Project-Based-Learning Pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 3 Semester 2 SMA Negeri 1 Paguyangan Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.” ORBITH 12(3), 167–75.
Hidayat, A. 2022. Fungsi dan Penggunaan Verba dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Gramedia Pustaka Umum.
Kartika, Rini. 2020. Pengantar Linguistik Umum. Bandung: Alfabeta.
Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih. 2016. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Mitchell V. Charnley. 2022. “Pengertian Berita Menurut Ahli, Jenis, dan Fungsi Faktanya. https://www.kompas.com/skola/read/2022/10/20/160000069/pengertian-berita-menurut-ahli-jenis-dan-fungsi-faktanya?page=all&lgn_method=google. Diakses Oktober 2023.
Moeliono, Anton M. 2022. Linguistik, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Gramedia.
Muclich. 2021. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Analisis dan Pemecahan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nordquist. 2019. “What Is The Purpose of a Title.” Retrieved November 24, 2024 (https://www.thoughtco.com/what-is-title-1692506 (Diakses pada 17 Juli 2014)).
Nurgiyantoro, B. 2022. Stilistika: Teori, Metode, dan Aplikasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurhayati, A. 2020. Konjungsi Subordinatif dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Prasetyo, Eko. 2020. Dasar-Dasar Linguistik. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Pratiwi, C. 2022. Struktur Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Purwanti, Christina dkk. 2024. Penerapan Metode Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) untuk Menstimulasi Keterampilan Menulis Mahasiswa. Journal of Education Research, 5(4), 5551-5556. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=CUIx3qAAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=CUIx3qAAAAAJ:olpn-zPbct0C.
Sartika, Dewi. 2021. “Penggunaan Adverbia dalam Ragam Bahasa Indonesia”. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 29(1), 78–92.
Setiawan, D. 2024. Teori dan Aplikasi Verba dalam Bahasa Indonesia. Malang: UB Press.
Sistadewi, Made Arya, Ida Bagus Putrayasa, & I Made Sutama. 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Menulis Artikel Opini pada Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA N 2 Mendoyo. Jurnalistrendi, 8(1), 98-113. https://ejournalunwmataram.org/index.php/trendi/article/view/1505.
Situmorang, Nila Martha Yehonala. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions”. Journal of Education Action Research, Undiksha, 2(2), 165-171.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.
Sukmayasa, I Made Hendra. Sudiana, I Nyoman. 2024. Kontribusi Minat Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kreativitas Belajar terhadap Keterampilan Literasi Membaca Siswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 8(2), 313-320. https://ejournalunwmataram.org/index.php/trendi/article/view/1505.
Sutama, I Made dkk. 2024. Pelatihan Menulis Cerpen untuk Anggota MGMP Bahasa Indonesia SMA/MA Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 1015-1025. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=CUIx3qAAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=CUIx3qAAAAAJ:t6usbXjVLHcC.
Syarif, H. ,. Rosa, R. N. 2014. “Analisis Konjungsi Subordinatif dalam Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmu Bahasa, 9(2), 55–65.
Tarigan, Henry Guntur. 2020. Pengantar Dasar Linguistik. Bandung: Angkasa.
Wibowo, Aji. 2021. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Belajar.
Widana, I Gede Rai, I Wayan Artika, & I Nyoman Sudiana. (2024). Bentuk Bahasa dan Teknik Persuasif Ekspedisi Indonesia Biru pada Kanal Watchdoc Image dan Relevansinya dengan Pembelajaran Teks Persuasif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 14(1), 73-83. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/77335
Zulfikar, Ahmad. 2022. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Andi Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Dian Novelia, Made Sri Indriani, Ade Asih Susiari Tantri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)