https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/issue/feed Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 2024-11-04T08:08:13+00:00 Ni Made Rai Wisudariani rai.wisudariani@undiksha.ac.id Open Journal Systems <div id="journalDescription-61" class="journalDescription"> <h2> </h2> <hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JPBSI</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>JPBSI Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Four issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix <a href="https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2">10.23887/jjpbs.v12i2</a></strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2614-4743" target="_blank" rel="noopener">2614-4743</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2614-2007" target="_blank" rel="noopener">2614-2007</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/5984025" target="_blank" rel="noopener"><strong>I Nengah Suandi</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://ejournal.undiksha.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>Faculty of Languages and Arts - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha </strong>a peer-reviewed journal published by Indonesian Language and Literature Education Department, Faculty of Language and Arts, Universitas Pendidikan Ganesha. <br />This journal aims to publish research articles in the fields of Indonesian language, literature, and education.<br />Finally, for the academic community, this journal can provide a description of the advancement of science and technology in the fields of language, literature, and teaching.</p> <p><span id="result_box" lang="en"><strong>p-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1512532889" target="_blank" rel="noopener">2614-4743</a> (cetak) dan e-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1511506612" target="_blank" rel="noopener">2614-2007</a> (online)<br /></strong></span></p> </div> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/78851 PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA 2024-11-04T08:08:13+00:00 Rossa Regita Aprilia rossa.regita@undiksha.ac.id I Made Sutama made.sutama@undiksha.ac.id Sang Ayu Putu Sriasih putu.sriasih@undiksha.ac.id <p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model <em>project based learning</em>, peningkatan hasil belajar siswa, dan respons siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng terhadap penerapan model <em>project based learning</em> dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama di kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, tes, dan angket/kuisioner. Temuan penelitian menunjukkan penerapan model <em>project based learning </em>berhasil dilaksanakan mulai dari penentuan proyek, penentuan jadwal penyelesaian, memonitorimg siswa, presentasi proyek serta evaluasi, hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks drama mengalami peningkatan rata-rata ketuntasan siswa pada saat observasi awal sebesar 63. Pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata sebesar 71,02 dengan kategori kurang positif dan meningkat pada siklus II pemerolehan skor rata-rata sebesar 82,2 dengan kategori positif.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rossa Regita Aprilia, I Made Sutama, Sang Ayu Putu Sriasih https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/81578 INFERIORITAS DAN PERLAWANAN PEREMPUAN DALAM NOVEL NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI 2024-11-04T07:33:31+00:00 Ni Made Dewi Ayu Widayanti dewi.ayu.widayanti@undiksha.ac.id I Nyoman Yasa nyoman.yasa@undiksha.ac.id Gde Artawan sastrawan@gmail.com <p>Adanya penempatan posisi laki-laki yang lebih tinggi (<em>superior)</em> dibandingkan dengan perempuan yang memiliki posisi lebih rendah (<em>inferior)</em> di masyarakat menjadi salah satu penyebab ketidaksetaraan yang terjadi antara laki-laki dengan perempuan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memberi ruang interpretasi sehubungan dengan adanya perempuan yang mengalami penginferioritasan dan memberikan apresiasi karya sastra novel. Sedangkan, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa penginferioritasan perempuan, perlawanan perempuan, dan konteks sosial inferioritas perempuan yang terdapat dalam novel <em>Nadira</em> karya Leila S. Chudori. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif, dengan sumber data yang sekaligus menjadi subjek penelitian yaitu karya sastra novel <em>Nadira </em>karya Leila S. Chudori. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi dengan teknik membaca, mengutip, dan mencatat. