UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM CERPEN MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SISWA KELAS XI IPS1 DI SMA SARASWATI SERIRIT

Authors

  • Mas Sukaryantini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i6.993

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM CERPEN MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SISWA KELAS XI IPS1 DI SMA SARASWATI SERIRIT

oleh

Ni Made Mas Sukaryantini, NIM 0912011017

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mendeskripsikan (1) aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran CIRC berlangsung, (2) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC, (3) peningkatan hasil belajar siswa hingga tercapainya tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada kegiatan memahami nilai-nilai edukatif dalam cerpen dengan penerapan model pembelajaran CIRC, (4) langkah-langkah yang ditempuh dalam menerapkan model CIRC. Subjek penelitian ini adalah guru dan dan siswa kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Seririt yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, peningkatan hasil, respons dan langkah-langkah pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran CIRC. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, wawancara dan metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah, (1) siswa terlihat aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (2) siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran cerpen (3) tercapainya ketuntasan hasil belajar memahami nilai-nilai edukatif dalam cerpen siswa berkat diterapkannya model pembelajaran CIRC, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 68, siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 77, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 90 dan (4) terdapat beberapa langkah penerapan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan aktivitas dan tercapainya ketuntasan hasil belajar memahami nilai-nilai edukatif dalam cerpen. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran sastra khususnya cerpen yang sebelumnya diajak untuk membaca tanpa adanya pemahaman yang intensif menjadi lebih baik dengan diterapkan model CIRC yang menekankan siswa untuk belajar secara berkelompok dan mengintegrasikan membaca dan menulis sebagai acuan pemahaman terhadap sastra. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk menerapkan model pembelajaran CIRC, sebagai salah satu model pembelajaran inovatif, pada mata pelajaran bahasa yang lain pada umumnya dan pada pelajaran Bahasa Indonesia, pada khususnya.

Kata kunci: pembelajaran CIRC, kemampuan memahami, nilai-nilai edukatif

Downloads

Published

2013-06-30

Issue

Section

Articles