PENGALAMAN DAN EFEKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN EDMODO PADA SISWA SMP
EXPERIENCE AND EFFECTIVENESS OF LEARNING INDONESIAN LANGUAGE USING EDMODO FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i4.90645Keywords:
Edmodo, efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia, pembelajaran daring, pengalaman belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman belajar siswa dan guru serta efektivitas penggunaan Edmodo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII C sebanyak 32 orang dan seorang guru Bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar siswa menggunakan Edmodo bersifat bervariasi. Sebagian besar siswa merasa senang karena aplikasi ini praktis, fleksibel, dan mendukung pembelajaran mandiri, sementara sebagian lainnya menghadapi kendala seperti jaringan internet yang tidak stabil dan kurangnya pemahaman materi daring. Pengalaman guru menunjukkan bahwa Edmodo membantu dalam mengelola kelas daring, menyampaikan materi, serta mengevaluasi pembelajaran, meskipun terdapat tantangan seperti ketidakhadiran siswa dan perubahan gaya belajar. Dari segi efektivitas, Edmodo mampu menciptakan pembelajaran yang efisien, fleksibel, dan interaktif dengan dukungan fitur seperti quiz, gradebook, dan library. Namun, efektivitas tersebut bergantung pada stabilitas koneksi internet serta kemampuan teknis guru dan siswa. Secara keseluruhan, Edmodo berkontribusi positif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, tetapi memerlukan dukungan infrastruktur yang lebih baik untuk optimalisasi.
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Arifian, N. (2017). Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmiah.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300.
Dwiharja, L. M. (2015). Memanfaatkan Edmodo sebagai Media Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Fadrianto, A. (2019). E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Volume Bangun Ruang untuk Siswa SMP. Indonesian Journal on Networking and Security, 8(4), 16–21.
Faitah, Itah dan Nina, Yunita. (2020). Media Pembelajaran E-learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Muhammadiyah.
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386.
Harian, Pipit Putri. (2020). Pemanfaatan E-learning pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 45.
Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-40.
Hatip, A., & Liastiana, Y. (2019). Minat, Kemandirian, dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam E-Learning Berbasis Edmodo. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 485–496.
Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 79–86.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 85-97.
Kusumawati, I., & Sari, D. (2024). Inovasi Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Kreatif dan Menyenangkan. Jurnal Nizhamiyah, 14(1), 39-50.
Maudiarti, S. (2018). Penerapan e-learning dalam Pendidikan: Perspektif dan Praktik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 50–60.
Mustopa, Ahmad Jaenal dan Hidayat, D. (2020). Pengalaman Mahasiswa saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting selama Covid-19. Bandung: Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya.
Nugroho, W. (2023). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan: Manfaat dan Hambatan. Jurnal Edukasi, 5(1), 1-15.
Nurhidayati, A., & Supriyanto, H. (2020). Edmodo Sebagai Media Alternatif pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 230-240.
Pratama, R. A., & Ismiyati, N. (2019). Pembelajaran Berbasis Edmodo pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 298–307.
Rachmayanti, D., & Arifin, Z. (2022). Implementasi Aplikasi Edmodo sebagai Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 di MI Azzainiyah II Grinting Paiton Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55(1), 1-10.
Ramadani, A. (2021). Penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di Indonesia: Analisis terhadap Permendikbud Nomor 109 Tahun 2013. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(4), 3406–3415.
Riyanda, A. R., dkk. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66-71.
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Studi Kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173.
Sudirman, S. (2021). Penggunaan Edmodo dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(3), 117-126.
Suryani, N. (2021). Dukungan bagi Guru untuk Mengoptimalkan Teknologi Pendidikan Digital. Kompas.id.
Wendi, I. (2015). Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh dengan Edmodo. Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Diah Dwi Yanti, Sang Ayu Putu Sriasih, I Wayan Artika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)