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) peristiwa penginferioritasan perempuan dalam novel <em>Nadira </em>karya Leila S. Chudori, (2) perlawanan perempuan dalam novel <em>Nadira </em>karya Leila S. Chudori, (3) konteks sosial inferioritas perempuan yang terdapat dalam novel <em>Nadira </em>karya Leila S. Chudori.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Made Dewi Ayu Widayanti, I Nyoman Yasa, Gde Artawan https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/86033 REPRESENTASI NILAI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT BALI PADA LAGU POP BALI (KAJIAN BENTUK LINGUAL BAHASA) 2024-10-25T03:06:59+00:00 Ida Bagus Purwa baguspurwa6@gmail.com I Nengah Suandi nengah.suandi@undiksha.ac.id I Nengah Martha nengah.martha@undiksha.ac.id <p>Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi nilai kearifan lokal masyarakat Bali dalam bentuk lingual bahasa dengan objek kajian berupa bentuk lingual bahasa dengan kearifan lokal pada lirik lagu pop Bali. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi. Hasil kaijan menunjukan bentuk lingual bahasa yang merepresentasikan nilai kearifan lokal masyarakat Bali berupa bentuk kata dan kalimat. Bentuk kata yang merepresentasikan kearifan lokal Bali, yaitu <em>kruna lingga</em> (kata dasar), <em>kruna tiron</em> (kata berafiks), <em>dan kruna polah</em> (kata kerja yang mendapatkan awalan nya, ma, na, nga dalam bahasa Bali). Sedangkan kalimat yang ditemukan berupa kalimat berbahasa Bali yang merepresentasikan kearifan lokal masyarakat Bali. Representasi nilai kearifan lokal masyarakat Bali pada lagu pop Bali merujuk pada nilai kebersamaan, nilai keseimbangan, nilai kepercayaan, nilai cinta kasih, dan nilai tradisi</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ida Bagus Purwa, I Nengah Suandi, I Nengah Martha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/76005 THE EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI GAMES “MENCARI JEJAK” 2024-03-21T06:15:20+00:00 Anisah Rahmayanti anisahrahmayanti17@gmail.com Athiyyah Nur Roihanah athiyyahn1@gmail.com Nur Syamsiyah nur.syamsiyah@uinjkt.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran <em>game-based learning </em>"Mencari Jejak” yang diterapkan dalam evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yaitu materi teks eksplanasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan hasil penelitian dengan penjelasan yang sesuai dengan fakta. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi secara langsung dengan datang ke sekolah SMAIT Mutiara Hikmah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penerapan <em>game-based learning </em>“Mencari Jejak” sangat efektif digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Dikatakan seperti itu karena dengan menerapkan metode pembelajaran <em>game-based learning </em>dalam proses evaluasi pembelajaran maka menjadikan hasil evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik SMA kelas XI banyak yang di atas KKM, yaitu terdapat 15 dari 19 peserta didik berhasil memperoleh nilai di atas KKM, yakni tujuh peserta didik mendapat nilai 100, tiga peserta didik mendapat nilai 93, Serta lima peserta didik mendapat nilai 79. Sedangkan yang nilainya di bawah KKM hanya 4 dari 19 peserta didik saja, yaitu dua peserta didik mendapat nilai 72, satu peserta didik mendapat nilai 64, dan satu peserta didik mendapat nilai 57.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Anisah Rahmayanti, Athiyyah Nur Roihanah, Nur Syamsiyah https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/79516 PEMANFAATAN LKS BERMUATAN MATERI CERITA RAKYAT, BUDAYA, DAN WISATA SUMENEP SEBAGAI BAHAN AJAR BIPA 2024-06-04T14:21:05+00:00 Widadatus Sa'adah widadatus.23001@mhs.unesa.ac.id Suyatno Suyatno suyatno-b@unesa.ac.id Mulyono Mulyono mulyono@unesa.ac.id <p>Penelitian pemanfaatan lembar kerja mahasiswa BIPA dilatar belakangi hasil wawancara analisis masalah dan kebutuhan kepada pengajar dan pembelajar. Adapun berdasarkan hasil wawancara dengan pengajar BIPA UNESA, terindetifikasi beberapa masalah diantaranya, kurangnya contoh teks untuk mahasiswa BIPA dan penyajian materi dan soal yang kurag beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan LKS bermuatan materi cerita rakyat, budaya, dan wisata untuk mahasiswa BIPA. Pengembangan produk LKS menggunakan pendekatan R&amp;D dengan model analyze, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Mahasiswa BIPA adalah warga asing yang biasanya menyukai aktivitas wisata. Adapun budaya dan cerita rakyat merupakan unsur yang perlu ada dalam materi karena dapat memberikan kontribusi signifikan dalam membantu pemelajar asing memahami dan mengapresiasi budaya Indonesia dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia.. Berdasarkan hasil impelentasi dan evaluasi yang dilakukan, produk LKS memiliki kemenarikan dan kebermanfaatan serta dapat diaplikasikan pada kelas pembelajaran BIPA. Manfaat penelitian ini adalah mempermudah pengajar dan pemelajar pada proses pembelajaran BIPA melalui LKS yang meliputi kompetensi menyimak, membaca, berbicara dan menulis.