ANALISIS PRODUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
ANALYSIS OF LEARNING PRODUCTS IN WRITING SHORT STORIES WITH A CONTEXTUAL APPROACH
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i4.90797Keywords:
pendekatan kontekstual, teks cerpen, produk pembelajaranAbstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis teks cerpen dengan pendekatan kontekstual, mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerpen dengan pendekatan kontekstual, dan mendeskripsikan tentang hasil dari analisis produk pembelajaran menulis teks cerpen dengan pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yatu analisis model interaktif meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran menulis teks cerpen, guru membuat perencanaan pembelajaran yang optimal berupa modul ajar. Guru menggunkan modul ajar yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, lalu dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan modul ajar yang telah dibuat dan telah menghasilkan 34 cerpen. Hasil cerpen tersebut dianalisis dengan menggunakan teori struktural.
References
Ade Friska, Yanti Hutasoit, Sartika Sari. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX di SMP Swasta HKBP Sidikalang melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 3(2), 55-59.
Anisa Ulfah. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 4(1), 5-6.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Effendy, Onong Uchjana. (2018). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daga, A. T. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Education FKIP UNMA,7(3),1075–1090.
Dawud dkk. (2004) Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Dakhliah, Sitti. 2019. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM, 3(1),767-782.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Dardjowidjojo, Soedjono. 2003. Psikolingustik Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Diana Aprilianti, Mira Novia, Heri Isniani. 2019. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 427-430.
Farida Septiana, Muhammad Tahir, Syaiful Musaddat. 2022. Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V SDN 7 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Primary Education Journal, 3(2),137-142.
Indri Uliana, Hulwa Firsty, Restu Bias. 2019. Penerapan Metode Think Talk Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 495-498.
Ira Arianti. 2020. Analisis Kajian Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen Gugatan Karya Supartika. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), 371-375.
Jatuh Padmi. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 2(1), 22-24.
Kemendikbud No. 958 Tahun 2020 tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press.
Muslich, Masnur. (2007) Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual Malang: Bumi Aksara.
Mumayzizah, Harun Rasyid. 2023. Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197-210.
Modundo, Ivanda, dkk. 2022. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Berbasis Daring Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Dumoga. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni, 2(4), 1305-1312.
Nurgiyantoro Burhan. (2012) Teori Pengkajian Fiksi Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratih Sapdiani, Imas Maesaroh, dkk. 2018. Analisis Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen Kembang Gunung Kapur Karya Hasta Indriyana. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 102-112
Sarinah. 2015. Pengantar Kurikulum, Yogyakarta: Deepublish.
Silvya Mega Dewi, Teti Sobari. 2018. Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(6), 990-992.
Sofa Sari, Nendi Sugandi, Rita Sulastini. 2023. Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312-317.
Sukiman. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Susana Fitriani, Zaki Ainul, Yuliani Rahmah. 2016. Analisis Struktur dan Nilai-nilai Moral yang Terkandung dalam Cerpen Ten Made Todoke Karya Yoshida Genjiro. Jurnal Japanese Literature, 2(2), 1-10.
Susi Hardianti, Ika Mustika, Indra Permana. 2018. Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 141-147.
Soraya, Rana, dkk. 2020. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII A SMP Negeri Banjarmasin. Jurnal LOCANA: Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PS-PBSI JPBS FKIP ULM, 3(2), 53-62.
Salim dan Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa CV.
Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016) Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Wendra, I Wayan. (2021). Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia .
Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9–19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsabila Farah Amalia, I Nyoman Yasa, I Wayan Artika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)