UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM CERPEN MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SISWA KELAS XI IPS1 DI SMA SARASWATI SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i6.993Abstract
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM CERPEN MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SISWA KELAS XI IPS1 DI SMA SARASWATI SERIRIT
oleh
Ni Made Mas Sukaryantini, NIM 0912011017
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mendeskripsikan (1) aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran CIRC berlangsung, (2) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC, (3) peningkatan hasil belajar siswa hingga tercapainya tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada kegiatan memahami nilai-nilai edukatif dalam cerpen dengan penerapan model pembelajaran CIRC, (4) langkah-langkah yang ditempuh dalam menerapkan model CIRC. Subjek penelitian ini adalah guru dan dan siswa kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Seririt yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, peningkatan hasil, respons dan langkah-langkah pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran CIRC. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, wawancara dan metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah, (1) siswa terlihat aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (2) siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran cerpen (3) tercapainya ketuntasan hasil belajar memahami nilai-nilai edukatif dalam cerpen siswa berkat diterapkannya model pembelajaran CIRC, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 68, siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 77, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 90 dan (4) terdapat beberapa langkah penerapan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan aktivitas dan tercapainya ketuntasan hasil belajar memahami nilai-nilai edukatif dalam cerpen. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran sastra khususnya cerpen yang sebelumnya diajak untuk membaca tanpa adanya pemahaman yang intensif menjadi lebih baik dengan diterapkan model CIRC yang menekankan siswa untuk belajar secara berkelompok dan mengintegrasikan membaca dan menulis sebagai acuan pemahaman terhadap sastra. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk menerapkan model pembelajaran CIRC, sebagai salah satu model pembelajaran inovatif, pada mata pelajaran bahasa yang lain pada umumnya dan pada pelajaran Bahasa Indonesia, pada khususnya.
Kata kunci: pembelajaran CIRC, kemampuan memahami, nilai-nilai edukatif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)