</p> 2024-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Widadatus Sa'adah, Suyatno, Mulyono https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/85688 ANALISIS STRUKTUR CERITA FANTASI DALAM KANAL “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF” DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI 2024-10-31T04:52:01+00:00 Made Novia Cahyani novia.cahyani@undiksha.ac.id I Gede Nurjaya gede.nurjaya@undiksha.ac.id I Nyoman Sudiana nyoman.sudiana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai struktur cerita fantasi yang terdapat dalam kanal <em>YouTube</em> “Riri Cerita Anak Interaktif” dan relevansinya dengan pembelajaran menulis teks cerita fantasi di SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah cerita fantasi yang terdapat dalam kanal YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif” sedangkan objek dalam penelitian ini adalah struktur. Data dikumpulkan menggunakan metode simak catat, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh data, yaitu dari segi struktur, cerita fantasi yang diunggah pada kanal YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif” telah mengandung struktur berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar keterampilan menulis teks cerita fantasi</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Made Novia Cahyani, I Gede Nurjaya, I Nyoman Sudiana https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/79009 PERGESERAN PENGGUNAAN KATA SAPAAN OLEH GENERASI MILENIAL PAPUA DI KOTA ENAROTALI 2024-06-04T14:19:38+00:00 Johar Amir djoharamir@unm.ac.id Usman Usman usman1@unm.ac.id Kasmawati Kasmawati kasmawati1@unm.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pergeseran kata sapaan yang digunakan oleh generasi milenial Papua di Kota Enarotali ditinjau dari ranah kekeluargaan; ranah ketetanggaan; ranah kerja; dan mengungkapkan faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran kata sapaan yang digunakan oleh generasi milenial Papua di Kota Enarotali dari ranah kekeluargaan, ketetanggaan dan masyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik Simak, teknik rekam dan teknik catat. Data penelitian ini adalah sapaan oleh generasi milenial Papua di Kota Enarotali. Sumber data yaitu masyarakat Papua di Kota Enarotali. Hasil penelitian menunjukkan; ada tiga bentuk kata sapaan yaitu, bentuk sapaan hormat, sapaan biasa, sapaan kasar. Pertama, pergeseran bentuk kata sapaan hormat oleh generasi milenial Papua di Kota Enarotali dalam ranah kekeluargaan, kata sapaan yang bergeser yaitu <em>tete’, nene’, pace’, mace’, papa ade’, mama ade’, kaka’, ade’. </em>Kedua, pergeseran kata sapaan ranah ditinjau dari ketetanggaan terdapat kata sapaan hormat meliputi <em>paitua, maitua, papa ade’, mama ade’, kata sapaan biasa yaitu kakz, dikz, kitorang, koi’, koitorang, mamayoo, efenkah,</em> dan kata sapaan kasar yaitu <em>ko’i, brengsek, ta’ibabi, cukimaisee, cukardelengsee</em>. Ketiga, pergeseran bentuk kata sapaan ditinjau dari ranah kerja yaitu kata sapaan hormat meliputi kepala distrik dan kepala kampung. Keempat, faktor yang mempengaruhi bergesernyaa kata sapaan tersebut yaitu (a) adanya urbanisasi dan transmigrasi (b) pengaruh bahada daerah luar: Bugis, Makassar, Batak, Jawa, Manado, dan lain-lain (c) perkawinan silang dan (d) kemajuan ilmu pengetahuan dan dan teknologi.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Johar Amir, Usman, Kasmawati https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/82684 ANALISIS KOMPREHENSIF STRUKTUR NARATIF DAN NILAI MORAL DALAM FILM ULTIMATUM KARYA SRI NURTINA: PENDEKATAN TEORI STANTON DAN WARNAEN 2024-07-14T12:51:07+00:00 Andi Susnandi andisusnandi03@gmail.com Fajar Sukma Nur Alam fajar.sna@upmk.ac.id <p>Film Ultimatum mengeksplorasi konflik moral dan sosial melalui narasi dan karakter yang mendalam. Tema utamanya menyoroti ketidakadilan sosial yang dialami kelompok marginal. Juna dan Nanda, dua saudara berbakat dalam tari, menghadapi penolakan dari ayah mereka, Bimo, yang percaya tari tidak cocok untuk anak laki-laki. Stereotip gender ini mencerminkan ketidakadilan yang mereka hadapi dari keluarga dan masyarakat karena minat dan identitas seksual mereka. Dinamika keluarga yang kompleks menggambarkan pertentangan antara nilai-nilai tradisional dan pandangan modern. Kehilangan Yuni, ibu Juna dan Nanda, menambah beban emosional mereka, menunjukkan dampak kehilangan anggota keluarga terhadap dinamika keluarga. Ekspektasi gender dan orientasi seksual diangkat dengan berani, terutama melalui perjuangan Nanda. Budaya Sunda menjadi latar kuat yang memperkaya narasi film ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan isi cerita, struktur, dan nilai-nilai moral dalam film Ultimatum karya Sri Nurtina. