IMPLIKASI PRAGMATIS PERTANYAAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR DI SMA NEGERI 2 MENGWI

Ida Windari

Abstract


IMPLIKASI PRAGMATIS PERTANYAAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR DI SMA NEGERI 2 MENGWI

oleh

I Gusti Ayu Ida Windari, NIM 0912011014

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan pragmatik, yakni penelitian yang digunakan untuk meneliti implikasi pragmatis yang terjadi dalam pertanyaan guru. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran dan penjelasan mengenai (1) bentuk lingual pertanyaan guru, (2) implikasi pragmatis pertanyaan guru, (3) respons siswa terhadap implikasi pragmatis tersebut. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Mengwi, sedangkan objek penelitian ini adalah implikasi pragmatis pertanyaan guru, yang diperoleh dengan metode pengumpulan data berupa observasi dan mendokumentasikan data yang diperoleh. Metode observasi digunakan untuk mengamati secara langsung pertanyaan yang diujarkan oleh guru selama proses belajar-mengajar berlangsung. Data-data yang telah terkumpul lalu diidentifikasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bentuk lingual pertanyaan guru yang terjadi dari kalimat tunggal ditemukan sebanyak 97 buah dan kalimat majemuk ditemukan sebanyak 4 buah, hasil analisis implikasi pragmatis pertanyaan guru, ditemukan sebanyak 18 buah implikasi pragmatis yaitu, mengharapkan, menyuruh, mengingatkan, menyindir, meminta, mencurigai, kekecewaan, ketidaksenangan, meyakinkan, mengajak, menyanggah, menegaskan, menyangsikan, mengkhawatirkan, menduga, melarang, menolak, dan menguji. Hasil analisis respons siswa terhadap pertanyaan guru, ditemukan sebanyak 13 buah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bentuk lingual, implikasi pragmatis, dan respons siswa terhadap pertanyaan guru memiliki hubungan sehingga dapat dianalisis menggunakan pendekatan pragmatik. Melihat betapa pentingnya implikasi pragmatis pertanyaan guru dalam pembelajaran dapat disarankan agar penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi guru bahasa Indonesia dalam hal mempergunakan implikasi pragmatis di dalam pertanyaan, serta penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, mereka dilatih untuk menangkap dan memahami implikasi pragmatis yang ada dalam pertanyaan dengan memperhatikan situasi ujar.

Kata Kunci : Pragmatik, Implikasi Pragmatis, Pertanyaan Guru


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i6.990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.