PEMBELAJARAN MENULIS TEKS SURAT BERBASIS BUKU TEKS
LEARNING TO WRITE LETTER TEXTS BASED ON TEXTBOOKS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.87956Keywords:
buku teks, hambatan, pelaksanaan, respons, teks suratAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks surat berbasis buku teks di kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Singaraja, menganalisis hambatan yang dihadapi guru, dan respons siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks surat berbasis buku teks efektif dalam membantu siswa memahami cara menulis surat sesuai Kurikulum Merdeka. Namun, ada hambatan terkait kurangnya penjelasan mendalam tentang unsur-unsur surat dan perbedaan pemahaman siswa. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi solusi. Respons siswa positif, merasa terbantu dengan materi yang jelas dan kesempatan berlatih mandiri.
References
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek (Anindito Aditomo). (2022). “Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka”. SK BSKAP 008/H/KR/2022 Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka (paud.id) (diakses tanggal 11 Mei 2024).
Christina Purwanti, Ida Bagus Putrayasa, I Nyoman Sudiana, & Ni Made Rai Wisudariani. (2024). Components of the Indonesian Language and Literature Learning Curriculum. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 5(5), 1467-1479. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=gtwKvOAAAAAJ&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=gtwKvOAAAAAJ:uJ-U7cs_P_0C
Damayanti, R. ., Harjanti, F. D., Kaswadi, K., Sueb, S., & Pranoto, A. (2020). Pelatihan Penulisan Surat Dinas Pada Perangkat Desa Kampung Wisata Taman Yogyakarta. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 65-69. https://doi.org/10.37478/mahajana.v1 i1.721
Devi Sandra Yudini, Sang Ayu Putu Sriasih, & I Gede Nurjaya. (2023). Penggunaan Kanal Youtube Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 13(2), 89-98. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.68744
Himayatul Husnah, Novita, Dzarna, & Maryati. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis teks surat Pribadi dan Surat Resmi Melalui Penggunaan Alat Peraga Inovatif di Kelas VII C SMP Negeri 9 Jember. Widyabastra, 12(1), 55-62. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/20397
Imanuel Setyo Budi, Ida Bagus Putrayasa, Ni Made Rai Wisudariani, & I Nyoman Sudiana. (2024). Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(4), 1188-1194. https://jurnalp4i.com/index.php/learning
Irawan & Mukhlis. (2023). Keterampilan Abad 21 dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Kejuruan. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 235-246.
Luh Sri Asih Jayani, Sang Ayu Putu Sriasih, & Ni Made Rai Wisudariani. (2024). Pengaruh Penggunaan Majalah Dinding sebagai Media Publikasi terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas X di SMA N 1 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha,14(1), 8-15. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=z2qtD0MAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=z2qtD0MAAAAJ:1sJd4Hv_s6UC
Marlina, Ice dan Faizah Qurrata Aini. (2024). “Perbedaan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kesiapan Dengan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 11(1), 392-404. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1017/682.
Octavia, Rosyidah Umami, Bambang Yulianto, Wahyu Sukartiningsih. (2024). “Pengembangan Buku Teks Kelas V Sekolah Dasar Berbasis Tematik dengan Model Multiple Games”. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitia, 2(2), 185-187. doi: http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.
Pramana, Ni Made Gita, S.A.P. Sriasih, Gede Gunatama. (2018). “Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII dengan Karakteristik Siswa Kelas VII A7 di SMPN 1 Singaraja”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, l8(1), 1-12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/20238/12702.
Reza, Muhammad. (2021). “Pendekatan Proses Menulis: Pramenulis, Menulis, dan Pascamenulis”. https://www.mandandi.com/2021/10/pendekatan-proses-menulis-pramenulis.html.
Riyanto, S dan Aglis A. H. (2020). “Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen”. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).
Rizky, R., & Dhiwangkara, S. (2021). “Pengaruh Keterampilan Menulis Terhadap Keberhasilan Akademik Siswa”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Rony. (2020). “Potret Perkembangan Kurikulum Indonesia dari Masa ke Masa (Sejak Kurikulum tahun 1947 hingga sekarang)”. MPI UNISBA
Sappaile, Baso Intang, dkk. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa. Gowa : Global-RCI. https://digilib.alfithrah.ac.id/?p=show_detail&id=4326
Sriasih, Sang Ayu Putu & Ni Made Rai Wisudariani. 2024. Telaah Buku Teks. Denpasar: Pustaka Larasan
Subarna, Dewayani, Setyowati. (2021). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.
Subarna, R. dkk. (2021). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Kemendikbud Ristek
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rofi’uddin, A. H., Susanto, G., Widyartono, D., Sultan, S., & Muzakki, H. (2022). Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis Blended Learning di SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 527-536. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.414
Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa
Wisudariani, Ni Made Rai. (2023). The Practicality and Effectiveness of Poetry Text Learning Kit in E-Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 1-9. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i1.43770
Wisudariani, Ni Made Rai Wisudariani. (2024). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Medan: Mifandi Mandiri Digital. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=gtwKvOAAAAAJ&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=gtwKvOAAAAAJ:fEOibwPWpKIC
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nazila Al Khatib, Sang Ayu Putu Sriasih, Ni Made Rai Wisudariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)