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui menonton langsung film Ultimatum berdurasi 22 menit dan mencatat data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Ultimatum berhasil mengangkat isu ketidakadilan sosial dan stereotip gender melalui narasi dan karakter yang kompleks, serta memberikan gambaran yang kaya tentang budaya Sunda sebagai latar cerita.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Andi Susnandi, Fajar Sukma Nur Alam https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/86341 PENILAIAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA 2024-11-04T03:34:07+00:00 Ni Putu Cahya Adelia cahya.adelia@undiksha.ac.id I Wayan Artika wayan.artika@undiksha.ac.id Kadek Wirahyuni kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan penilaian menulis teks deskripsi dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja, pelaksanaan penilaian menulis teks deskripsi dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singara, dan kendala yang dialami guru pada penilaian menulis teks deskripsi dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Singaraja, sedangkan objeknya adalah penilaian menulis teks deskripsi dalam Penerepan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru dalam perencanaan penilaian menulis sudah sesuai, tapi dalam penyusunan tidak memperhatikan karakteristik siswa, guru dalam pelaksanaan penilaian belum maksimal, karena kurangnya kemampuan alokasi waktu dan pemberian balikan yang tidak menyeluruh, dan kendala guru, yaitu kurangnya kemampuan menyusun rubrik penilaian, kurangnya waktu mengoreksi tulisan siswa yang cukup banyak, serta kemampuan menulis siswa yang berbeda-beda.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Putu Cahya Adelia, I Wayan Artika, Kadek Wirahyuni https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/77715 STRUKTUR DAN KEBAHASAAN KONTEN KANAL CLARIN HAYES SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI 2024-05-23T14:23:07+00:00 Kezia Febryana Semaraputri kezia.febryana@undiksha.ac.id Ade Asih Susiari Tantri susiari.tantri@undiksha.ac.id Made Sri Indriani sri.indriani@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan kebahasaan dalam konten kanal Clarin Hayes, dan mendeskripsikan kesesuaian konten Clarin Hayes tentang pola hidup sehat sebagai bahan ajar teks eksposisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Analisis data dilakukan dengan teknik simak catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Konten Clarin Hayes menggunakan 3 struktur teks eksposisi yaitu, tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Konten Clarin Hayes menggunakan 7 kaidah kebahasaan teks eksposisi, terdapat kata teknis pada keempat konten Clarin Hayes, kata argumentasi, kata krnologis, dua kata kerja mental, tiga kata rujukan, tiga kata persuasif, dan empat kata denotatif dari keempat konten Clarin Hayes yang dianalisis. Konten kanal Clarin Hayes memiliki relevansi dengan pembelajaran teks eksposisi, konten tentang pola hidup sehat memiliki struktur dan syarat yang sesuai dengan pembelajaran teks eksposisi, semua struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi terdapat pada konten Clarin Hayes hanya saja bahasa yang digunakan nonbaku.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Kezia Febryana Semaraputri, Ade Asih Susiari Tantri, Made Sri Indriani https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/81520 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA SAJAK 2024-06-28T02:03:23+00:00 Iyang Khoeriyatul Umah ikhoeriyatulumah@gmail.com Fajar Sukma Nur Alam fajar.sna@upmk.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi <em>Wordwall </em>terhadap hasil belajar siswa dalam membaca sajak di kelas VII SMP Negeri 1 Cipicung. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Cipicung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes <em>pretest</em> dan <em>posttest </em>berupa soal pilihan ganda, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>, dengan rata-rata perbedaan -33.871 dan interval kepercayaan 95% antara -39.837 dan -27.905. Nilai t yang diperoleh adalah -11.595 dengan derajat kebebasan 30, dan nilai signifikansi (p-value) sebesar .000. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi <em>Wordwall </em>secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca sajak.