PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN KARYA FIKSI

THE EFFECT OF THE NUMBERED HEAD TOGETHER LEARNING MODEL ON THE ABILITY TO ANALYZE THE ELEMENTS CONSTRUCTING WORKS OF FICTION

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i4.89538

Keywords:

cerita pendek, fiksi, intrinsic, menganalisis, NHT

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun karya fiksi siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Sukabumi. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Penelitian kuantitatif true experimental ini dilakukan menggunakan pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil pretest diketahui kemampuan menganalisis unsur pembangun karya fiksi siswa rendah. Rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen menunjukan angka 32,53 dan rata-rata kelas kontrol menunjukan angka 34,25. Selanjutnya, nilai rata-rata tiap kelas mengalami peningkatan yang signifikan setelah pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan pada kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan model konvensional. Meski demikian, peningkatan kelas eksperimen jauh lebih signifikan daripada kelas kontrol. Hal tersebut terlihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen yang menunjukan angka 80,33 dengan kategori sangat baik sedangkan rata-rata yang diperoleh kelas kontrol berada pada angka 75,94 dengan kategori baik. Dengan demikian dilakukan uji-t yang menunjukan nilai sig.(2-tailed) 0,039 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan, dinyatakan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun karya fiksi siswa kelas VIII SMPN Kota Sukabumi.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwi, I. 2015. Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2 (2), 140-148.

Ardiansyah, Risnita, Jailan, M. S. 2023.Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Auriantri, S. S., Winarti, W. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Powtoon terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Negosiasi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3429-3436.

Chomaidi., Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Djollong, A. F. 2014. Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. ISTIQRA, II (1), 86-106.

Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., Indraswati, D. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 8 (1), 108-118.

Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatimah, S., Syamsudin. 2021. Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4 (1), 42-59.

Fauzi, M. R. 2020. Analisis Kemampuan Membaca Pemahman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi dengan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Concentrated Language Encounter. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 03 (4), 147-161.

Haniyah, L., Bektirso, S., Wahyuni, S. 2021. Model Pembelajarankooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Ipa Fisika SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (1), 53-59.

Hartani, A., Fathurrohman, I. 2018. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerpen Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media CD Cerita Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Kredo, 2 (1), 17-38.

Hasanah, Z., Himami, A. S. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa IRSYADUNA, 1 (1).

Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., Gusmaneli. 2024. Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4 (2) 69-81.

Nasution, H. F. 2016. Instrumen Penelitian dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4 (1), 59-75.

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., Putri, F. A. 2022. Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda, 4 (2), 129-148.

Qalsum, U. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VII C SMP Datok Sulaiman Palopo pada Materi Teks Narasi (Cerita Imajinasi). ONOMA: Pendidikan, Bahasa, dan Satra, 6 (1), 481-497.

Rangkuti, N. A., Lubis, F. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur dan Unsur Teks Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Binjai Tahun Pembelajaran 2019/2020. Basastra, 9 (2).

Rozak, D. L. 2017. Pengaruh Model Kelompok Investigasi Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (Magister Tesis), Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Usmadi. 2020. Pengujian Persyaratan Analisis: Uji Homogenitas dan Uji Normalitas. Inovasi Pendidikan, 7 (1), 50-62.

Wahyudin, A., Zohriah, A. 2023. Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal on Education, 06 (01), 3822-3835.

Yetti, N., Atmazaki, Tamsin, A. C. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (2), 245-251.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles