PENALARAN SISWA KELAS X4 SMA NEGERI 4 SINGARAJA KETIKA MEMBERIKAN TANGGAPAN TERHADAP WACANA KONTROVERSI PADA RUBRIK OPINI HARIAN KOMPAS

Ayu Putri Widhiantari

Abstract


PENALARAN SISWA KELAS X4 SMA NEGERI 4 SINGARAJA KETIKA MEMBERIKAN TANGGAPAN TERHADAP WACANA KONTROVERSI PADA RUBRIK OPINI HARIAN KOMPAS

 

oleh

Ni Kadek Ayu Putri Widhiantari, NIM 0912011075

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pola pengembangan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, (2) kelogisan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, dan (3) upaya-upaya guru mengarahkan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja dan guru yang mengajarkan Bahasa Indonesia di kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja. Objek penelitian ini adalah (1) pola pengembangan penalaran siswa ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, (2) kelogisan penalaran siswa ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, dan (3) upaya-upaya guru mengarahkan penalaran siswa ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) pola pengembangan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas, yang berjudul “Masih Perlukah Ujian Nasional?”, meliputi pola induktif dan pola deduktif, (2) kelogisan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas bervariasi, ada yang logis dan ada yang tidak logis, dan (3) upaya-upaya guru mengarahkan penalaran siswa kelas X4 SMA Negeri 4 Singaraja ketika memberikan tanggapan terhadap wacana kontroversi pada rubrik opini harian Kompas yaitu menentukan topik yang tepat, memilih media yang menunjang pembelajaran, menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, memberikan contoh penalaran yang baik, dan memperbaiki penalaran siswa yang keliru atau salah. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian sejenis yang lebih luas dan mendalam mengenai penalaran siswa yang lain.

 

Kata kunci: penalaran, tanggapan, wacana kontroversi, Kompas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i6.988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.