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Iyang Khoeriyatul Umah, Fajar Sukma Nur Alam https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/85985 UBUD DAN LOVINA DALAM CERPEN: KAJIAN PARIWISATA SASTRA 2024-10-31T04:35:55+00:00 Kadek Denya Chandra Pramudhita denya@undiksha.ac.id I Wayan Artika wayan.artika@undiksha.ac.id Kadek Wirahyuni kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi alam dan budaya Ubud dan Lovina serta informasi-informasi pariwisata Ubud dan Lovina dalam kumpulan cerpen <em>Bulan </em>di<em> Atas Lovina</em> tahun 1995 karya Yvonne De Fretes dan dalam buku Proses Kreatif dan Cerpen Saya tahun 2022 karya I Wayan Artika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen <em>Bulan</em> di<em> Atas Lovina</em> karya Yvonne De Fretes sebanyak enam cerpen dan kumpulan cerita pendek dalam buku <em>Proses Kreatif </em>dan<em> Cerpen Saya </em>karya I Wayan Artika sebanyak dua cerpen, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah representasi alam, budaya, serta informasi-informasi pariwisata Ubud dan Lovina. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan kumpulan cerpen <em>Bulan di Atas Lovina</em> tahun 1995 karya Yvonne De Fretes terdapat representasi alam, budaya, serta informasi-informasi pariwisata Ubud dan Lovina, sedangkan dalam buku <em>Proses Kreatif </em>dan<em> Cerpen Saya</em> tahun 2022 karya I Wayan Artika hanya terdapat representasi alam, budaya, serta informasi-informasi pariwisata di Lovina saja. Hasil penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan mengenai sastra, terutama dalam bidang pariwisata sastra, sehingga dapat menjadi salah satu bahan referensi bagi peneliti lain yang juga berminat untuk meneliti sastra dengan menggunakan pendekatan yang sama.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Kadek Denya Chandra Pramudhita, I Wayan Artika, Kadek Wirahyuni https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/79010 REPRESENTASI BAHASA PEREMPUAN DALAM MEDIA DARING TRIBUN TIMUR.COM DAN KOMPAS.COM (TINJAUAN WACANA KRITIS SARA MILLS) 2024-06-04T14:18:24+00:00 Sri Wahyuni M. sriwahyunim@gmail.com Jufri Jufri jufri123@unma.ac.id Johar Amir djoharamir@unm.ac.id <p>Perempuan memiliki beragam bahasa yang ditampilkan dalam media daring. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Penelitian memiliki dua tujuan, yakni (1) mengungkap posisi subjek-objek, (2) mengungkap posisi objek-subjek pada media darin Tribun Timur.com dan Kompas.com. Fokus penelitian ini ada dua, yakni (1) berdasar pada posisi subjek-objek, (2) berdasar pada posisi objek-subjek dalam media daring Tribun Timur.com dan Kompas.com. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Sara Mills. Sumber data dari penelitian ini ialah teks berita berupa kata,frasa dan kalimat dalam media daring Tribun Timur.com dan Kompas.com. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dengan teknik identifikasi, klasifikasi, analisis, penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kalimat aktif yang mendominasi posisi subjek-objek berupa kalimat aktif, struktur makro, kalimat relasional, kalimat ekspresif, kata tugas, dan kalimat eksperensial. Posisi objek-subjek berupa kalimat pasif, struktur makro, kalimat relasional, kalimat ekspresif, kata tugas dan kalimat eksperensial pada teks berita media daring Tribun Timur.com dan Kompas.com. kontribusi penelitian terhadap guru dapat menjadikan bahan ajar dalam teks berita, terhadap masyarakat dapat menjadi acuan bahasa yang digunakan ketika menjadi narasumber. Penelitian kedepan dapat menjadi aspek bahasa terhadap semua penelitian khususnya wacana kritis.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni M., Jufri, Johar Amir https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/84897 PENGGUNAAN YOUTUBE CHANNEL “IDETRIK” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR 2024-10-31T05:29:14+00:00 Kadek Putri Cahyani putri.cahyani.2@undiksha.ac.id Ida Ayu Made Darmayanti made.darmayanti@undiksha.ac.id I Gede Nurjaya gede.nurjaya@undiksha.ac.id <p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengkaji penggunaan media Youtube untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur, siswa di kelas IX. F SMP Negeri 3 Singaraja dan mengetahui respons siswa terhadap penerapan Youtube Channel “Idetrik” dalam pembelajaran teks prosedur. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu bahasa Indonesia dan siswa kelas IX. F SMP Negeri 3 Singaraja. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan dan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,5 (cukup) lalu terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86,1 (baik). Terjadi peningkatan sebesar 12,6%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 18,4 (positif) dan pada siklus II sebesar 25,5 (sangat positif). Secara umum, respons siswa terhadap penggunaan Youtube Channel “Idetrik” tergolong positif.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Kadek Putri Cahyani, Ida Ayu Made Darmayanti, I Gede Nurjaya