PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 UBUD SEBAGAI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Ari Widiari

Abstract


PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI

SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 UBUD

SEBAGAI RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

oleh

Ni Wayan Ari Widiari, NIM 0912011022

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) model pembelajaran, (2) langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi, dan (3) kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi di SMA Negeri 1 Ubud. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan kelas X4 SMA Negeri 1 Ubud dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X1 dan kelas X4. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat metode (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) wawancara dan (4) tes. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian dalam pemebalajaran menulis karangan argumentasi menunjukkan bahwa (1) Guru memadukan dua model pembelajaran dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi yakni, (a) model pembelajaran inquiri, (b) model pembelajaran kooperatif. (2) Langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh guru sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan menengah yang menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Selain itu langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh guru juga sudah sesuai dengan sintak model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. (3) Berdasarkan tes esai yang dilakukan guru diketahui bahwa nilai rata-rata kelas X1 (76.75) dengan katagori baik sedangkan nilai rata-rata kelas X4 (71,34) dengan katagori cukup. Oleh sebab itu, guru diharapkan mampu menentukan model dan langkah-langkah pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

 

 

Kata kunci : pembelajaran menulis, argumentasi, RSBI


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i6.989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.